DESA CILEMBU

Mengenali Formalin pada makanan

Formalin adalah bahan terlarang untuk ditambahkan dalam makanan, demikian penjelasannya pada Peraturan Menteri Kesehatan No. 722/Menkes/Per/ix/1988, tetapi karena formalin adalah sebuah zat dengan harga murah dan sangat efektif untuk mengawetkan dan membuat makanan tampak lebih kenyal dan terlihat lebih menarik, membuat banyak para pengelola makanan olahan menggunakannya demi meraup keuntungan tanpa memperdulikan bahayanya.
Mengenali Formalin pada makanan
Bahaya yang dapat ditimbulkan oleh formalin, selain dapat menjadi racun dalam tubuh, kanker, mutasi gen dan perubahan sel dan jaringan tubuh. Secara kasat mata sulit mendeteksi makanan yang mengandung formalin, oleh sebab itu, upaya yang dapat kita lakukan untuk mengenali makanan yang mengandung formalin hanya dengan menyentuh dan mengamati  hal-hal seperti dibawah ini:

Ikan yang mengandung formalin:
  • Insangnya memiliki warna yang merah tua dan terlihat tidak segar, sebaiknya ikan yang tidak mengandung formalin, insangnya berwarna merah segar,
  • warna daging berwarna putih cenderung pucat,
  • Ikan dapat awet pada suhu kamar selama lebih dari tiga hari,
Bakso yang mengandung formalin:
  • Teksturnya lebih kenyal
  • Bakso dapat bertahan lama hingga lebih dari dua hari.
Ikan Asin yang mengandung formalin:
  • Memiliki bau yang khas, tetapi ikan asin yang berformalin tidak bau, bersih dan cerah,
  • Pada suhu kamar ikan asin berformalin tidak rusak dan dapat bertahan hingga lebih dari satu bulan,
  • Lalat tidak mau hinggap pada ikan asin yang berformalin.
Mie basah yang mengandung formalin:
  • Mie sangat liat saat dipotong dengan sendok,
  • Saat di pegang, mie terasa sangat kenyal dan meskipun sudah dibilas, aroma mie yang berformalin beraroma obat,
  • Dapat bertahan hingga lebih dari 3 hari
Tahu yang mengandung formalin:
  • Kenyal tidak padat tetapi tidak mudah hancur,
  • Teksturnya keras
  • Pada sushu ruang dapat bertahan lebih dari tiga hari, dan pada suhu kulkas tahu yang berformalin dapat bertahan hingga lebih dari 15 hari.
Ayam yang mengandung formalin:
  • Lalat tidak mau hinggap pada daging ayam yang berformalin,
  • Teksturnya kencang,
  • Pada suhu ruang, daging ayam yang berformalin dapat bertahan hingga lebih dari dua hari.
Semoga dengan Mengenali Formalin pada makanan yang sehari-hari menjadi konsumsi sehari-hari, dapat membuat kesehatan kita selalu terjaga.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

Sekarang banyak yang dikasih formalin. Harus lebih teliti saat ingin membeli

Balas

mesti selektif banget, sering menjumpai di pasar, dari baunya sudah terasa menyengat biasanya...

nah tipsnya semakin spesifik untuk mengenali

Balas

bahaya atuh kang, padahal mah formalinnya jangan diproduksi lagi biar ga ada lagi makanan berformalin..

Balas

Dari kata-katamu aku yakin
Tipsmu baik lahir batin
Jenis dan warna makanan beeformalin
Harus kita jauhi sedini mungkin

Balas

Gimana nasib saya kalau pabrik formalin saya ditutup, coba?

Balas

waspada agar kehati-hatian kita meningkat

Balas

semoga kita termasuk pada hamba-hamba-Nya yang di sayangi....aaamiiiin

Balas

Asal jangan hujan ikutan ngandung formalin aja ya pak. Kalo sampe awet .. ga berenti2 kan bisa gaswat :)

Balas

:D
nulis komentarnya pasti pas lagi kehujanan ya?

Balas

aku memang telah menjauhi ibu dini....
kan sekarang saya malah sedang mendekatimu..say :p

Balas

Wah baca ciri-ciri di atas seperti saya pernah trjebak... OMG...

Balas

terima kasih infonya, sangat menarik dan tentunya bermanfaat sekali, ternyata mengenali ciri-ciri makanan yang berformalin tidak sulit

Balas

oh jadi ini yang suka pakein formalin nya? :D

Balas

Serem.. Jangan sampek lah kita konsumsi makanan yang mengandung formalin :'

Balas

Pedagang yang nakal satu..dampaknya dirasakan semua pedagang yang jujur...

Balas

for malin = untuk malin :D

Balas

emang disini ada jebakan ya pak?

Balas

Jadi gak pingin mkn apa" takut ada formalinya...:-D

Balas

harus hati hati ya jika mau konsumsi sesuatiu teh, takut borax dan formalin

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger