DESA CILEMBU

Belajar dari Kuburan

Kuburan atau makam adalah tempat peristirahatan terakhir bagi seseorang yang hidup dan yang beragama di Indonesia, seperti yang pernah diceritakan pada artikel sebelumnya tentang upacara penguburan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Padurenan Kota Bekasi, bahwa komplek pekuburan ini diperuntukkan bagi seluruh warga umat Kristen dan warga umat Islam yang berada di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan disekitarnya.
Belajar dari Kuburan (Pemakaman)
Toleransi yang terjadi diantara dua umat beragama yang berbeda agama yang menempati komplek kuburan (Pemakaman) ini terlihat:
  • sangat harmonis dan bersahaja,
  • tidak ada iri dan dengki diantara mereka,
  • tidak ada mata yang saling curiga diantara mereka,
  • tidak pernah sekalipun diantara kedua umat berbeda agama ini perasaan benci dan dendam,
  • tidak sekalipun diantara keduanya merasa agama yang mereka anut adalah yang terbaik dan paling mulia,
Mereka hidup berdampingan dengan satu tujuan yaitu menghadap-Nya, sama-sama mempertanggung jawabkan segala apa yang telah mereka perbuat selama mereka hidup didunia, jika mereka berbuat baik selama hidup didunia, pasti akan mendapatkan kebahagiaan, demikian juga sebaliknya.
Belajar dari Kuburan (Penguburan)
Menjadi sangat miris jika kemudian kita yang masih diberi kesempatan oleh sang Maha Pencipta untuk memperbaiki diri menjadi umatnya yang baik dan dapat hidup secara berdampingan dengan sesama walaupun berbeda keyakinan hingga:
  • harus berseteru,
  • berperang,
  • saling menghujat
  • saling membakar memperebutkan pepesan kosong yang nggak jelas juntrungannya
Padahal tidak ada satupun Nabi-Nabi sang pembawa ajaran Agama yang memberikan contoh tersebut diatas pada umatnya.
Mari kita semua umat yang berbeda Agama apapun untuk belajar dari Kuburan (Pemakaman) ini.


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

kan gak lucu kalau bikin keributan di kuburan

Balas

=D
kang denny...salah minum obat

Balas

harusnya obat apa nih mang lembu

Balas

obat panu di minum atuh

Balas

waduhhh... hahha lagi kurang bahagia inih :)

Balas

nggak bahagia, kenapa atuh kesinih? =D

Balas

Memang Betul juga sih Mang,,, yang namanya bertengkar, berseteru, berkelahi, Saling Menjelek-jelekan dan menghujat itu tidak baik.. apalagi merasa paling benar sendiri dan orang lain dianggap salah terus... lebih baik hidup damai, berdampingan, saling harga menghargai, saling tolong menolong, saling pengertian ya Mang... :)
Lagi dapet tugas ngecor jalan deket kuburan ya Mang ? ... koq gak takut sih mang heheheheeee...

Balas

siapa yg Panuan Mang ?... :D saya mah nggak lho... beneran deh...

Balas

pekerjaan jadi kuli mah emang pareatif banget mang.
sebentar di Istana Negara, sesaat kemudian di tengah kuburan....keren kan saya ya?

Balas

luah...itu yang di pantatnya, pas kemaren tak intip kliatan ada putih-putihnya...emang bukan panu yah?

Balas

Begitu lah yang terjadi sekarang ini mang. Sikap toleransi beragama seakan-akan hilang dengan adanya pembakaran tempat ibadah atau sejenisnya. Miris sungguh miris....

Balas

wah mang lembu hobi ngintip

Balas

Kuburan mengingatkan kita pada kematian. Kematian boleh menjemput kita bila-bila masa sama ada kita bersedia atau tidak.
Baru sahaja menerima perkabaran tentang kematian seorang sahabat..jadi lagi sedih :(

Balas
This comment has been removed by the author.

bener banget bang.... hidup cuma bentar udahlah jangan ribut mulu T_T

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger