logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Bangunan Suci Prabu SILIWANGI

www.desacilembu.com
Gunung TAMPOMAS adalah sebuah gunung yang terletak di sebelah Utara kota Sumedang, Jawa Barat. Gunung dengan jenis stratovolcano ini memiliki ketinggian 1684 Dpl dengan banyak sumber mata air panas (di manfaatkan sebagai taman wisata air panas Desa Cileungsing, kecamatan Conggeang.

Gunung TAMPOMAS - Bangunan Suci Prabu SILIWANGI, sebelum dikenal dengan nama gunung Tampomas, konon masyarakat menyebutnya dengan gunung Gede, ada juga yang menyebutnya sebagai gunung Geulis, pada sekitar abad ke-15 gunung ini dianggap sebagai gunung Mahameru nya kerajaan Sunda karena gunung ini selalu dijadikan sebagai tempat untuk melakukan istadewa yaitu istilah untuk para prabu untuk menyatu dan memuja para dewa, orang Sunda biasa menyebutnya dengan ngahyang.

Pada abad ke-17 gunung ini pernah meletus dan meluluh lantakkan kota Sumedang, agar gunung Tampomas tidak meletus lagi, maka Pangeran Sumedang Prabu Geusan Ulun menancapkan sebuah pusaka yang bernama Pendok Emas, sejak itulah gunung ini bernama Gunung Tampomas. yang artinya Tampomas (nampa emas = menerima emas).
Bangunan Suci Prabu SILIWANGI
salah satu sudut desa di punggung Gunung Tmpomas

Menurut budayawan Sumedang, di Jawa Tengah atau di Jawa Timur terdapat banyak Candi adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut bangunan atau tempat suci keagamaan, di Jawa Barat sesungguhnya ada dan banyak Candi (tempat ibadah suci keagamaan), terutama di wilayah Sumedang khususnya di Gunung Tampomas disebut dengan kabuyutan.

Di Gunung Tampomas terdapat banyak kabuyutan, salah satunya adalah kabuyutan Sahyang Taraje(berupa bangunan berundak terbuat dari batu berjumlah empat teras), terletak di kawasan hutan pinus dan termasuk kewilayah Desa Cibeureum, kecamatan Cimalaka, Sumedang.
Letak kabuyutan Sahyang Taraje berada pada sebuah dataran disalah satu gugusan puncak Gunung Tampomas. Situs kabuyutan Sahyang Taraje terdiri dari tiga bagian, yaitu Batu kukus dan Pabeasan dengan teras yang berundak-undak.
Disebelah Selatan kabuyutan Sahyang Taraje terdapat situs kabuyutan Puncak Manik ditempat inilah pernah ditemukan arca Ganesha, arca binatang dan arca batu tumpeng

Gunung Tampomas, Bangunan Suci Prabu SILIWANGI - ingin mengetahui lebih dalam, silahkan meuju ke Petilasan Prabu Siliwangi


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger