logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Plasma Bawang Daun di Pekarangan

www.desacilembu.com
Sistem Plasma Bawang Daun di Pekarangan - Awal kisah terjadi dari sebuah obrolan di bareng anggota tim elang yang pada malam sabtu minggu yang lalu mendapatkan giliran meronda, seperti biasa setelah lelah berkeliling mengitari pelosok kampung memantau dan memberi peringatan kepada para warga untuk selalu waspada terhadap pencurian sekaligus mengingatkan para warga untuk memeriksa kembali pintu, jendela dan kompor untuk diperiksa ulang, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 
Plasma Bawang Daun di Pekarangan
Kami beristirahat di pos ronda dimana telah disiapkan oleh petugas jaga lainnya se-teko susu kopi dan camilan Ubi oven Cilembu hangat. Sebagai pancingan saya buka obrolan pos rondanya dengansebuah pertanyaan, "bagaimana caranya agar anggota tim elang yang berjumlah 156 pemuda desa ini tetap bersemangat melaksanakan ronda, walaupun tanpa bayaran?, dan apa yang bisa dilakukan agar para pemuda anggota timelang ini memiliki penghasilan (walaupun sedikit) dan yang paling penting Tim Elang mempunyai uang kas untuk antisipasi jika suatu saat ada salah satu anggota sakit gara-gara begadang ronda, jika kita memiliki uang kas tentu kita dapat membantu anggota yang sakit tersebut membiayai pengobatannya?"
Semua yang terlibat dalam obrolan malam itu, saya mintakan pendapat dan idenya. Banyak saran dan pendapat yang terlontar, yang pada akhirnya giliran saya untuk menyampaikan pandangan serta ide yang sebelumnya memang sudah ada dalam benak.
  1. Menanam bawang daun dalam polybag, modal yang dibutuhkan hanya beberapa ratus ribu untuk membeli polybag, tanah untuk mengisinya? banyak, pupuk kandangnya? asal mau mengumpulkannya di kandang ternak sapi perah yang kebetulan banyak dimiliki oleh warga, bibit bawang daunnya? mudah didapatkan.
  2. Kenapa bawang daun? perawatannya mudah, masa panennya hanya 30 - 40 hari, dalam satu polybag dapat menghasilkan bawang daun kurang lebih 1 Kg, harga bawang daun dipasaran stabil dengan kisaran harga Rp. 4000 - Rp. 5000 / Kg
  3. Jika kita membuat 1000 polybag, artinya saat panen akan menghasilkan bawang daun 1000 Kg bawang daun, silahkan kalikan dengan Rp. 4000 / Kg = Rp. 4 juta...bro
Caranya?
  • Polybag diisi tanah dan di tanami bibit bawang daun dikerjakan oleh seluruh anggota, setelah siap, masing-masing anggota wajib merawat 30 polybag di pekarangan rumahnya masing-masing, berarti bibit bawang daun yang tim elang miliki sejumlah 30 bibit / anggota x 156 orang = 4680 bibit bawang daun.
  • Bagi hasil: pada saat panen yang dilakukan secara serentak, hasilnya untuk anggota 50 persen, untuk saya 10 persen, untuk uang kas Tim Elang 40 persen.
saya 10 persen doang...ADIL kan?.....kan...kan saya yang punya ide, dan saya juga yang memberi modal awal untuk membeli polybag plus memberi makan kalian saat mengerjakan pengisian dan penanaman bibit bawang daunnya...udah gituh dikerjakannya juga di kebun ubi cilembu milik saya, noh..noh liat noh...kebun ubi cilembu saya tanahnya sampi NGAGOROWONG, sebab tanahnya dipake buat ngisi polybag....okeh kan?hehehe...

Semoga Sistem Plasma Bawang Daun di Pekarangan ala Mang +Cilembu thea dicontek oleh seluruh rakyat Indonesia yang saat ini sedang kebingungan dengan PSSI nya yang makin carut marut.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger