logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Berbuka puasa sebelum waktunya

www.desacilembu.com
Jika kita mendapati mesjid penuh dengan jamaah terawih, warteg, rumah makan tutup pada siang hari, lokalisasi tutup, tidak ada asap rokok di siang hari.
Kita katakan bahwa ini adalah awal puasa, masih banyak yang menghargai bulan ramadhan, dengan cara tidak menampakkan diri bahwa mereka tidak berpuasa.
Namun kenyataannya sesuai seperti tahun-tahun yang lalu suasana seperti diceritakan diatas hanya bertahan seperempat bulan atau paling lama hanya setengah bulan...setelahnya suasananya kembali seperti semula. 
Berbuka puasa sebelum waktunya
Jamaah mesjid mulai berkurang, warteg dan rumah makan mulai secara terbuka melayani para calon penghuni neraka yang sengaja berbuka, orang muslim pun makin berani dan tidak merasa malu menampakkan diri bahwa dia tidak berpuasa.
Sungguh mereka yang berlaku demikian adalah calon penghuni neraka yang di janjikan Allah. Berbuka sebelum waktunya berbuka, berhenti puasa sebelum genap satu bulan. Ancaman Allah sangat jelas melalui hadist Rasulullah:
Bismillah... Abu Umamah rodhiyallahu'anhu menuturkan bahwa beliau mendengar Rasulullah Shollallaahu alayhi Wasallam bersabda:
  • Ketika aku tidur, aku didatangi oleh dua orang laki-laki,lalu keduanya menarik lenganku dan membawaku ke gunung yang terjal. 
  • Keduanya berkata: Naiklah...lalu kukatakan: Sesungguhnya aku tidak mampu.
  • Kemudian keduannya berkata: Kami akan memudahkanmu.... Maka akupun menaikinya sehingga ketika aku sampai di kegelapan gunung tiba-tiba ada suara yang sangat keras.
  • Lalu aku bertanya: Suara apakah itu?
  • Mereka menjawab: Itu adalah suara jeritan para penghuni neraka.
Kemudian dibawalah aku berjalan-jalan dan aku sudah bersama orang-orang yang bergantungan pada urat besar pada tumit mereka, mulut mereka robek, dan dari robekkan itu mengalir darah.
  • Kemudian aku (Abu Umamah) bertanya: Siapakah mereka itu?
  • Rasulullah Shallallaahu Alayhi Wasallam. menjawab: MEREKA ADALAH ORANG-ORANG YANG BERBUKA (MEMBATALKAN PUASA DENGAN SENGAJA) SEBELUM TIBA WAKTUNYA.
[Ibnu Khuzaimah dalam shaihnya 7/263, Al Hakim 1/595 dalam mustadroknya. Adz Dzahabi mengatakan bahwa hadistini shahih sesuai syarat Muslim namun tidak dikeluarkan olehnya. Penulis kitab Shifat Shaum Nabi (hal.25) mengatakan bahwa sanad hadist ini shahih]

Saudaraku berazamlah...untuk terus komitmen untuk menyempurnakan ibadah shaum...sungguh ajal itu dekat. Alangkah bahagia ajal menjemput saat kita berpuasa. Alangkah bahagia ajal tiba saat Allah mengampuni dosa yang kita perbuat.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger