DESA CILEMBU

Pasar Bako Omprongan

Lebih dikenal dengan nama Pasar Bako Omprongan pada sebelumnya berada di Desa Mariuk distrik Tanjungsari, sekarang bernama Desa Margaluyu. Disebut dengan Pasar Bako Omprongan karena para pedagangnya membawa tembakaunya (bako) menggunakan pikulan yang disebut dengan OBLOK. Dipasar Bako Omprongan inilah kegiatan ekonomi warga pedagang dari daerah Cigasti, Cijambu, Cicalengka, Cilembu, Majalengka, Majalaya, dan diwilayah sekitarnya bahkan warga pedagang dari Garut bertransaksi tembakau berbagai jenis dan kualitas terjadi dipasar Bako Ompronga ini.
Pasar Bako Omprongan
Dalam perjalanannya, pedagang dan pembeli yang bertransaksi di Pasar Bako Omprongan semakin luas hingga datang dari wilayah luar Jawa Barat bahkan banyak yang datang dari Sumatera dan Kalimantan, atas dasar tersebut maka, oleh sebuah organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Gerakan Tani Indonesia (GTI), pada pertengahan tahun 1965 dipindahkan ke lokasi yang pada saat ini berada, di Dusun Lanjung, Desa Tanjungsari, persis dibelakang Kantor Kecamatan atau 200m dari Alun-alun Tanjungsari, dan berubah namanya menjadi Pasar Tembakau - Tanjung sari - Sumedang
Melalui Keputusan Bupati Sumedang, nomor 525.23/Kep.180-Huk/2002. Lokasi pasar ditetapkan di Jalan Pasar lama Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang memiliki luas 5.400 m2. selain dari pada itu dibangun juga:
  1. pasar lelang tembakau yang memiliki luas 2.700 m2 yang
  2. dilengkapi pula dengan kantor pengelola pasar, 
  3. tempat penyimpanan tembakau, 
  4. pos keamanan, 
  5. MCK,
  6. dibangun juga sebuah Sub terminal Agrobisnis (STA) tembakau,
  7. didalamSTA terebut dilengkapi dengan galeri, pusat informasi dan laboratorium
  8. dibangun juga lahan parkir yang luas.
Pada saat ini Pasar Tembakau Tanjungsari yang dahulunya bernama Pasar Bako Omprongan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Agribisnis Tembakau tanjungsari, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sumedang yang diberi nama Pusat Agrobisnis Tembakau (PAT) Tanjungsari.
Semoga info tentang Pasar Bako Omprongan (Pasar Tembakau - Tanjung sari - Sumedang) menambah wawasannya

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

Bau tau saya Mang Pasar Bako OMPONNGAN

Balas

Saya petamax lho Mang Lembu... keren Kan...?

Balas

Kalau gak kebeatan boleh Mamang ante saya ke Pasa Bako OMPRONGAN Mang...

Balas

keren Pak, saya koment di judul Skripsi nya mang lembu koment nya gak muncul2... nyoba ah disini muncul gak

Balas

mau beli bako ya pak, ntar saya minta ya pak xixixiii

Balas

ternyata ada pasar khusus untuk menjual Tembakau ya mang, sangat luas sekali pasarnya. pasti setiap harinya rame tuh. Mang Lembu pasti sering belanja ke Pasar Bako Omprongan yah...

Balas

nah disini mah langsung muncul uy koment nya, nambah lagi ah

Balas

ini jenis bako yang suka diisep sama aki-aki ya Kang :D
pernah juga sih ngerokok bako kLobot, tapi rasanya agak pahit. mungkin kaLo ngudutnya sambiL ngaca jadi manis kaLi ya :D

Balas

Wah hebat nih... di Sumedang ada khusus pasar tembakau.... jadi ini merupakan angin segar bagi petani tembakau dan ubu Cilembu ... :)

Balas

dua bapak-bapak tuwakoplak...salah minum obat

Balas

saya jaga pintu dan jerigen pertamax aja ya

Balas

padahal mah mau minta ubi ... ah, tipo hehehe

Balas

saya juga minta deh kalo gituh mah

Balas

tambah satu lagi orang tuwa, malah lebih nih

Balas

ngga sering banget sih mang...palingan kalu ada pesanan doangan belanjanya disitu

Balas

hiyah kalau langsung dilinting mah...kan bakonya dipasok ke pabrik rokokdi Kudus.. =D

Balas

lumayan kang, perekonomian seputarannya meningkat.

Balas

ouw begonooo, saya kira bako yang Langsung disuLut pake daun jagung. hampura akh, teu ngarti masaLah perbakoan :D =D

Balas

bako omprongan semuanya menjual tembakau kira2 ada nggak ya yg jual batu akik???

Balas

ada...kan saya yang jualannya

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger