DESA CILEMBU

Nikmatnya botram di kebon Ubi

Botram adalah makan bersama diluar rumah setelah bergotong royong mengerjakan pekerjaan untuk kepentingan masyarakat seperti membersihkan selokan, menanam pohon untuk penghijauan, membetulkan jalan yang berlubang dan lain-lain merupakan acara yang sangat ditunggu oleh seluruh warga yang kebetulan ikut serta bergotong-royong.
Nikmatnya botram di kebon Ubi

Lauk nasi untuk botram tidak menjadi penting,asalkan ada sambal dan lalapan beserta pete plua jengkol, ikan asin, kerupuk dan jeroan kambing dirasa sudah cukup, sebab jika kita sedang bergotong-royong kebersamaan adalah hal yang terpenting, lagi pula jika suasana seperti ini botram menjadi lebih nikmat dan makan menjadi lahap selain karena memang habis bekerja mengeluarkan keringat, acara botram yang kerap dilaksanakan di tepi jalan atau bahkan di tengah kebun ubi menjadikan acara botram menjadi makjleb sampai ke dalam hati.
Pada botram kali ini dilaksanakan di tengah kebun ubi cilembu setelah melakukan panen, lauk botram yang di suguhkan ibue berupa:
  • Sambel plus lalapan, dan pete (dadak metik dikeun)
  • Ikan asin
  • Telur dadar
  • Tahu dan tempe
  • Ayam goreng
Walau botram di kebun ubi lauknya sangat sederhana tetapi kami semua sangat lahap menyantap hidangan botram ala ibue ini, selain dari pada itu, kegembiraan terpancar dari sang pemilik kebun ubi cilembu yang sedang di panen ini, dengan luas kebun yang hanya 70 bata (980m2) berhasil memanen ubi hampir 600 kg, sungguh sebuah hasil pertanian yang lumayan.
Jika harga ubi cilembu mentah pada saat ini Rp. 7000,-/kg di kalikan 600kg sama dengan Rp. 4200.000,- sangat lumayan bagi kami para petani yang oleh pemerintah selalu di empla-emple dan di empleu-empleu untuk lebih disejahterakan...hadeuh

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

Kalo mang lembu ngerayain Botram karena pake domain baru. hehe makan makan.. saya tunggu di gang sebelah...

Balas

asik.. asikk... bungkus mang... :D

Balas

saya nitip dibungkusin ya Bang hahahaa....

Balas

wah..wah.. nggak ngeh saya, ternyata domain baru .... :D

Balas

kiriman sedang di perjalanan menuju rumah mamang

Balas

lebih asik yang nyuguhin orang paling cantik sedunia..hahay

Balas

hehe...jadi merah pipi sayah nih

Balas

domaini baru kok templatenya jadi jadul sih.......
gak palid atemel5 en seo prenli....xixixixiixixi

Balas

Kayaknya ini baru sementara Kang... pasti Mang Lembu udah nyimpen file template andalan wkwkkaa... :D

Balas

pastinya enak sekali makan bersama-sama seperti itu, saya juga mau :)

Balas

bikin acara botram ajah sama tetangganya atuh

Balas

hiyah euy, template yang lama justru bermasalah dengan aprop adsensenya..nih disuruh perbaiki dan nunggu seminggu, kalau tetap ngga bisa, ini blog mau tak bakar sekalian deh

Balas

Apalagi pake sayur asem...

Balas

Berasa kayak piknik ya..
Dah lama aku ga piknik.. :(

Balas

Kebersamaannya dapat ya pak Hadi

Wah, baru ngeh, ternyata udah pindah rumah toh :)

Balas

hahaha, diempla-emple itu apa ya kang? :D

Balas

hlaaa....suka kura-kura dalam perahu deh c akang mah ah :p

Balas

euleuh enya
baru nyadar kalo domainnya udah ga pake belokcepot...

Balas

ngawadul wungkul...
kemaren ga diajakin botram...

Balas

jawa barat mah memang masih banyak perkebunan yang cocok dipakai botram kang, tapi makannya jangan di eumpla-eumple yah nanti sangu nya ga enak..

Balas

aduh ngiler pengen ikutan botram.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger