DESA CILEMBU

Wajib Bela Negara

Senin (19/10/2015) Presiden Jokowi berencana akan meresmikan program Wajib Bela Negara kepada seluruh warga Negara Indonesia yang berusia 18 - 50 tahun untuk wajib mengikuti Bela Negara, di 45 Kabupaten dan Kota secara serentak dan akan mencanangkan 4.500 warga sipil akan menjadi pembina. Oleh karena itu maka seluruh warga Indonesia diwajibkan untuk mengikuti Bela Negara ini tidak perduli siapapun, dari pejabat hingga rakyat jelata, jika dia berusia 18 sampai dengan berusia 50 tahun wajib mengikuti Bela Negara di bawah komando Kemenenterian Pertahanan.

Jadi sebelum kita larut dengan pro dan kontra pada program Bela Negara ini, sebaiknya mari kita berpikir positif pada niat pemerintah dan pahami lebih dalam Bela Negara yang akan segera dilaksanakan.
Untuk awalannya silahkan membaca artikel wajib bela negara dibawah ini sampai tuntas.
Wajib Bela Negara
Bela Negara ala Indonesia
adalah sikap dan prilaku warga negara Indonesia yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara Kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya dan tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat pembelaan diatur oleh Undang-undang.
Kesadaran bela negara pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. spektrumnya bisa dimulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata dari musuh bersenjata yang tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.
Unsur dasar Bela Negara.
  • Kesadaran berbangsa dan bernegara
  • Cinta Tanah Air
  • Rela berkorban untuk bangsa dan negara
  • Yakin akan Pancasila sebagai idiologi bangsa
  • Memiliki kemampuan awal untuk bela negara
Contoh bela negara
  • Belajar dengan rajin bagi seluruh pelajar,
  • Taat akan hukum dan seluruh aturan negara,
  • Melestarikan budaya bangsa
  • Mencintai produk-produk dalam negeri
Mendengar dan melihat tayangan televisi swasta dimana 87 karyawan BNI telah mengikuti wajib Bela Negara, mereka diberikan pelatihan fisik dan mental serta pengetahuan dasar bela negara dengan disesuaikan dengan kemampuan dan profesi masing-masing dengan tujuan akhirnya adalah agar para peserta bela negara tersebut menjadi:
  1. lebih nasionalis,
  2. cinta kepada tanah air Indonesia sehingga diharapkan seluruh warga Indonesia menjadi warga negara yang siap untuk membela tanah airnya sampai titik darah yang penghabisan seperti yang telah dilakukan oleh para pahlawan pada jaman penjajahan, yang implementasi disesuaikan dengan kondisi  jaman sekarang dimana agar seluruh warga negara Indonesia berbuat yang terbaik atas apapun sesuai dengan profesinya untuk kemajuan dan kejayaan negara Republik Indonesia.
Demikian program Wajib Bela Negara yang pada senin 19/10/2015 akan dicanangkan oleh Presiden Jokowi bersama-sama Menteri Pertahanan Ryamizar Ryacudu.
YANG TIDAK MAU MENGIKUTI WAJIB BELA NEGARA, DIPERSILAHKAN UNTUK ANGKAT KAKI DARI BUMI REPUBLIK INDONESIA


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

44 komentar

seminggu lagi dong kang?
tapi kok saya belum dikasih tau ya sama pak RT? heu
memang sih pelatihan memang diperlukan juga agar kita bisa lebih bisa mencintaio tanah syurga ini. :)

Balas

Ngeri juga ya wajib militer ini, tapi demi kedaulatan NKRI dan rasa patriotisme yang tinggi, saya rela mang lembu berjuang membela kedaulatan NKRI.. Insya Allah ntar saya ngikuti senior..

Balas

Wajib Bela Negara bagi seluruh Masyarakat memang sangat diperlukan, agar lebih cinta, lebih sayang kepada Negaranya sendiri... Sehingga dalam menjalankan segala aktifitas sehari-hari bisa lebih nyaman dan percaya diri... Saya ikutan dong Mang... Boleh yaahh .... :D

Balas

"Taat akan hukum dan seluruh aturan negara", yang poin ini ni yg biasanya bisa di beli oleh penguasa dengan uang :D

Balas

Wajib Bela Negara ... tidak hy mengandalkan tni, polri, polpepe, apalagi ormas, partai.
Sbg warga negara dg ini saya menyatakan SIAP lah.

Siap mengikuti Pemerintah. Mengikuti Pemerintah, dpt mempersatukan warga, menghindari perpecahan umat, negara akan lbh kuat
Bela Negara .... Allahu akbar .... !

Balas

Wah... harus siap-siap nih. Ntar kena lagi.

Balas

kapan nih bela negara akan direalisasikan kang?
sebagai warga negara yg baik,saya siap melaksanakan

Balas

point dari hook kiri kan?

Balas

kan pak RT nya masih di Mekkah...lagi umroh tea

Balas

loch...kok saya doang, tetehngapain, coba?

Balas

Saya masih belum paham pelaksanaannya seperti apa, semoga bisa berjalan lancar aja deh.. Kalau sudah diwajibkan ya.. mau tidak mau harus mau

Balas

Gabung yuk mang?

Balas

gabung aja ndiri... =D

Balas

Kalau di Malaysia, ianya dinamakan Program Latihan Khidmat Negara...

Balas

baru tau ada rencana ini, thanks infonya kang

Balas

Semoga dengan adanya kegiatan wajib bela negara, menjadi libur nasional ya mang...jadi tanggal merah di indonesia bisa bertambah :D seneng banget... saya mau ikut bergabung... saya siap berdiri di belakang mamang...

Balas

Saya juga siap loh... demi kemajuan bangsa. harus rela berkorban demi bangsa... bukan dalam hal berperang, tapi dalam hal mematuhi peraturan dan mencintai produk dalam negeri...

Happy new year 1437 H....

Balas

saya nggak mau ada kang fazri dibelakang saya..ih..ih...emangnya saya cowo apaan, coba?

Balas

tujuannya mungkin sama ya kak, agar warga selalu mencintai Negara

Balas

ngumpet di kolong tempat tidur aja kang

Balas

19/10/2015 mang....kenapa gituh?

Balas

sedikit latihan yang tidak 100 persen seperti layaknya tentara dan pemberian materi agar peserta menjadi nasionalis sejati

Balas

lapor mas lembu :D follback sukses..

Balas

Saya belum mendengar ada pembatasan gender tentang bela negara ini, selama ini baru dengar range umur saja (bener gak?), kalau memang perempuan juga diwajibkan, jujur saya penasaran akan seperti apa, sepeetinya seru ^^

Balas

CINTA KPD TANAH AIR ITU WAJIB APALAGI BERSIKAP PATRIORITIK...

Balas

mamang nanti daftaarrr yaaa... :D

Balas

berdua dengan neng ayu, dong ah

Balas

tapi jika tanah airnya diisi oleh para pemimpin yang korup...males juga ah =D

Balas

waw ide yang sangat bagus sekali.
mulai dengan menggunakan produk dalam negeri aja ah.
kaya makan nasi padang bukan hot dog lebih kenyang. hehehe

Balas

sepertinya bakal banyak pahlawan terlahir nih.

Balas

da kita mah moal perang iyeuh nyak

Balas

seruh dong ah, beda tipis - lah sama sinetron Tukang bubur naik haji..gituh deh

Balas

lebih enak lagi makan nasi goreng, bukan nasi basi

Balas

siapa ibunya...siapa bapaknya, coba?

Balas

akang udah jadi blogger keren dong =D

Balas

saya juga akan membela negara, bukan hanya perang saja kan membela negara itu, belajar mencintai produk dalam negeri, belajar agar jadi orang pintar dan membanggakan indonesia, kemarin saya juga habis badminton melawan negara lain dan alhamdulillah menang yah saya badmintonnya, semoga saya masih bisa jadi kebanggaan indonesia.terimakasih mang lembu
hidup indonesia..

Balas

buka tapi upper cut kang, hahaha ... kok jadi macam2 jenis pukulan tinju?

Balas

boleh "mengekor" tapi di depan =D

Balas

Pegawai negeri itu yang wajib bela negara, biar perut nya tidak buncit-buncit. Kalau aku bela keluarga agar makan sehari tiga kali saja sudah ngos-ngosan.

Balas

Semua kalau bisa ya gan termasuk para petinggi petinggi dan yg kerjanya cuma tidur di waktu rapat..
Ini bagus sekali untuk warga kita supaya semua berani menghadapi peperangan,,

Balas

perasaan saya komentar ada 4 deh disini... koq tinggal 1 yah... hmmmmmm....

Balas

mang lembu siap pelatihan bela negara gak nih?

Balas

nunggu mang denny duluan ah

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger