DESA CILEMBU

Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah

Zakat secara etimologi berarti, bersih, suci, tumbuh, berkembang dan beres, sebagaimana yang dijelaskan dalam firman-Nya (QS.9;103. QS. 18;81), sedangkan secara terminologi, Zakat adalah nama terhadap dari sebagian harta yang dikeluarkan dari harta tertentu dengan persyaratan tertentu (seperti nishab) untuk dibagikan kepada kelompok tertentu(mustahik) dengan persyaratan yang tertentu pula.
Infak secara bahasa artinya adalah menghabiskan.
Sedekah artinya benar, maksudnya adalah bagi orang yang senang bersedekah adalah orang yang beriman.
Secara terminologi, pengertian Infak dan Sedekah adalah mirip, yaitu mengeluarkan harta tertentu untuk dipergunakan bagi sesuatu kepentingan yang diperintahkan oleh ajaran Islam, diluar zakat.
Infak hanya dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat material dan kebendaan, seperti infak dengan sejumlah uang.
Sedangkan Sedekah, bisa digunakan untuk hal-hal yang bersifat non material. Misalnya yang dikemukakan dalam sebuah hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rosulullah SAW bersabda: "Mendamaikan dua orang yang bertengkar adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, membuang duri dari jalan adalah sedekah". dalam hadist yang lain juga menyatakan bahwa membaca Tasbih, Tahmid, Tahlil, dan Takbir bahkan hanya dengan senyuman adalah merupakan bagian dari sedekah.
Dalam pengertian teknis, kata-kata zakat dalam Al Quran kadang dipergunakan dengan kata sedekah dan terkadang dipergunakan sebagai infak.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

39 komentar

kalau ga salah baca forum diskusi ya, saya suka nih..

Zakat itu sangat khusus dan wajib ya, jumlah yang mesti dikeluarkan sudah ditentukan tidak boleh lebih apalagi kurang ya kang..

sedangkan infaq bentuknya sunah muakkad (sangat disarankan) berupa materi, walaupun tak wajib tapi sangat tercela jika ditinggalkan..

adapun shadaqah, lafadz masdar dari Shadaqa (benar), lebih luas dari infaq, bisa berbentuk materi ataupun tenaga..

benar ga ya kang..? Hanya sedikit sekali yang saya fahami, coba diluruskan.!

Balas

iya sama teh menurut saya juga, seperti yg telah dituliskan Teh Santika... mungkin nanti ada yg lebih faham tentang perbedaan Antara Zakat, Infak dan Sedekah ...
Buat Mang Hadi :-d

Balas

dapat jempol dari pak Jokowi hehe

Balas

terimakasih :-d nya mang, buat mamang eka juga malah :-bd
dan untuk neng geulis Sntika Fadilah ^_^

Balas

saya dapet herier

Balas

salah satu perwakilan rakyat yang bijak

Balas

hehe makasih pak Ustd Hadi Cilembu..... wawasan Agama kang hadi memang mantap.. slm takdim kang

Balas

pas banget materinya mang lembu, sekarang kebetulan hari jum'at nih.
hampir sama juga yah mang saya malah suka pahili kalo ngebedain zakat, infak dan sedekah :D

Balas

Mana perbedaannya mas ?? yang di tulis cuma kata zakatnya saja @@

Balas

iya, yang ditulis kok zakatnya saja mas cilembu... hehe
cocok ini menyambut ramadhan :DD

Balas

Menurut saya zakat itu merupakan kewajiban pengeluaran paling minimal yang harus kita keluarkan, kalau kurang bukan zakat namanya, tapi kalau lebih, zakatnya dapat, sedekah atau infaq pun bisa kita peroleh :D

Balas

preett....
pasti minta dikirimin ubi Cilembu asal muja muji ge'....yakin

Balas

loh saya malah ngga sadar kalau hari ini hari jumat

Balas

sengaja penulisannya sedemikian, sehingga memancing pembaca untuk menuliskan lengkapnya di kolom komentar ini, nah noh...udah di jabarkan lebih detail oleh seorang blogger cantik neng Santika Fadilah.

nge-les:D

Balas

sedekah dan infaknya silahkan jeng celin 95 yang melanjutkan...masa ngga bisa sih... =D

Balas

bisa belajar ilmu zakat nih dari mang Lembu.
karna zakat adalah suatu kewajiban dalam rukun islam..
makasih mas ilmunya

Balas

dapat ilmu dan wawasan baru akan pengertian zakat,infak serta sedekah nih dari kang Lembu :D. . Bentar lagi bulan ramadhan, yuk siapin untuk berzakat hehee,

Balas

keren nih tambahannya dari Bu Haji :D.
ass Bu Haji :D

Balas

Setelah baca ilmunya, semoga saya bisa praktek. Ya, minimal Zakat Fitrah dengan kualitas beras terbaik. Masa kita makan beras merk jempol, eh pas zakat kita bayar seharga beras berkutu. Nanaoinan ari kit nya Mang..... hiks...hiks...

Balas

Alhamdulillah akhirnya dibahas juga perbedaannya sama amang, terima kasih banyak mang.

Balas

Nuhun sharingnya kaang....

Balas

Berbeda nama namun tujuannya sama yaa kang, oh jadi dengan senyum juga itu bisa bersedekah kang? oh.. :D

Balas

Zakat contohnya Fitrah yah mas wajib dibayar sebelum hari raya idul fitri

Balas

sudah mau memasuki bulan ramadhan mari kita berzakat :)

Balas

Orang lebih mengenal zakat fitrah ketimbang zakat lainnya padahal fungsinya sama sebagai pembersih infaq dan sedeqah berkaitan erat dan sifat kedermawanan seseorang.Penjelasan diatas cukup jelas untuk membedakan zakat,infaq dan sedeqah

Balas

oo jadi kalo mau dikirim ubi saratnya muji dulu ya pak ustad. :D

Balas

siap siap sebelum lebaran datang harus d bayar

Balas

Zakat hukumnya wajib, sedangkan infaq atau sodaqoh itu sunah tapi diusahakan ditananamkan dalam diri kita masing2 kalau semua itu wajib. Insya Allah akan mendatangkan pahal yang berlimpah bagi kita yang melaksanakannya. Amin.

Balas

senyum itu ibadah ya mas :)

Balas

maka tersenyumlah kepada semua mahluk ciptaan-NYA...
SENYUM lah pada benda hidup ataupun kepada benda mati-NYA

Balas

pas banget nih temanya. sebentar lagi masuk bulan puasa terus lebaran. jadi bisa lebih tau tentang zakat dan perbedaannya dengan infak dan sedekah. makasih infonya..

Balas

Setuju sekali mas wiki, semakin banyak belajar, maka semakin pintar ya :D

Balas

bayar nya gimana nih ?

Balas

senyum saya manis loh mas..

Balas

Adem..
gi gasalah minum obat kan kang :)

Balas

dapat kultum di blog mas hadi hohoho
bentar lagi bulan suci ramadhan tiba,zakat jgn lupa ye.
terima kasih loh mas ilmunya :D

Balas

sami-sami neng...bade kamana atuh, meni buru-buru,siga nu geleluhkaabdi teh ateuh :D

Balas

hiyah...apalagi kalau neng Wida senyumnya hanya untukku...sedekah banget itu mah :ng

Balas

pastinya begituh....yu nabung yu dari sekarang buat fitrah

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger