DESA CILEMBU

Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang

Alun-alun Tanjung Sari - SumedangTerletak hanya 7 Km dari Desa Cilembu, adalah taman kota yang terletak sebelah Utara persis di depan Masjid Agung Tanjung Sari, sebelah Timur tepat berhadapan dengan kantor kecamatan Tanjung Sari, sebelah Barat berbatasan dengan Puskesmas Tanjung Sari, sebelah selatan di penuhi oleh toko-toko yang telah ada sejak tahun 1960 an.
Masjid Agung Tanjung sari yang tepat berada di depan Alun-alun TanjungSari - Sumedang  pada saat mudik dan arus balik lebaran 1 Syawal pada setiap tahunnya merupakan rest area yang paling ideal bagi para pemudik yang menuju Majalengka,Cirebon, Jawa Tengah dan Jawa Timur lintas tengah pusat.
Tugu dan Mesjid Agung Alun-alun Tanjungsari  Sumedang adalah ikon dari alun-alun Tanjungsari ini selain dari pada itu, mesjid Agung ini adalah pusat dari syiar Agama Islam di Wilayah Sumedang Selatan, yang kini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi bagi warga sekitarnya.
Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang
Tugu Alun-alun Tanjung sari - Sumedang
Lima ratus meter dari Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang terdapat pasar Tembakau (Bako) yang sebelumnya berada di Desa Mariuk dan pasar tembakau ini lebih dikenal dengan pasar Bako Oprongan, pada tahun 1965 pasar bako omprongan yang berada di distrik Tanjungsari Desa Mariuk pindah ke dekat Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang, yang hingga sekarang berada.
Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang
Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang
Fasilitas umum yang disediakan oleh pengelola selain dari pada masjid Agung tentunya, fasilitas yang di sediakan di Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang, beberapa diantaranya adalah:
  • Tempat bermain anak-anak, (ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain)
  • Therapi batu, (mang +Reo Adam pernah pingsan setelah menginjak batu therapi ini...disini, alun-alun Tanjungsari, tempo hari)
  • Lapangan bola voly,
  • Jajanan Pasar,
  • Kursi taman
  • Rekreasi Kuda kepang. 
Demikian sekilas gambaran umum Alun-alun Tanjung Sari - Sumedang semoga berguna.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

rame juga yah di alun alun tanjung sari teh, selain dekat dengan mesjid juga ada sarana bermain buat anak-anak.. kalau ditempat sayamah alun-alun itu identik dengan tempat pacaran wkwkwk..

Balas

masjid memang tempat yg sering dijadikan sebagai tempat istirahat, emang nyaman banget setelah perjalanan jauh gogikeran dulu di masjid,,, apalagi kalo ada tempat bermain u/ anak2,,,

Balas

berarti waktu pacaran di alun-alun Ciwidey atuh yah?

Balas

bisa nyantey kaya di pantey deh yah...:ng

Balas

Kita-kira kalau malam hari, alun-alunnya jadi tempat ngumpul anak muda alias mojok gak yah. :D

Balas

ngga sih kang..kan persis didepan masjid agung, masa hiyah sih mojoknya disini :ng

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger