DESA CILEMBU

Menghitung Penghematan Beras di Sumedang

Cara menghitung penghematan beras di Kabupaten Sumedang.
Melalui program yang dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan, Penyuluh, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP4K) Kabupaten Sumedang, gerakan One Day No Rice menjadi salah satu alat sosialisasi efektif yang secara terus menerus di canangkan kepada seluruh instansi pemerintahan yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang, bahkan di kantor BKP4K pada setiap hari Jumat seluruh jajarannya dalam satu hari tersebut tidak makan makanan hasil olahan beras/nasi(One Day No Rice).
Menghitung Penghematan Beras di Sumedang
Selain dari pada itu, lomba membuat menu makanan olahan non beras dan terigu juga menjadi ajang yang terus dilakukan untuk menunjang program ini, disamping sebagai alat sosialisasi, lomba-lomba yang dilaksanakan di desa-desa dengan melibatkan para kaum perempuan, yang pada umumnya mereka bernaung di lembaga dan organisasi PKK, Posyandu dan KWT juga menjadi sarana kreatifitas para ibu rumah tangga untuk mampu menyediakan makanan non beras dan terigu di rumahnya masing-masing, syukur alhamdulillah jika kemudian hasil olahannya tersebut dapat menjadi lahan usaha baru bagi mereka, sehingga secara ekonomi dapat membantu kecukupan dan daya beli keluarganya, tetapi tentu makanan hasil olahan non beras dan non terigu ini, tidak mengesampingkan asupan karbohidrat dan gizi yang seimbang dan aman pada makanan hasil olahannya tersebut.
Perlombaan One Day No Rice yang telah dilaksanakan diantaranya:
Program One Day No Rice dilakukan berdasarkan hasil dari perhitungan penghematan konsumsi beras di Kabupaten Sumedang:
  • Perkiraan konsumsi beras per orang per hari = 0,32 Kg
  • Perkiraan konsumsi nasi per orang per hari (3 kali makan) = 0,16 Kg
  • Perkiraan konsumsi per orang per hari (1 kali makan) = 0,05 Kg
Perkiraan per tahun (jika tidak makan nasi dalam 1 minggu 1 kali per orang):
  • 0,05 Kg x 52 minggu = 2,6 Kg nasi
  • Setara dengan beras = 5,2 Kg / orang / tahun
  • Setara dengan padi = 8 Kg / orang / tahun
Maka, Penghematan konsumsi beras di Kabupaten Sumedang
  • 5,2 Kg beras x 1.092.719 orang (jumlah penduduk Sumedang) = 5.682.139 Kg Beras
Penghematan Padi di Kabupaten Sumedang
  • 8 Kg padi x 1.092.719 orang (jumlah penduduk Sumedang) = 8.741.752 Kg padi setara dengan 8.741.752 ton (GKG)
Dengan perhitungan penghematan konsumsi beras di Kabupaten Sumedang, dan jika masyarakat dapat secara bersama-sama melaksanakan pencanangan One Day No Rice ini, maka upaya dalam rangka peningkatanpemberdayaan petani khususnya padi untuk dapat swasembada beras sehingga ketahanan pangan yang diharapkan dapat diraih juga dapat dilakukan, yang pada akhirnya kesejahteraan semakin meningkat.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

ternyata bisa dihitung, makan nasinya, semoga bisa swasembada beras

Balas

ganti pakai bahan pokok yang lain selain nasi ya :)

Balas

wah keren juga usaha pemerintah sumedang dengan mencanangkan One Day No Rice.
besok akan segera diikuti oleh kabupaten malang nih keknya

Balas

ya bisalah masak bisa dong

Balas

wuih GA nya dah nongol lg nih,jadi hilang dong cenut-cenutnya nih kang

Balas

Beras bisa diganti singkong atau keladi ya. Kalau diadakan penghematan seperti ini berarti persediaan beras akan merata untuk semua warga sekaligus menyukseskan program diet warganya hehehe

Balas

Hmm tp susah klo makan diganti sama yg lain

Balas

Maunya sih makan roti gadum setiap hari........

Balas

emang pada suka makan kedongdong yah

Balas

ih...mang yanto mah pikirannya ngeres ajah ih

Balas

emang keren...tapi ingat mang, lebih kerenan adminnya blog ini loch yah

Balas

alhamdulillah, cuman belom yakin banget mang...masih degdegplas euy

Balas

nah begitu maksud dan tujuan intinya mah.
tapi...kalau ibue anak-anak digantikan kaya beras di ganti sama keladi...buwahaya bingit tuh...jangan dong ah

Balas

emang belum dan ngga umum ya kang

Balas

supaya kaya orang bule ya mang

Balas

boleh saja mkn ubi r pisang sbg ganti beras...ada mslh dgn produksi beras disana ya..

Balas

ngga terlalu signifikan hanya untuk waspada doangan kang

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger