DESA CILEMBU

Mengenal dan mewaspadai gejala Flu

Sekarang virus flu semakin canggih bermutasi jadi berbagai jenis flu yang serius bahkan berujung pada kematian, seba itu jangan anggap entang penyakit Flu. 
Influenza adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang sangat mudah menular melalui udara dan pemakaian benda secara bersama dengan orang yang terkena flu. 
Ada jenis virus flu yang bersifat toksis yang artinya flu yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pada sistem pencernaan, saluran pernapasan, sistemotot rangka, peredaran darah dan radang, sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan flu secara khusus, yang beredar dipasar adalah obat yang hanya menghilangkan gejalanya saja, antibiotik berguna untuk membunuh bakteri jika terjadi infeksi sekunder, sedangkan vitamin sebagai penjaga stamina tubuh, untuk pencegahan penyakit flu ini sangat mudah, hanya menjaga kebersihan,istirahat yang cukup, serta mengkomsumsi makanan yang bergizi tinggi.
Mengenal dan mewaspadai gejala Flu
Mari kita Mengenal dan mewaspadai gejala Flu yang terdapat beberapa jenis, diantaranya adalah:
  1. Flu Tulang, penyebabnya adalah Parvovirus B19 yang menyebabkan nyeri pada otot dan tulang, flu jenis ini hampir sama dengan Cikungunyah, gejalanya adalah ngilu dan nyeri pada persendian otot, menggigil, danpada saat bangun tidur badan terasa kaku yang diakibatkan reaksi antibodi yang melawan antigen virus, kadang muncul bercak merah pada mulut dan kulit. kebanyakan penderita flu tulang ini diderita oleh para lansia dan dapat berangsur baik selama kurang lebih 2hingga 3 minggu, meskipun demikian konsultasi pada dokter menjadi sangat penting, jika mengalami gejala flu tulang seperti penjelasan diatas.
  2. SARS (Servere Acute Respiratory Syndrome), Atau lebih dikenal dengan syndrom pernapasan akut, digolongkan pada radang paru-paru. Gejala SRAS sama dengan flu biasa, hanya penderita merasa kaku otot, diare, bercak merah pada kulit disertai sesak napas. Pada stadiumyang cukup parah penderita harus memakai alat bantu pernapasan, cara penyebarannya dapat melalui udara dan pemakaian benda secara bersama dengan penderita SARS, Obat yang dikonsumsi adalah berupa ribavirin dan suntikan steroid untuk memperbaiki kondisi fisik penderita secara umum.
  3. Flu Perut, Gejala yang terjadi pada penderita yang mengalami gangguan flu perut adalah mengalami mual-mual, diare, mulas, nyeri pada ulu hati, nafsu makan menurun, dan terganggunya fungsi usus, sehingga pencernaan menjadi terganggu yang mengakibatkan perut penuh dengan gas, bahkan dapat kekurangan cairan. Cara mencegahnya dengan menjaga kebersihan lingkungan, makan makanan bergizi dan dapat ditambah dengan obat sakit perut.
  4. Flu Burung, influenza yang diakibatkan oleh virus H5N1 dan H9N2 sebetulnya adalah penyakit flu yang diderita oleh unggas, tetapi penyebarannya yang sangat cepat dapat menjangkiti manusia, dengan gejala yang terjadi adalah, demam yang tinggi, batuk disertai mata memerah, Flu burung ini merupakan penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi, untuk mencegahnya adalah: Orang yang memasuki peternakan atau peternaknya itu sendiri harus selalu memakai masker jika terdapat gejala flu burung pada ternak kita. Kandang dankotoran unggas harus selalu dibersihkan dan dilokalisasi dan tidak dapat dimasuki sembarang orang
  5. Hindari makan daging unggas yang dicurigai terdeteksi terkena penyakit flu burung.
Semoga setelah membaca Mengenal dan mewaspadai gejala Flu,kita menjadi lebih waspada dan berupaya selalu menjaga kebersihan terutama bagi anak-anak kita, karena anak-anak sangat rentan terhadap penyakit Flu karena stamina tubuh mereka masih lemah.
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

Biar bbisa terhindar dari hgelaja flu di musim yang tidak menentu ini cukup lumayan juga tipsnya.

Balas

Pas bangad momennya, kebetulan lagi peralihan musim dan biasanya virus pun ikut menyertai. Salah satunya yang adalah gejala flu. Dengan adanya tulisan ini, kewaspadaan perlu di tingkatkan lagi.

Balas

wah, jadi tambah wawasan lagi tentang ilmu kesehatan, khususnya virus flu yg sekarang lagi heboh di beritakan,, thx mang inpona

Balas

lumayan lah mang dari pada saya manyun mah kan :ng

Balas

musim pancaroba, musim gampang sakit, maklum dari hujan jadi panas kan mesti adaptasi lagi

Balas

mayan kan bisa buat nambahin beli bensin dah

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger