DESA CILEMBU

Awal Kisah Pinisi Nusantara

Awal Kisah Pinisi Nusantara - Pinisi Nusantara sebuah kapal laut yang kemudian menjadi kapal kebanggaan dan sebagai ciri bagi bangsa Indonesia sebagai bangsa Maritim. Pada awalnya Pinisi Nusantara akan di beri nama Amanna Gappa yang adalah nama pelaut yang meletakkan dasar hukum laut dunia, dan atau akan di beri nama Sawergading,  legendaris dalam hikayat I La Galigo, nama Amanna Gappa dan Sawergading ini adalah sebuah lakon dari Sulawesi.
Setelah meminta persetujuan Presiden Soeharto waktu itu (1986) kedua nama tersebut di tolak dan kemudian Presiden Soeharto memberi nama Pinisi Nusantara.
Kapal Pinisi Nusantara awalnya dibangun untuk dipamerkan dalam Vancouver Expo 86 di Canada yang diikuti oleh hampir peserta seluruh negara.
Awal Kisah Pinisi Nusantara
Kapten Gita Ardjakusuma adalah kapten pertama yang memimpin Pinishi Nusantara mengarungi laut lepas menuju Canada untuk mengikuti Expo, padahal rencana awal dari pembangunan Pinisi Nusantara ini dibangun sedemikian rupa sehingga dapat dibongkar pasang, kemudian potongan-potongan kapal Pinisi Nusantara ini di masukkan ke dalam kotak kemudian di kirimkan lalu dirakit ulang di acara dunia tersebut.
Baca juga :
Tetapi atas pertimbangan bahwa sejak jaman dahulu Nusantara telah terkenal sebagai bangsa maritim, maka rencana awal pembangunan kapal laut Pinisi Nusantara dirubah dengan membangun kapal seperti biasanya dan kemudian Kapten Gita Ardjakusuma yang bersedia menjadi kapten kapal untuk mengarungi Samudra luas, dan setelah pelayaran maut tersebut berhasil, maka Indonesia sebagai negara Martitim pun tidak di ragukan lagioleh bangsa lain.
Demikian Awal Kisah Pinisi Nusantara semoga nambah ilmu.
disarikan dari berbagai sumber.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Cipok Kering buat Admin....

Balas

pengen yang basah atuh ah :)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger