DESA CILEMBU

Cara agar Tidur mendapatkan pahala

Tidur adalah salah satu nikmat yang di berikan Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hambanya agar dengan tidur kita dapat mengumpulkan kembali energi untuk melanjutkan beribadah kepada-Nya.
Cara agar Tidur kita mendapatkan pahala
Selain kenikmatan yang diberikan dengan tidur, Allah Ta'ala juga menjanjikan pahala untuk diraih pada saat kita tidur, seperti yang telah di contohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam, seperti dibawah ini:
  • Berwudhu, Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda, "Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk melakukan shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu", (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Membersihkan tempat tidur, Hadist yang di riwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dianjurkan bagi seorang muslim untuk mengibaskan kain pada tempat tidurnya sebanyak tiga kali sebelum berbaring, dan bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: "Apabila seorang diantaramu akan tidur ditempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya..." (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Menutup pintu, memadamkan api (lampu) dan menutup bejana, hal ini berdasarkan hadist dari riwayat sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu"anhu bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda, "Padamkanlah lampu dimalam hari apabila kamu hendak tidur, tutuplah pintu, tutuplah bejana rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman". (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Berbaring pada bagian kanan badan, Dianjurkan pada saat tidur untuk berbaring pada bagian kanan badan dan menjadikan tangan kanan sebagai bantal, seperti yang telah di sabdakanRasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam pada poin 1. untuk berwhudu sebelum tidur.
  • Membaca beberapa dzikir dan doa, seperti yang telah dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam diantaranya adalah:
  1. "Bismikaallahumma amuut wa ahyaa" (HR. Bukhari)
  2. "Allahumma qiini 'adzabaka yauma tab'atsu i'badak". (HR. Abu Dawud)
  3. "Bismikarabbii wa dho'tu jambii wa bika arfa'uhu in amsakta nafsii farhamhaawa in arsaltahaa fahfazhhaa bimaa tahfazha bihi 'ibaadakasshaalihiin". (HR. Bhukari dan Muslim)
  • Membaca beberapa Surat dan Ayat Al Quran, diantaranya:
  1. Al Falaq
  2. An Naas
  3. Al Ikhlash
  4. Al Kafirun
  • Menjauhi hal-hal yang makruh, diantaranya adalah tidur di atap yang terbuka, Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: " Barang siapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya". (HR. Bukhari). dan tidur pada posisi tertelungkup, Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya cara berbaring seperti ini (telungkup) adalah cara berbaringnya penghuni neraka". (HR. Ibnu Majah)
Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memudahkan kita semua menjalankan amalan-amalan ringan agarsaat kita tidur mendapatkan pahala....Aaaaamiiiiin. 

Baca juga artikel bagus Doa khusus ibu hamil

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

43 komentar

ngambil pertamax dulu ahh

Balas

nah kan setelah nunggu setahun lebih sepuluh hari dan 10 jam akhirnya saya dapet pertamax diblog ini :)

Balas

mesti diterapkan nih langkah2 tidur agar mendapatkan pahala berlimpah

Balas

saya babat habis nih kolom komennya

Balas

saya puass......
balik ahh...

Balas

eh saya centang dulu mau liat sapa yg komen dibawah saya

Balas

wew di borong kang yanto semua......

Balas

meniduri istri juga dapat pahala loh kang

Balas

ow..tengkyu infonya, selama ini aku tak pernah kibas kibas kalau mau tidur, lsg bablas saja, karena aku berfkir, kalau dikibas akan menghasilkan debu..;(

Balas

saya baru tau kang kalo tidur telungkup kaya gitu ketetapannya.
Miring aja ah kalo gituh sambil meluk istri.:)

Balas

kebiasaan beliau emang gituh ya pak?

Balas

betul....betul..betul... yang dibilang oleh bapak Reo Adam, pinter ya

Balas

emang boleh di babat abis kalau di sini ya pak?

Balas

dua lagi...bisa?

Balas

gueh, pak...mo apa luh

Balas

apapun yang di contohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam, pasti ngga bakalan menghasilkan debu... :D

Balas

hiyah kang, pelukin ajah si diah sampe lecet juga boleh kok :)

Balas

Apakah mas ujang sebelum tidur berwudhu dulu ya.... gak yakin saya hehehe....

Balas

memang banyak juga keutamaan dalam islam. sampai tidurpun kita bisa mendapat pahala. kalau membaca beberapa ayat dalam alquran itu dianjurkan dan sangat diutamakan untuk berwudhu agar mendapat berkah dalam tidurnya.

Balas

kalau sambil meluk istri sih itu beda kang....kan dapat berkah juga kalau tidur miring kekanan sambil meluk istri....berkah enak dan mengasikkan.

Balas

nah ini iya....kalau kibas-kibas kain sebelum tidur memang jarang dilakukan. mulai sekarang kayaknya perlu diterapkan biar mendapat pahala tidurnya.

Balas

habis diborong mas yanto semua nih komen....yang lain kebagian klepon juga gak apalah.

Balas

hahahaaa...babat abis...sekalian soto babat yan....uenak tenan tuh

Balas

enak tuh soto babat mbah

Balas

Biarin aja mang, mumpung lagi anteng daripada ntar kumat bisa berabe deh :D

Balas

coba dicek atuh mang atmnya

Balas

Disini gak enaknya nie, bijimane dengan saya coba? Nasib..nasib... duda bukan, bujang juga bukan... disini kadang saya merasa sedih :D

Balas

Gua geliiiii..... ampyun duaaah kalo dah baca komentarnya Mang Lembu mah bikin ngakak aja bawaannya :D

Balas

Itulah indahnya Islam, dalam hal tidur saja ada tatacarannya dan juga ada doanya... jika hal ini dilaksanakan sesuai syariat Rasull Insya Allah akan mendapatkan pahala dan juga keberkahan

Balas

Mbah Dinan mah kibas-kibasin sarung karena kegerahan kali :D

Balas

tumben..bener.
salah minum obatnya ya mang?

Balas

sebetulnya membaca doa ketika hendak tidur itu keharusan ya kang, kalau dibilang fardhu ngga ya, tapi jika menelaah lagi apakah yakin ketika sesudah tidur kita akan bangun lagi.? makanya akhir dari aktifitas itu kita akhiri dengan doa.. trims ya kang

Balas

udah baca tapi prakteknya kadang masih ngabeuleur ceuk urang sunda mah.. hahaha

Balas

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, ternyata tidur pun bisa mendapatkan pahala jika sesuai dengan apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW

Balas

Sepertinya mudah tapi praktiknya sering lupa...

Balas

selain pahala tidur dengan cara di atas terbukti lebih menyehatkan mang :)

Balas

aaamiiin...insyaallah

Balas

senang sekali main di desa cilembu sini... banyaaak ilmu,. bonus pahala :) .yuuuk bobok yg nyunah ..zzzzhhhhh.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger