DESA CILEMBU

Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar

Lusa akan datang Idul Fitri, akan banyak terucap dan tertulis MOHON MAAF LAHIR dan BATIN, seolah-olah Idul Fitri hanya khusus dengan ucapan seperti itu.
Salah kaprah yang telah menjadi parah dikalangan masyarakat muslim kita, sebab idul Fitri bukanlah waktu yang dikhususkan untuk saling maaf memaafkan. Memaafkan dan meminta maaf bisa dilakukan kapan saja tidak terpaku pada hari raya Idul Fitri. Demikian Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam, mengajarkan kepada kita
Tidak ada satu ayat Al Quran ataupun sebuah Hadist yang menunjukkan keharusan mengucapkan MOHON MAAF LAHIR dan BATIN saat hari raya Idul Fitri.
Ucapan keliru dan kurang pas yang sering diucapkan pada hari raya idul Fitri, adalah:
  • MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN, Artinya: Kita kembali dan meraih kemenangan. KITA MAU KEMBALI KEMANA? (Apa pada ketaatan atau kemaksiatan?)
  • Meraih KEMENANGAN...Kemenangan apa?, Apakah kita menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat keburukan?
  • Satu hal yang harus dimengerti, setiap kali ada yang mengucapkan: MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, lalu diikuti dengan kalimat: MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. karenamungkin kita MENGIRA artinya dalah KALIMAT SELANJUTNYA.
Sungguh sebuah kekeliruan yang menjadi BUDAYA warga muslim kita.
Coba saja sampaikan kalimat itu pada saudara kita seiman di Pakistan, Turki, Saudi Arabia atau negara negara muslim lainnya, mereka semua pasti pada...Mlongo...bingung dan jadi pada Bego, mendengar ucapan salam kita kepada mereka...hehehe...
Seperti yang di terangkan diatas, dari sisi makna kalimat sangat salah dan keliru, sehngga sudah selayaknya jika oleh kita dan dimulai dari diri kita untuk menghindari kalimat-kalimat ngga penting tersebut.
Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar
Ucapan yang lebih baik dan di contohkan para sahabat Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam. yaitu:
  1. TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM (semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)
jadi lebih baik, ucapkan: 
Barakallahu fiikum..
By Ust. Arya A Adham

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

34 komentar

yia betul bos, tapi untuk menghilangkan ucapan-ucapan seperti itu susah, soalnya banyak banget yang sengaja ataupun tanpa sengaja menggunakannya, contohnya pada iklan-iklan di tv ataupun di radio, semuanya melihat semua juga dengar, yia susah to... jadi yia benar apa yang dikatakan si Bos, sebuah cara yang jitu yia di mulai dari diri kita yang tahu...

Balas

emang sudah jadi budaya bagi kita semua, rada sulit untuk dihilangkan jika bukan dari kita duluan mah.
terimakasih sudah mampir, lama juga ngga silaturahmi ya mang.
salam sehat dan ceria selalu.
SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

Balas

SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1436 H MANG, TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM... :)
MINTA ANGPAOW AH ... :)

Balas

Makasih informasi nya kang.. jadi tau yang mana yang benar..

Balas

Waduh, padahal saya udah bikin disain kartu ucapan selamat hari raya buat diposting di Blog nanti. Wah kata-kantanya harus diedit lagi atuh, Mang. Baiklah.

Balas

Bener itu, Mas. Saya juga udah beberapa kali membaca artikel yang menyatakan kalo ucapan MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN itu tidak ada dalam ajaran islam. Saya kalau berlebaran sambil salaman ngucapin maaf pake bahasa Indonesia atau bahasa Jawa aja :D

Balas

TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM...semoga kita semua mendapat ridho Allah SWT dan mendapat berkah kebaikan dunia akhirat...amin yaa Robbal alamin.

Balas

tuh kan....
mangkanya,edit yang begini ya SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

Balas

jangan lupa bawa kresek mang,buat ngutipin kripik ubinya

Balas

kalo pake kresek kurang gede kang... :D

Balas

Selamat hari raya Idul Fitri buat semua yang merayakannya dan kebetulan mampid dimari....Mohon maaf lahir dan batin

Balas

Saya rasa besok akan datang hari kemenangan Agama Islam..
Dan saya ucapkan TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM, semoga amal kita dapat diterima dengan baik di mata allah..
Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahirdan batin

Balas

Mohon Maaf lahir batin kang. semoga kita semuanya kemabi kepada kesucian. aamiin

Balas

TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM (semoga Allah menerima amalku dan amal kalian). aamiin

Balas

saya biasanya salah ya. hehehe

Balas

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ وَجْعَلْنَا مِنَ الْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

Balas

kalm mang, udah di siapin katung kok...asal kuat ajah bawanya....ubi cilembu mentah kan?

Balas

sama-sama atuh mang....suka kan?

Balas

kalau pake bahasa inggris, akang dan pendengarnya ngga bisa ya mang?

Balas

jangan di edit mang, kalau ngga malu mah

Balas

SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

Balas

sama-sama kang.
SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

Balas

SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

Balas

sama-sama kang....makasih kopasannya

Balas

SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

Balas

Tanpa mengurangi rasa hormat, tersajikan dua kalimat berbeda dengan makna yang berbeda pula yg dibawah ini mang.
Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin ya *sungkem*

Balas

TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM ya kang mohon maaf kalau selama ini saya berbuat salah baik dari ucapan saya ataujuga perbuatan yg kurang menyenangkan.

Balas

"Taqabbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian" Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H. Semoga diampuni segala kesalahan juga diterima amalan baik kita. Mohon maaf lahir batin.

Balas

wah baru tahu nih makasih ya mang :)
Taqobbal Allahu Minna Wa Minkum
Selamat Idul Fitri mang :)

Balas

MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN itu punya arti sendiri, bukan mohon maaf lahir batin. Selaamt lebaran, mohon maaf lahir batin. Sukses selalu.

Balas

Gak ada yang salah :) semoga kita benar-benar kembali suci dan dapat jumpa ramadlan kembali. Semoga kita dapat mempertahankan hasil dari bulan ramadlan, selalu dan selalu menjadi lebih baik lagi.

Balas

saya juga mengetahui hal ini, sewaktu ikut pengajian di cilacap.
kata ustadz nya, bahwa ucapan
minal aidzin wal faidzin
diucapkan (sahabat atau rasulullah) ketika pulang dari medan perang.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger