DESA CILEMBU

Plasma Bawang Daun di Pekarangan

Sistem Plasma Bawang Daun di Pekarangan - Awal kisah terjadi dari sebuah obrolan di bareng anggota tim elang yang pada malam sabtu minggu yang lalu mendapatkan giliran meronda, seperti biasa setelah lelah berkeliling mengitari pelosok kampung memantau dan memberi peringatan kepada para warga untuk selalu waspada terhadap pencurian sekaligus mengingatkan para warga untuk memeriksa kembali pintu, jendela dan kompor untuk diperiksa ulang, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 
Plasma Bawang Daun di Pekarangan
Kami beristirahat di pos ronda dimana telah disiapkan oleh petugas jaga lainnya se-teko susu kopi dan camilan Ubi oven Cilembu hangat. Sebagai pancingan saya buka obrolan pos rondanya dengansebuah pertanyaan, "bagaimana caranya agar anggota tim elang yang berjumlah 156 pemuda desa ini tetap bersemangat melaksanakan ronda, walaupun tanpa bayaran?, dan apa yang bisa dilakukan agar para pemuda anggota timelang ini memiliki penghasilan (walaupun sedikit) dan yang paling penting Tim Elang mempunyai uang kas untuk antisipasi jika suatu saat ada salah satu anggota sakit gara-gara begadang ronda, jika kita memiliki uang kas tentu kita dapat membantu anggota yang sakit tersebut membiayai pengobatannya?"
Semua yang terlibat dalam obrolan malam itu, saya mintakan pendapat dan idenya. Banyak saran dan pendapat yang terlontar, yang pada akhirnya giliran saya untuk menyampaikan pandangan serta ide yang sebelumnya memang sudah ada dalam benak.
  1. Menanam bawang daun dalam polybag, modal yang dibutuhkan hanya beberapa ratus ribu untuk membeli polybag, tanah untuk mengisinya? banyak, pupuk kandangnya? asal mau mengumpulkannya di kandang ternak sapi perah yang kebetulan banyak dimiliki oleh warga, bibit bawang daunnya? mudah didapatkan.
  2. Kenapa bawang daun? perawatannya mudah, masa panennya hanya 30 - 40 hari, dalam satu polybag dapat menghasilkan bawang daun kurang lebih 1 Kg, harga bawang daun dipasaran stabil dengan kisaran harga Rp. 4000 - Rp. 5000 / Kg
  3. Jika kita membuat 1000 polybag, artinya saat panen akan menghasilkan bawang daun 1000 Kg bawang daun, silahkan kalikan dengan Rp. 4000 / Kg = Rp. 4 juta...bro
Caranya?
  • Polybag diisi tanah dan di tanami bibit bawang daun dikerjakan oleh seluruh anggota, setelah siap, masing-masing anggota wajib merawat 30 polybag di pekarangan rumahnya masing-masing, berarti bibit bawang daun yang tim elang miliki sejumlah 30 bibit / anggota x 156 orang = 4680 bibit bawang daun.
  • Bagi hasil: pada saat panen yang dilakukan secara serentak, hasilnya untuk anggota 50 persen, untuk saya 10 persen, untuk uang kas Tim Elang 40 persen.
saya 10 persen doang...ADIL kan?.....kan...kan saya yang punya ide, dan saya juga yang memberi modal awal untuk membeli polybag plus memberi makan kalian saat mengerjakan pengisian dan penanaman bibit bawang daunnya...udah gituh dikerjakannya juga di kebun ubi cilembu milik saya, noh..noh liat noh...kebun ubi cilembu saya tanahnya sampi NGAGOROWONG, sebab tanahnya dipake buat ngisi polybag....okeh kan?hehehe...

Semoga Sistem Plasma Bawang Daun di Pekarangan ala Mang +Cilembu thea dicontek oleh seluruh rakyat Indonesia yang saat ini sedang kebingungan dengan PSSI nya yang makin carut marut.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

67 komentar

bener pisan nih kang, daripada pekarangan kosong, yuk kita manfaatkan untuk yang bermanfaat, salah satunya dengan nanam bawang dengan sistem plasma ini..nuhun infonya

Balas

sangat cocok jika di plasmakan ke siswanya kang...banyak pelajaran yang bisa diterapkan deh tuh :D

Balas

nah kan lumayan buat sampingan ya kang.hehe
saya juga pengen sih tapi saya kira-kira bisa ga menanam nya??

Balas

ide yang bagus dari pada pekarangan rumah tumbuhnya cuma rumput mending ditanami daun bawang.Caranya dong mang siapa tahu bisa ikutan dirumah

Balas

Wah ide yang briliant nie mang, memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam bawang daun, selain bisa untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan jika terus dikelola secara benar dan sunggu-sungguh

Balas

selain bawang, tanaman yang laen juga bisa kan kang, seperti cabe atau misalnya :)

Balas

ya kalo ada kemauan dan mau berusaha pasti bisa lah kang, kan tidak ada yang tidak mungkin di dunia mah, bukan begitu pak ustadz :D

Balas

nah itu dia poinnya mas, seperti pepatah mengatakan "tak ada rotan akar pun jadi", memanfaatkan lahan yang ada begituh... begitu juga dengan ucapan KH. Zainuddin MZ yang mengatakan "jangan mengharapkan yang tidak ada, yang ada lah harapan kita" caelah cakep buanget duaaah.... :)

Balas

Blog dan artikelnya menarik sekali untuk disimak, sayang banget jika sampai terlewatkan...

Balas

masalahnya waktu sekolah sd tiap pelajaran menanam saya suka gagal kang :D

Balas

wah pemberi ide pun nuntut komisen nih...tapi elok sgt kalau dipraktikan.

Balas

kang cilembu idenya kreatif banget, juga menghasilkan pula hehe,, kalo di daerah saya mah udah ga ada lagi pekarangan, lahan buat ngejemur baju aja udah susah hehe

Balas

seandainya saya kaya mas cilembu rajin menanam tanaman hmm sayangnya saya selalu gagal dalam cara menanam tanaman mas :( kalo kata orang tua dulu menanam tanaman selalu gagal atau mati itu tangannya panas , iya gitu mas?

Balas

bisa kang, tapi harus diperhitungkan masa panen dan pluktuasi harga pasarnya :D

Balas

Alhamdulillah sudah dan sedang masa perawatan kang.
dan terus menanam agar bisa panen setiap minggu, sekarang sudah hampir 5000 polybag

Balas

coba ajah di pegang tangannya saat menanam, panas atau dingin... :D

saran: saat menanam coba sambil wiridan dan komunikasi dengan_NYa, mintakan agar yang sedang ditanam ini membawa keberkahan...heuydeuh....tapi bener kok, cobain ajah gih

Balas

lalu...kalo udah gituh...nyerah dan pasrah...hiyah gituh?

Balas

emangnya lu baca, wil?...kupret lu ah

Balas

hiyah mang, insyaallah bisa menggantikan kang mas Bob Sadino (alm)... :)

Balas

ya udah...mendingan kawin ajah gih :p

Balas

caranya mah tanya ajah sama tetangga, pasti mereka tau...ingat, pupuk kandangnya jangan pake kotoran ayam tapi pake kotoran kambing, supaya ngga gampang layu.

tuh dengerin tuh pak Marnes tuh....cakep kan

Balas

wah boleh juga tuh kang, buat ngisi waktu luang. Kudu di cobaiiiin hehe

Balas

saat ini tanaman dalam polybag cukup marak juga dilakukan ibu-ibu PKK dikampung saya kang.
modalnya minimal cukup diteras rumah nggak perlu tanah luas apalai dari tanah cilembu.heehehe

Balas

loh saya malah bingung nih jadinya kalau ditanyain saya siapa

Balas

berarti cocoknya ditanami tuh

Balas

kang?
cewek cantik dipanggil kang gitu?

Balas

hahahah...
saya mbayangin gimana mimik wajah kang ubi waktu nulis komen itu.hihihi

Balas

Saya juga nanam bawang daun di rumah tuh.. tapi pas udah numbuh mlah jadi sayang buat metiknya :)

Balas

kalau di kampung saya, bawang daun emang di tanam ibu2 di pekarangan rumah biasanya, pada pot-pot, seperti nanam bunga cuman hasilnya bukan untuk di jual tapi untuk komsumsi sendri karena rata2 setiap pekarangan ada tanaman itu

Balas

sepertinya menjanjikan juga usaha yang satu ini, hehe boleh lah

Balas

bagus nih kang,kreatif memang seharusnya pekarangan di tanami dengan sesuatu yang bermanfaat ya seperti bawang daun misalnya :D

Balas

nyomot sedikit bawang daunnya ya,saya mau bikin dadar telur :)

Balas

Memang betul si, dari pada karangan cuma ada rumput, mendingan di buat bercocok tanam, tapi masalahnya gk semua orang punya karangan di rumahnya...

Balas

Wahahahah.. Idenya keren, Kang :D

Balas

Aku kebagian berapa persen untuk duit dengernya. lumayanlah bisa untuk beli pulsa internet.

Balas

jangan sampai terlewatkan minum kopi dan makan ubinya, maksudnya mungkin begitu.

Balas

lagi grogi adminnya.

Balas

bagus banget tuh, akan lebih bagus jika oleh kita di koordinir lalu kita jual atau kita yang jadi tengkulaknya...lumayan kan bisa buat beli laptop baru...:D

Balas

keren pale lu...:(

Balas

Ide cemerlang kang lembu nih.

Balas

mau saya tiron ah. hehehee

Balas

haaah?malah disuruh kawin :3

Balas

Polybag adalah salah satu cara yang efektif untuk menanam sayuran bagi orang-orang yang punya pekarangan nggak terlalu luas Kang. Nggak cuma sayuran deng, banyak tanaman-tanaman lain yang bisa ditanam di polybag.
Harga ide 10% Kang? nggak kurang tuh?

Balas

bener sekali mang, jangan dibiarkan kosong tuh pekarangannya... tong kosong nyaring bunyinya hahaha

Balas

kang cilembu sotoy banget deh

Balas

emang belum kawin ya pak, berkarat dong

Balas

nah itu bagus sekali idenyaya pak, kang cilembu memang luar biasa deh

Balas

pernah juga menanam bawang daun dan yang jelas mudah untuk nambah bumbu dan menyedapkan masakan kalau kita punya stock sendiri ya kang. ok makasih ilmunya. salam sahabat blogger.

Balas

apalagi ditambah dengan banyaknya jenis tanaman yang bermanfaat untuk kita ya mas sebagai bahan sembako :D

Balas

wah ngga bakat jadi petani dong :ng

Balas

lumayankang bisa buat nambahin bayar hutang cicilan motor ninja-nya

Balas

minimal kalau mau makan bawang daun ngga usah beli ke pasar tradisional yang becek manaan ngga ada ojek pula

Balas

untuk ibu gratis...sekaliansama yang nanemnya juga boleh kok

Balas

kan nanemnya ngga di pekarangan, tapi dipolybag..kan bisa di taro di kamar

Balas

ngga usah heran...saya tea gituuh.

Balas

maaf udah harga pas kang...mau silahkan bungkus, ngga...mendingan bapak terjun sendiri deh ke laut :ng

Balas

jika sudah bunyinya nyaring, bisa disewain buat yang mau hajat nyunatin ya mang

Balas

ngga mau di kecup dulu mang sama saya?

Balas

persis pak, bisa dikembangkan untuk menanam palawija dan sekalian nanem jati babon yang harganya lagi naek daun...:ng

Balas

btw btw perbandingan tanah sama pupuknya berapa banding berapa kang? wah sepertinya menarik kang, siap praktekkin kang doakan mudah2an berhasil...
n nanti tinggal nyari buat masarinnya yah, atau saya nagog aja dipasar gt kang hhe...euh pasar smd nya sudah digusur

Balas

1 polibeg bs 1 kg kang? banyak sekali ya..

Balas

pakai polybag, mantap. kebetulan halaman belakang rumahku itu tanahnay berbatu jadi kurang bagus untuk ditanami, nah ini solusi bagus nih

Balas

sudah dicoba menanam di polybag nya kan kak?

Balas

gampang soal pemasaran mah kang..selama masa tanam, c akang main ke pasar dan kenalan deh sama tukang sayur...yang ada ge akang bakalan keteteran geura

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger