DESA CILEMBU

Kreasi Menu Non Beras dan Terigu

Lomba Kreasi Menu Non Beras dan Terigu Tingkat Kabupaten Sumedang 2015, dilaksanakan 19 Maret 2015 bersamaan dengan Lomba SUMEDANG SEHAT, Dari Seluruh Desa Se-Kabupaten Sumedang, Desa Cilembu mendapatkan predikat sebagai desa KETAHANAN PANGAN DAN GIZI Tingkat kabupaten Sumedang, hal ini di anugerahkan kepada Desa Cilembu karena KWT (Kelompok Wanita Tani) Nusa Indah 2 mampu menciptakan berbagai macam kreasi menu olahan dari Ubi Cilembu.
Kreasi Menu Non Beras dan Terigu
Produk yang diciptakan KWT Nusa Indah 2, Ibu Zubaedah, Am.Pd sebagai ketua sekaligus pencipta produk olahan Ubi Cilembu, diantaranya adalah:
  1. Teh Selang Sejam
  2. Teh Rosela
  3. Siomay Ubi Cilembu
  4. Baso Ubi Cilembu
  5. Dodol Ubi Cilembu
  6. Nugget Ubi Cilembu
  7. Puding Ubi Cilembu
  8. Kremes Ubi Cilembu
  9. Brownies Ubi Cilembu
  10. Keripik Ubi Cilembu
  11. Peyek Daun Ubi Cilembu
  12. Nasi Oyeg
  13. Nasi Jagung
  14. Bubur Kunyit
  15. Bubur Hajeli
  16. Martabak Ubi
  17. Putri No'ong
  18. Kue Kacamata
  19. Peyek Bayem
  20. Katimus
  21. Onde-onde Ubi Ungu
  22. Nasi Singkong
Lomba Kreasi Menu Non Beras dan Terigu- YouTube
Play Video
×
Produk olahan Ubi Cilembu hasil kreasi KWT Nusa Indah 2 diciptakan oleh ketuanya ibu Zubaedah, Am.Pd, pada awalnya karena Ubi Cilembu hasil panen para petani yang ukurannya kecil dan tidak masuk kedalam kategori bisa di distribusikan ke pasar, ubi yang ukurannya kecil kecil ini banyak terbuang dan diperuntukkan sebagai pakan ternak Sapi perah, oleh sebab hal tersebut maka Ibu Zubaedah berupaya untuk mengolahnya sebagai produk makanan olahan yang bernilai ekonomis.
Dari beberapa kali percobaan maka terciptalah berbagai macam produk olahan Ubi Cilembu, bahkan aneka macam rasa Keripik Ubi Cilembu, Dodol Ubi Cilembu dan Puding Ubi Cilembu telah memiliki P-IRT dan menjadi produk home industri oleh salah satu keluarga di Desa Cilembu dengan merk Keripik Ma Utik
Semoga Kreasi Menu non Beras dan Terigu ini dapat menjadi inspirasi

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

49 komentar

Aduh pengen banget saya nganjang ka Desa Cilembu, pengen belajar masak sama Teteh, bikin olahan unik dari ubi cilembu, buat bekal bisnis kuliner nih. *ngikik*

Balas

hlaaa.....tebang bisa ngikik doangan, nganjangnya mah kapan tau dah. :ng

Balas
This comment has been removed by the author.

Ih leres mang, ngan abimah isin ku mamang nganjang kaditu teh, bilih pajarkeun bade nyungkeun tuang hungkul ))

Balas

Inspiratif nih lombanya, dari pada ubi'a untuk pakan ternak mndung di olah biar bisa d jual

Balas

selamat ya untuk anugerah kepada Desa Cilembu , ubi yang dipandang sebelah mata ternyata sangat bernilai ekonomis dan bisa di bikin berbagai macam aneka makanan, maju terus Desa Cilembu

Balas

Penemuan Kreasi olahan dari Ubi Cilembu bagus banget.Jadi banyak olahan dari bahan Ubi.. emang patut dikasih penghargaan tuh Ibu Zubaedah

Balas

kreatif ya Ib Zubaedah dengan satu bahan dasar bisa membuat banyak jenis masakan

Balas

kang maksud somay ubi cilembu sama baso ubi cilembu itu baso sama somay nya rasa ubi atau apa?

Balas

Macam-macam olahan ubi
Enak dan berkreasi
Bisa bangkitkan ekonomi
Lancarkan jalan rezeki

Hebat desa cilembu kini
Karena banyaknya ubi
Yang khas dan bergizi
Mengundag meminati

Balas

bahan dasar yang biasanya pake terigu di ganti dengan Ubi Cilembu, rasanya lebih makjleb ketimbang siomay dan baso seperti bakso umum.
soalnya aroma ubi masih terngiang ditelinga nya mang

Balas

ibunya keren, tapi lebih keren lagi yang mendampinginya dong :)

Balas

mendung tak selamanya kelabu kok kang..:ng

Balas

Aaaaamiiin... haturnuhun atensinya kang.
kecup basah ah

Balas

sudah di anugerahi sebagai istri cantik luar biasa, solehah, dan cinta pada suami...oleh saya mang :D

Balas

meminati demi berdayanya para wanita desa nan indah permai dong kak :)

Balas

banyak benar yang boleh dimasak menggunakan ubi...wahh..kreatif banget..

pernah makan siomay semasa di Bandung..

Balas

dari ubi cilembu bisa dikreasi segitu banyak olahan makanan, kreatif dan membuka peluang usaha

Balas

diluar bandung mah ngga ada siomay gituh ya?

Balas

lumayan kang, bisa buat nambahin cicilan kredit :D

Balas

banyak tuh yang dampingin haha

Balas

tentu saja ada, siomay makanan populer di Indonesia ya..

tapi saya first time makan siomay semasa berwisata ke Bandung tapi bukan siomay ubi rasanya..

Balas

kresi hebat nih kang, kapan ya saya bisa nganjang ke cilembu

Balas

Waduh Ibu Zubaedah teh ternyata istri nya mamang ya... Pasti bangga deh jadi suaminya :-d'

Balas

eta ari 'nasi oyeg' teh nu kumaha kang ?

Balas

weh somay nya enak banget kayaknya hehe

Balas

moal di bejaan ah..bisi comel :ng

Balas

ups...keceplosan...turun pasaran saya deh nih

Balas

oo firsttimenya di Bandung , kalau sekennya dimana, hayo?...:D

Balas

ulah lah...mamang mah sok meakeun dahareun atuh da :)

Balas

saya suka siomay, nasi singkong kayak gimana tuh? Brownies juga?

Balas

wuiih produk yang diciptakan KWT Nusah Indah 2 meni banyak pisan mang, saya pilih yang mana ya?

Balas

Berhubung saya hobi makan baso, saya pilih baso ubi cilembu aja mang, namanya aja masih asing ditelinga saya mah... kayak gimana tuh rasa baso ubi cilembu :)

Balas

wah makin takjub saya sama Mang Lembu teh, berawal dari ubi cilembu, sekarang muali merambah ke berbagai menu makanan yang laen... jangan lupa mang, kalo butuh karywan hubungi saya lah :D

Balas

nggak dong mang, yang pasti peranan istri mempunyai kontribusi yang besar buat kesuksesan seorang suami, iya toh...

Balas

Sapa bilang di pandang sebelah mata. sudah lama ubi madu cilembu itu mendunia kan ya...

Balas

Lesat nikmat nan sehat kreasi olahan ubi Tak ayal Mang Cilembu Tea kuat Tak tertandingi

Balas

Salut buat Kelompok Wanita Tani Nusa Indah 2 yang tekah Memodifikasi ubi sedemikian rupa hingga tersaji jadi kuliner yang indah lezat menggugah selera, Tak salah deh keluar sebagai juaranaya. Namun Saya Kasihan Sama si Lembu susu Terampas hak Makan Enaknya jadinya

Balas

Bisa jd alternatif ini kang...

Balas

kalau kreatif akan menghasilkan suatu yang unik dan menarik, serta banyak manfaatnya. contohnya makanan kreasi menu non beras. dan bisa juga mengantar desa cilembu mendapat penghargaan desa dengan ketahanan pangan. padahal cuma dari ubi, tapi karena kreatifnya bisa aja menjadi suatu yang lebih bagus dan menyehatkan.

Balas

yang jelas kayak rasa bakso dan ubi campur jadi satu.

Balas

kalau somay sih jangan ditanya lagi karena memang makanan yang uenak dan menganyangkan. mana sensasi rasa kenyal somay itu juga menambak nikmat sajiannya.

Balas

Teh Selang Sejam kaya apa kang bentuknya?

Balas

saya suka ubi, ingin hati pesan tuh produk.. ubi cilembu... bagaimana caranya nih?

Balas

mayan-lah kang :D

Balas

lebih dahsyat dibandingkan teh maya bohay kang :ng

Balas

Usaha martabak memang menggiurkan. pencinta makanan ini bisa beragam. Mulai dari anak kecil hingga dewasa. Tapi maukah anda usaha martabaknya lebih dikenal lagi?
Silahkan coba gunakan packaging makanan ini http://www.greenpack.co.id/

Balas

Tenang wa lembuh wa karyono orang cool ko dan gak bakalan habisin makanan.

Balas

Duh wa jadi hoyong putri noong euy tos lami teu neda putri noong.
Cing alungkeun wa hiji asupkeun we wa ka jero layar laptop trus kirim keun ka blog oe.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger