logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar

www.desacilembu.com
Lusa akan datang Idul Fitri, akan banyak terucap dan tertulis MOHON MAAF LAHIR dan BATIN, seolah-olah Idul Fitri hanya khusus dengan ucapan seperti itu. Salah kaprah yang telah menjadi parah dikalangan masyarakat muslim kita, sebab idul Fitri bukanlah waktu yang dikhususkan untuk saling maaf memaafkan. Memaafkan dan meminta maaf bisa dilakukan kapan saja tidak terpaku pada hari raya Idul Fitri. Demikian Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam, mengajarkan kepada kita
Tidak ada satu ayat Al Quran ataupun sebuah Hadist yang menunjukkan keharusan mengucapkan MOHON MAAF LAHIR dan BATIN saat hari raya Idul Fitri.
Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar
Ucapan keliru dan kurang pas yang sering diucapkan pada hari raya idul Fitri, adalah:
  • MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN, Artinya: Kita kembali dan meraih kemenangan. KITA MAU KEMBALI KEMANA? (Apa pada ketaatan atau kemaksiatan?)
  • Meraih KEMENANGAN...Kemenangan apa?, Apakah kita menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat keburukan?
  • Satu hal yang harus dimengerti, setiap kali ada yang mengucapkan: MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, lalu diikuti dengan kalimat: MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. karenamungkin kita MENGIRA artinya dalah KALIMAT SELANJUTNYA.
Sungguh sebuah kekeliruan yang menjadi BUDAYA warga muslim kita.Coba saja sampaikan kalimat itu pada saudara kita seiman di Pakistan, Turki, Saudi Arabia atau negara negara muslim lainnya, mereka semua pasti pada...Mlongo...bingung dan jadi pada Bego, mendengar ucapan salam kita kepada mereka...hehehe...
Seperti yang di terangkan diatas, dari sisi makna kalimat sangat salah dan keliru, sehngga sudah selayaknya jika oleh kita dan dimulai dari diri kita untuk menghindari kalimat-kalimat ngga penting tersebut.
Ucapan yang lebih baik dan di contohkan para sahabat Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam. yaitu:
  • TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM (semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)
jadi lebih baik, ucapkan:
Barakallahu fiikum..
By Ust. Arya A Adham
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger