DESA CILEMBU

Tips Cerdas Membuat Keputusan

Kematangan dan kebijaksanaan seseorang tercermin dari bagaimana dia mengambil dan membuat keputusan, kuasailah cara cermat, jitu dan aman dalam mmbuat sebuah keputusan agar tidak terlilit oleh masalah demi masalah yang tidak terselesaikan.
Tips Cerdas Membuat Keputusan tentu sangat dibutuhkan oleh setiap orang, keputusan dalam menyelesaikan sebuah masalah, betapapun kecilnya sebuah keputusan sama artinya bahwa proses pendewasaan seseorang teruji dari bagaimana dia mengambil keputusan dari sebuah masalah yang sedang dihadapinya.
Tips Cerdas Membuat Keputusan
Dibawah ini ada beberap tips cerdas, dan aman dalam mengambil keputusan:
  • Tenangkan pikiran, pastikan pikiran dan hati serta emosi harus ditenangkan terlebih dahulu sebelum mengambil sebuah keputusan, yang paling afdol dengan menjalankan sholat sunnah mohon petunjuk kepada-Nya, agar apapun yang terjadi adalah sebuah kehendak-Nya Jua.
  • Pelajari permasalahan secara benar dan dari berbagai sudut pandang dan prsepsi semua orang yang ada di lingkungan kita, kemudian telaah dan analisa untung dan ruginya secara sosial, politik dan lain sebagainya.
  • Ambil sebuahkeputusan dengan resiko minimal, penting bagi kita untuk mempertimbangkan penyelesaian masalah dengan membuat keputusan dengan memperhatikan berbagai aspek resiko, sebab itu, ambillah keputusan dengan resiko yang paling kecil.
  • Yakinlah dengan keputusan yang telah diambil, dengan cara berusaha sekuat tenaga untuk dijalankan dan dilaksanakan dengan konsekwensinya dari apa yang telah kita putuskan tersebut.
  • Evaluasi, analisa dan pelajari dampak dari keputusan yang telah kita ambil, untuk dan sebagai referensi langkah kedepan.
Hidup dan kehidupan memang tidak terlepas dari sebuah masalah, situasi dan kondisi seringkali membuat kita terpaksa mengambil sebuah keputusan yang dilematis, tetapi bagaimanapun, mudah-mudaha Tips Cerdas Membuat Keputusan dapat membuat kita semakin bijaksana dalam mengambil keputusan.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

sebelum baca duduk dulu ya mang, supaya jelas bacanya..

Balas

gelar tikar ah....
nungguin kopi ama ubi madunya

Balas

poin 4 sama lima nah itu, aku selalu menyalahi, begitu keputusan diambil, padahal hati ga yakin. salah besar ya kak.. oke saya terapkan dulu teorinya

Balas

Situation Awareness....
adalah kesadaran atas situasi yang kita hadapi dan dapat menjadi landasan bagi seseorang dalam mengambil sebuah keputusan. Situation awareness terdiri atas tiga tahap.
Pertama adalah persepsi terhadap lingkungan untuk dicerna dan disimpan dalam ingatan.
Kedua, menerjemahkan situasi dengan memberi arti dan sense pada hal-hal yang terlihat tersebut dengan kemampuan analisis yang tajam.
Ketiga, melakukan proyeksi pada hal-hal yang terjadi di masa mendatang sehingga kita bisa me’radar’ masa depan dengan penglihatan yang jelas.
Kata kuncinya adalah kesadaran.....
jika kita tidak sadar dalam mengambil keputusan,hasilnya bisa koplak..... :ng

Balas

menenangkan pikiran itu yang perlu ya mas, supaya lebih kosentrasi :D

Balas

Sip, anatara hidup dan kehidupan memang suatu kesatuan yang harus berjalan selalu seiring, selaras, dan seimbang agar jiwa kita seantiasa tenang sehingga apa un keputusan yang kita ambil, itulah yang terbaik buat kita dan orang-orang di sekitar kita. Semoga demikian. Aamiin

Balas

Saya juga ikutan gelar tiker ah sambil ngronda ...

Balas

saya juga jarang mengevaluasi keputusan yg telah diambil teh xixixii... suka lupa soalnya...

Balas

untung saya masih Sadar xixixiii... kalo tidak sadar bisa repot saya nya hhehehe

Balas

Kadang dalam membuat suatu keputusan yg harus segera kerjakan membutuhkan beberapa tips agar kita tidak kecewa di kemudian hari, salah satunya Tips Cerdas yang tertulis di atas.... walau kadang tidak semuanya bisa dilakukan karena hal-hal yang lain... iya gak Mang hehehee... mantaaap uy artikel na :-bd

Balas

Mau cari kasur yang rada2 empuk dulu ahhh....

Balas

Mang Reo...salah minum obat kayanya ya,,,tumben komentarnya bener @@,

Balas

betulpak, terutama jika dompet tebel...tenang banget dah :ng

Balas

selimut hidupnya udah siap ya bang?

Balas

emang hiyah banget atuh...kan ada saya teh siapa atuh

Balas

saya yang ngumpulin duit sewa tikernya deh

Balas

saya permaklumkan kokmang...kalau mamang pelupa....udah tuwa sih

Balas

balansing sangat di[erlukan bagi likaliku hidup ya mang

Balas

dengan tenang pikiran mungkin akan cerdas membuat kepuusan iya mas :)

Balas

tapi cukup sulit mang kalo menenangkan pikiran, suka main ego.hehe
saya coba deh pakai cara ini jika membuat keputusan

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger