DESA CILEMBU

Mencari Mata Air di Gunung Kareumbi

Air adalah kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, untuk itu segala upaya dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan air ini terutama konsumsi air bersih yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Di daerah lain kelangkaan air bersih disaat musim kemarau kerap terjadi, terkadang untuk memenuhi kebutuhan air bersih, harus mencari air bersih hingga harus menempuh jarak yang berkilo-kilo meter untuk medapatkannya, atau harus membeli dan atau menunggu bantuan Pemerintah dengan menyediakan mobil tangki air.
Untuk warga Desa Cilembu dan sekitarnya, tidaklah terjadi seperti gambaran cerita diatas, untuk pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari, mata air dari sumber mata air dipegunungan Kareumbi masih cukup berlimpah. Meskipun demikian pada saat musim kemarau kelangkaan air bersih tetap saja terjadi walaupun tidak sampai kekurangan, untuk itu antisipasi harus tetap dilakukan, selain menjaga dan menanam pohon di hutan gunung Kareumbi (Desa Cilembu terletak disebelah Barat Daya kaki Gunung Kareumbi), tentu mencari sumber mata air yang baru harus dilakukan sejak dini agar keluhan atas keterbatasan air bersih saat musim kemarau tidak lagi terjadi.
Bersama petugas dari Dinas PDAM Kabupaten Sumedang (bapak Helmi), bersama beberapa warga kami berusaha mencari mata air di Gunung Kareumbi yang baru, untuk hal tersebut kami masuk jauh lebih kedalam hutan gunung Kareumbi lebih dalam hingga harus membuka jalan baru untuk dapat menembus lebatnya hutan Gunung Kareumbi ini
Mencari Mata Air di Gunung Kareumbi
Baca juga
Mencari Mata Air di Gunung Kareumbi
Mencari Mata Air di Gunung Kareumbi
Mencari Mata Air di Gunung Kareumbi
Menurut pak Helmy, mencari sumber mata air baru harus dilakukan pada saat musim penghujan, dengan demikian mata air akan terlihat dan segera dapat diukur debitnya, jika debit air cukup besar dan dapat memadai untuk kebutuhan maka sumber mata air baru tersebut dapat kemudian dijadikan sebagai sumber mata air yang dikelola, baik oleh Dinas PDAM atau secara langsung dikelola oleh desa-desa secara bersamaan tergantung kesepakatan dari pihak-ihak terkait...demikian penjelasan dari beliau. Pertanyaannya, dapatkah kami menemukan mata air baru di Gunung Kareumbi?
...kasih tau ngga yah?

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

kalo air gunung kayaknya masih asli ya, belum terkontaminasi kayak dikota, itu sungai gunung kareumbi juga ya, masih suka ada yang berendam ga..?

Balas

awa mas,,, jangan di share takut dirusak sama tangan tangan jahil :D

Balas

wah masih asri banget ya kang, pasti uadem dan sueger udaranya disana.! semoga sumber air yang seperti ini selalu dijaga dari ulah orang yang tidak bertanggung jawab

Balas

Dibeberapa tempat di Sumbawa akhir2 ini terjadi kelangkaan air bersih mang. Maraknya penebangan liar di sumbawa menjadi salah satu penyebab utama. Bingung juga mau gimana atasinya kang. Seperti mati satu tumbuh seribu, baru kemaren ditangkap sama polhut beberapa hari setelahnya eh nongol lagi..Sampai sekarang mang, salah satu wilayah terpencil di sebelah barat kota sumbawa masih krisis air bersih

Balas

kang? katanya kalo air dari gunung langsung bisa diminum ya? :/

Balas

saya juga meyakini itu...tapi tetep ajah dimasak dulu meskipun demikian ge.

Balas

kewajiban anak muda seperti mang Imron untuk kembali menanam dan menghijaukan hutannya agar air bersih didapat kembali...atuh ih

Balas

yakin...nggak bakalan :D

Balas

aaaamiiiin....semoga abadi sepanjang masa

Balas

Baru denger gunung kareumbi....

Balas

bersih dan jernih, senang memang bila melihat hal tersebut, karena setiap hari yang dilihat hanya pemandangan gedung tinggi dan kendaraan yang membuat sumpek. Kalo akang serius, aku tau cara nyari mata air kang..tapi sepertinya aku kurang serius dalam hal tersebut.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger