DESA CILEMBU

Berbuka puasa sebelum waktunya

Jika kita mendapati mesjid penuh dengan jamaah terawih, warteg, rumah makan tutup pada siang hari, lokalisasi tutup, tidak ada asap rokok di siang hari.
Kita katakan bahwa ini adalah awal puasa, masih banyak yang menghargai bulan ramadhan, dengan cara tidak menampakkan diri bahwa mereka tidak berpuasa.
Namun kenyataannya sesuai seperti tahun-tahun yang lalu suasana seperti diceritakan diatas hanya bertahan seperempat bulan atau paling lama hanya setengah bulan...setelahnya suasananya kembali seperti semula. 
Berbuka puasa sebelum waktunya
Jamaah mesjid mulai berkurang, warteg dan rumah makan mulai secara terbuka melayani para calon penghuni neraka yang sengaja berbuka, orang muslim pun makin berani dan tidak merasa malu menampakkan diri bahwa dia tidak berpuasa.
Sungguh mereka yang berlaku demikian adalah calon penghuni neraka yang di janjikan Allah. Berbuka sebelum waktunya berbuka, berhenti puasa sebelum genap satu bulan. Ancaman Allah sangat jelas melalui hadist Rasulullah:
Bismillah... Abu Umamah rodhiyallahu'anhu menuturkan bahwa beliau mendengar Rasulullah Shollallaahu alayhi Wasallam bersabda:
  • Ketika aku tidur, aku didatangi oleh dua orang laki-laki,lalu keduanya menarik lenganku dan membawaku ke gunung yang terjal. 
  • Keduanya berkata: Naiklah...lalu kukatakan: Sesungguhnya aku tidak mampu.
  • Kemudian keduannya berkata: Kami akan memudahkanmu.... Maka akupun menaikinya sehingga ketika aku sampai di kegelapan gunung tiba-tiba ada suara yang sangat keras.
  • Lalu aku bertanya: Suara apakah itu?
  • Mereka menjawab: Itu adalah suara jeritan para penghuni neraka.
Kemudian dibawalah aku berjalan-jalan dan aku sudah bersama orang-orang yang bergantungan pada urat besar pada tumit mereka, mulut mereka robek, dan dari robekkan itu mengalir darah.
  • Kemudian aku (Abu Umamah) bertanya: Siapakah mereka itu?
  • Rasulullah Shallallaahu Alayhi Wasallam. menjawab: MEREKA ADALAH ORANG-ORANG YANG BERBUKA (MEMBATALKAN PUASA DENGAN SENGAJA) SEBELUM TIBA WAKTUNYA.
[Ibnu Khuzaimah dalam shaihnya 7/263, Al Hakim 1/595 dalam mustadroknya. Adz Dzahabi mengatakan bahwa hadistini shahih sesuai syarat Muslim namun tidak dikeluarkan olehnya. Penulis kitab Shifat Shaum Nabi (hal.25) mengatakan bahwa sanad hadist ini shahih]

Saudaraku berazamlah...untuk terus komitmen untuk menyempurnakan ibadah shaum...sungguh ajal itu dekat. Alangkah bahagia ajal menjemput saat kita berpuasa. Alangkah bahagia ajal tiba saat Allah mengampuni dosa yang kita perbuat.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

alhamdulillah saya belum pernah membatalkan puasa saya dengan sengaa pada kali ini , alhamdulillah juga ibadah dibulan ini lancar lancar sedikit

Balas

ngeri juga ya kalau berbuka bukan pada waktunya....ibu saya pernah mang mengatakan, kalau seorang lelaki mampu sengaja tidak puasa karena tidak ada sebab yang jelas, maka puasanya tidak bisa diganti...itu karena ia melalaikan puasa dengan sengaja dan kerugian besar buat dirinya....

Balas

saya mang yang kurang lancar....semoga aja ibadah kita dimudahkan dan diberi kenikmatan sehingga kita giat untk melaksanakannya.

Balas

buka puasa belum waktunya itu ga puasa tea ya mang, hadits Abu Umamah itu tepat banget, apalagi berikut keterangan derajat haditsnya.. paragrap terakhir nuhun pisan kang tausiahnya mengena sekali..

Balas

Alhamdulillah kalau di daerah saya rumah makan rumah makan tetap tutup sampai akhir akhir Ramadhan. Tapi memang ada juga beberapa orang yang nekat merokok. Begitulah akhir zaman, Kang. :)

Balas

Aaaammiiiiin...
kesempurnaan hanya milik Allah... ya kang

Balas

seperti saat ini yg ramai mall bukan masjid tuh kang.
moga kita bukan golongan orang seperti itu

Balas

yg penting kita selalu berusaha

Balas

neraka ganjarannya...makanya ibunya bilang begitu

Balas

Aaaaamiiiin..buat kita semua Ya Allah..aaaamiiin

Balas

Hatur nuhun pisan Mang atas Tausiyah diisi artikel ini.. semoga kita semua umat ISLAM Jangan sampai tidak Puasa di Bulan Ramdhan tahun ini.

Balas

Semoga kita semua termasuk orang yang selalu Beriman, dan selalu berhasil ya Mang+Mas.. :)

Balas

Amin Allah ya Robbulallamin :-bd

Balas

Semoga kita semua bukan termasuk orang yang seperti judul post ini ya Mang+Mbah...

Balas

Yuk kita doakan orang yang berbuka sebelum waktunya diberi petunjuk kejalan yang benar

Balas

Alhamdulillah akhirnyakang saud mampir kesini.
salam sehat dan ceria selalu kang.

aaamiiiin

Balas

diakhir ramadhan ini godaannya jauh lebih besar, THR baru dapet, mall lagi banyak discont, warung2 semakin brani buka2an, makanan di rumah juga mulai melimpah...mesti istiqomah dg puasanya

Balas

mengerikan, aku akan terus berpuasa dan tidak membatalkannya kecuali kebiasaan wanita tiap bulan

Balas

hiyah mang begituh maksud saya ge'...apanan kudu lebih istiqomah deh kan puasanya ya mang

Balas

wanita mah sangat wajar karena kodrat-nya begitu, nah itu tuh..yang lelaki...

Balas

Aaaamiiiin... :)

Balas

berdoa juga untuk kita sendiri agar puasanya mambrur

Balas

Alhamdulillah kalo saya pribadi berusaha agar tidak berbuka puasa sebelum waktunya Mang :)

Balas

Aamiin ... saya mau Buka puasa dulu ya semuanya...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger