logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Siapa yang paling soleh

www.desacilembu.com
Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling taqwa diantara kamu. (QS. Al-Hujurat. 49 : 13)
Dua orang laki-laki bersaudara, mereka sudah yatim sejak remaja, keduanya bekerja pada sebuah pabrik kecap. Mereka hidup sangat rukun dan sama-sama tekun belajar agama, mereka berusaha mengamalkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari secara maksimal.
Untuk dapatang ke tempat pengajian, mereka berdua acap kali harusberjalan kakai untuk dapat sampai ke rumah sang ustadz. Jaraknya sekitr 10 km dari tempat tinggal mereka.
Siapa yang paling soleh
Sang Kakak
Sang kakak berdoa memohon rezeki untuk membeli sebuah mobil agar dapat di pergunakan untuk sarna angkutan dia dan adiknya bila hendak pergi untuk mengaji. Allah mengabulkan doanya, jabatan di tempat kerjanya naik, dia pun menjadi kepercayaan sang Direktur, dan tak lama kemudian sang kakak mampu membeli sebuah mobil.
Tak lama sesudahnya sang Kakak berdoa kembali memohon seorang istri yang sempurna, Allah megabulkannya dengan menyandingkannya dengan gadis cantik yang solehah.
Kemudian berturut-turut sang Kakak beroda memohon kepada Allah akan sebuah rumah yang nyaman, dan banyak lagi keinginannya dengan niat agar dapat menjadi lebih ringan dalam mendekatkan dirinya kepada Allah, dan Allah selalu mengabulkan semua doa-doa sang Kakak.

Sementara sang Adik
Tidak mengalami perubahan apapun, hidupnya tetap sederhana, tinggal di rumah peninggalan orang tuanya yang dulu dia tempati bersama Kakaknya.
Namun karena Kakaknya sangat sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak lagi dapat mengikuti pengajian, mata sang adik sering kali harus berjalan kaki untuk mengaji kerumah guru mereka.
Suatu saat sang Kakak merenungkan dan membandingkan perjalanan hidupnya dengan perjalanan hidup adiknya. Dia teringat behwa adiknya selalu membaca selembar kertas saat dia berdoa, menandakan bahwa adiknya tidak pernah hafal dengan bacaan doa tersebut.
Lalu datanglah dia kepada adiknya untuk menasehati adiknya agar selalu berdoa kepada Allah dan berupaya untuk membersihkan hatinya, "Dik, sesungguh ketidak mampuan kita menghapal Al Quran, hadist dan bacaan doa, bisa jadi karena hati kita kurang bersih".
Sang adik mengangguk, hatinya tersentuh dan merasa sangat bersyukur sekali mempunyai Kakak yang begitu menyayanginya, dan dia mengucapkan terimakasih kepada Kakaknya atas nasehat itu.

Suatu saaat sang adik meninggal dunia, sang Kakak merasa sedih karena sampai meninggalnya adiknya itu tidak pernah mengalami perubahan pada nasibnya sehingga dia merasa yakin kalau adiknya itu meninggal dalam keadaan kotor hatinya sehubungan doa-doanya tidak pernah terkabul.
Sang Kaka mebereskan rumah peninggalan orang tuanya sesuai amanah sang adik untuk kemudian rumah tersebut di jadikan Mesjid.
Tiba-tiba mata sang Kakak tertuju pada selembar kertas yang terlipat dalam sajadah yang biasa di pakai oleh sang Adik yang ternyata kertas tersebut bertuliskan doa yang diantaranya adalah:
  • Al Fatihah
  • Shalawat,
  • Doa untuk guru mereka
  • Doa selamat dan 
Kalimat pada akhir doa tersebut Ya Allah tiada sesuatupun yang luput dari pengetahuan-Mu:
  • Ampunilah aku dan Kakak-ku
  • Kabulkanlah segala doa-doa Kakak-ku
  • Jadikanlah Kakakku selalu dalam lindungan dan cinta-Mu
  • Bersihkanlah hati ku dan berikanlah kemuliaan hidup untuk Kakak ku didunia dan diakherat.
Sang Kakak berlinang air mata dan mengharu biru memenuhi dadanya, dia telah salah menilai adiknya, tak dinyana dan di duga ternyata adiknya tak pernah sekalipun berdoa untuk memenuhi nafsu duniawinya. Kekayaan, kemiskinan, kebaikan, keburukan dan setiap musibah yang menimpa manusia merupakan ujian Allah SWT yang di berikan kepada hambanya itu semua bukanlah kemuliaan atau kehinaan seseorang.
Janganlah bangga karena kekayaan dan janganlah putus asa karena kemiskinan
Cerita Siapa yang paling soleh ini mudah-mudah dapat menjadi inspirasi bagi kita dan semoga dapat menjadi hikmah bagi kita semua.
Aaaaamiiiiin

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | DMCA.com Protection Status | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger