DESA CILEMBU

Mbah Asrori

Mbah Asrori Pejuang Sedekah sang penakluk hati - berbeda dengan orang-orang pada umumnya yang baru berusia 40 - 50 tahun orang kaya yang hidup dalam kemewahan, tetapi uangnya yang banyak menjadi tidak berarti dan sedikit-demi sedikit habis untuk berobat, wajahnya kuyu tidak bergairah, sangat tampak menua dari usia yang sebenarnya.
Berbeda dengan Mbah Ahmad Asrori seorang tua berusia 92 tahun pejuang sedekah berasal dari Semarang ini tetap tegap dan mantap dalam melangkah. Sepanjang jalan menuju studio TV One di Episentrum si mbah Asrori terus bercerita di dalam mobil yang menjemputnya, "Kulo lahir pas jaman londo ra'enak mas, tahun telulikur, kulo ngalami jaman londo, jaman jepang, jaman agresi militer, jaman PKI, kulo ng'raksane' kabe'h", ujar si mbah Asrori bercerita tentang masa mudanya tiada berhenti sepanjang perjalanan.
Terjemahan: "Aku lahir pas jaman Belanda, ngga enak mas, Tahun 1923, Aku mengalami jaman Belanda, jaman Jepang, jaman agresi militer, jaman PKI, aku merasakan semua".
Mbah Asrori inilah seorang yang konsisten selama puluhan tahun membagi-bagikan nasi setiap hari jumat, tidak tanggung-tanggung, 150 bungkus dibagikan dari uangnya sendiri, rejeki hasil dari mengajar mengaji yang dilakukannya sendiri menggunakan sepeda berkeliling membagi-bagikan nasi bungkus, dalam waktu satu jam nasi bungkus sebanyak 150 bungkus itu habis di bagikan.
Subhanallah...
Mbah Arori
Sedekah yang dilakukan mbah Asrori ini dilakukannya sendirian selama bertahun-tahun...sungguh seorang pejuang sedekah sejati.
Saat di tanyakan apa rahasia panjang umurnya?
"Koe' kudu sedekah, silaturahmi, lan moco Al Quran", jawannya.
Mbah Asrori melanjutkan, pada setiap sore beliau mengajar ngaji untuk anak-anak di kampungnya hingga malam, jika siang hari, beliau berkeliling kemana beliau suka untuk bertemu dan menyapa siapa saja yang ditemuinya diperjalanan sambil menebarkan senyum lebar.
"Sopo sik nandur bakalan panen" ujarnya kemudian.
Siapa yang menanam kebaikan akan panen kebaikan dan keberkahan, begitu juga sebaliknya, jika menanam keburukan, akan datang saatnya panen keburukan juga.

Sesuai ajaran Rasulullah, betapa banyaknya manfaat bersedekah:
  • Mendatangkan rezeki
  • Menjauhkan penyakit,
  • Memanjangkan umur.
Diakhir acara di TV One, saya mencium tangan mulia si mbah Asrori, memeluk tubuh yang sudah berusia 92 tahun seperti bukti kebenaran pesan Rasulullah yang dikawal para malaikat terwujud ke seluruh tubuh tuanya mbah Asrori yang telah menembus ruang dan waktu berabad lamanya.
Baca juga:
Ada yang belum nonton?
Play Video
×
Semoga Mbah Asrori Pejuang Sedekah jadi inspirasi kita semua
Aaaaamiiiiin.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

41 komentar

kang saya pengen tau rahasia bpk ini mendapatkan uang. memnag sih kang sedekang membanyakan rizki. tapi secara caranya itu gimana ya. kalo dari ceritan ini siang ngajar sampai malam.

Balas

eh di komentarnya ada ucapan selamat. tapi kebalik hadiahnya harusnya buat saya lah bukan buat admin. hahahaha

Balas

oia, tau tuh mbah ansori, pernah liat juga di tv .. Jujur saja, jadi merasa malu dengan beliau, dengan semangat nya bekerja, beliau tidak pernah ada kata Lelah untuk beramal dan berbagi pada semua orang .. bener bener salu dengan beliau, dengan usia nya yang kini sudah tidak muda lagi, dia masih bersemangat untuk bekerja :') :'( |o|

Balas

benar2 salut dengan beliau :)

Balas

Udah jarang nonton acara televisi. Kisah Mbah Asrori saya tahu ketika membacanya di berbagai media online.

Balas

Patut dicontoh nih

Balas

Sungguh mulia sekali mbah asrori ini, dengan penghasilan dari hasil mengajar ngaji yang tak seberapa besar, ternyata bisa menyisihkan uangnya untuk bersedekah setiap jumat...

Balas

namun dibalik kesuksesaanya tentu ada perjuangan yang cukup keras ya kang dari mbah arori :D

Balas

itu setiap hari jumat beneran kang, tiap seminggu sekali ? hebat mbah satu ini, seharusnya pengemis malu dengan orang seperti ini.

Balas

Ternyata mamang masuk tv one ya... wah mantab surantab mang

Balas

Ini merupakan cambuk nih bagi kita yang masih muda yang masih pada sehat, yang seharusnya bisa berbuat lebih dari Mbah Asrori ini. Usianya udah 92 tahun ya mang, berarti dapet bonusnya mayan banyak juga tuh

Balas

pastinya mas, ada proses yang harus dilalui dan itu belum tentu mudah

Balas

subhanallah...itu orang tua dermawan sekali....tinggal kita sebisanya mengikuti jejak beliau dan yang anehnya, toh beliau tidak pernah jatuh miskin karena itu ya mas...sungguh berkah yang luar biasa.

Balas

iya...yang tua segitu aja bisa membagikan nasi bungkus tiap jumat. saya juga pernah dengan orang yang dermawan akan dipanjangkan umurnya untuk terus berbuat baik bagi kemaslahatan umat kang.

Balas

luar biasa sekali ya, sosok mbah asrori ini

Balas

Bersedekah itu juga perlu latihan secara kontinu sehingga menjadi sebuah kebiasaan seperti mbah asrori ini. Saya yg msh muda dan satu kota asal semarang malu belum bisa spt beliau...

Balas

wuih bener2 suatu perjalanan hidup yg penuh hikmah nih yakang,mbah asrori memang patut dijadikan inspirasi.
susah banget nyari orang yg bisa bersosila kayak gini.
ternyata sedekah,silaturahim dan baca alquran itu banyak banget manfaatnya yakang

Balas

komen saya keren kan?

Balas

maka dari itu mari kita menggalakkan ke-3 langkah diatas,seperti saat ini dong saya silaturahmi ke kakak tertua admin desa cilembu :D

Balas

itulah hebatnya mbah asrori

Balas

tuh dengerin tuh kalau orang tuwa lagi ngomong

Balas

hah?
mau mencoba mbah asrori?

Balas

ternyata walau usia nya Sudah Lanjut, semangat Mbah Ahmad Asrori dalam bersedekah tidak pernah surut ya Mang :-bd apalagi dilaksanakan nya sendiri membagikan Nasi bungkus sebanyak 150 bungkus dgn memakai Sepeda ... harus menjadi motivasi bagi kita semua tentunya sebagai generasi muda ...

Balas

harus menjadi motivasi bagi kita semuanya tentunya ya kang

Balas

mantaaaap kang :) jempol deh buat Kang Yanto xixixii

Balas

saya juga Kang, xixixii, walau kadang suka telat datengnya ... :)

Balas

beliau bersedekahnya hanya pada hari Jumat saja kang, hari lainnya sampai malam ngajar mengaji anak-anak hingga malam...makanya bacanya jangan judul, dan prolognya doang...isinya di lewatin atuh... =D

Balas

hehe...si Ratna kalo koment emang cuman mau pasang link doang kang (coba perhatiin deh komentar dia di blog-blog yang lain deh)....makanya jarang saya bw in balik...dia komentarnya males....kita juga maleslah buat ngunjunginya juga... begitu kan kang?

Balas

si Alya juga sama dengan si Ratna Sari, komentar cuman pengen pasang link doang.

Kepada semua blogger jangan di kunjungi blog yang komentarnya model begini ya...ngga beda dengan komentar..."nice info" dan sejenisnya gituh kan

Balas

mang yanto beda tipis sama kang Eka...salah minum obat, obat sakit perut kok buat ngobatin sakit kepala, coba?

Balas

komen mang yantopatut di kasih hadiah cipok basah nih
mang Eka dapet kecup kering dari aku deh :ng

Balas

kebesaran Tuhan terbukti, walaupun penghasilan tidak seberapa tapi beliau bertahun-tahun mampu bersedekah tanpa henti...secara nalar ngga mungkin banget kan, tapi kenyataannya mbah Asrori mampu melakukannya.

Balas

semangatnya dan kesehatannya tersebut menurut beliau berkat seringnya beliau bersedekah, mengaji dan bersilaturahmi dengan ikhlas katanya mah, maka mari kita berusaha keras untuk dapat melakukan ke tiga hal tersebut, dan semoga kita dapat mengikuti jejak beliau...aaaamiiiiin

Balas

hanya beda tipis informasi dari media online dan televisi itu teh kok mang

Balas

keikhlasan dan berbuat karena Allah yang menjadi hal terpenting mah mereunan ya

Balas

dan kitapun yang punya penghasilan lebih dari mbah harus lebih malu.. ;)

Balas

makanya mang Yono yang udah kliatan tuwa banget juga harus sedekah tiap hari jumat atuh mang....bukan begitu kan mbah?

Balas

Jadi itu rahasianya, sudah tua tapi semangatnya anak muda banget dan masih kuat pula mengayuh sepeda |o|

Balas

Wah cerita ini sungguh sangat menginspirasi kita sebagai anak cucunya.. Terima kasih mbah

Balas

iya mbah yanto...

Balas

sekarang mah orang orang udah kurang rasa kemanusiaanya, kalau mau dibantu ya harus ada duit. susah hidup zaman sekarang mah

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger