DESA CILEMBU

Embung Andalan Petani Sumedang

Embung adalah kolam penampungan kelebihan air hujan pada masa musim penghujan yang dapat digunakan paa saat musim kemarau. Saat kemarau, Embung menjadi solusi pertanian yang sangat diandalkan para petani Sumedang.
Sejatinya Embung diairi oleh air hujan yang mampu disimpan atau dijadikan cadangan pada musim kemarau, Embung di Sumedang sebagian besar diairi dari mata air. Sekarang sudah banyak Embung yang diairi dari hasil pipianisasi yang kapasitas airnya lebih terjamin daripada mata air saja.
Saaat ini telah terpenuhi warga di Ujungjaya yang telah mendapatkan bantuan untuk membuat Embung demi tersedianya air pada saat musim kemarau tiba, sebab pertanian di Kecamatan Ujungjaya lebih banyak pertanian tadah hujan.
gbr.bamboeroentjing.com
Ada 5700 hektare sawah tadah hujan di Sumedang, selain mengandalakan Embung yang langsung dialirkan ke persawahan, air Embung juga bisa menyuplai irigasi.
Meski kebutuhan Embung di beberapa wilayah dibutuhkan namun perlu ada kajian teknis pertanian mengenai jenis dan karakter tanah yang cocok di buat dengan tanah berstektur liat berlempung.
Sementara pada tanah berpasir yang mudah meresapkan air sangat tidak dianjurkan dibuat Embung. Di Sumedang, karakter tanah iniada di Tomo, Tanjungkerta, dan Buahdua. Di Ujung jaya masih dapat ditoleransi untuk dapat dibuat Embung.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

Ini baru kreatif, jadinya semakin banyak opsi untuk mendapat air yang nantinya berguna untuk mengairi sawah.

Balas

Kalau ditempat saya ga ada Kang mungkin karena faktor dekat air jadi para petani disini ga pernah bikin seperti itu.

Balas

kalau ditempat saya ada juga kolam semacam ini kang. tapi terbentuknya dari galian tambang yang sudah tidak terpakai dan itu akhirnya menjadi seperti telaga. nah telaga galian tambang inilah yang akhirnya digunakan untuk menampung air hujan dan mengairi sawah warga kalau musim kemarau panjang. tapi tidak untuk di konsumsi takut kena mercuri.

oh ya kang, tadi saya cek halaman daftar isi, kayaknya tidak ada masalah dengan loading kalau yang anda maksud blog arsip itu adalah sitemap. bahkan loadingnya lebih cepat di banding dengan punya saya.

Balas

sebenarnya ada cah. kalau di banjar namanya galangan banyu yang biasanya berupa empang besar dan panjang untuk mengairi beberapa sawah sekaligus di pakai untuk miara ikan juga. makanya kalau ada kebun rambutan, mangga, dan lainnya, biasanya dipisahkan dengan galangan berupa empang besar tersebut. ini masih banyak ditemukan di daerah sungai lulut, sungai tabuk, lok baintan, dan beberapa tempat lainnya di banjarmasin.

Balas

Di gunungkidul ada embung dipuncak gunung, fungsinya jelas menampung air. Tapi juga ada fungsi lain yaitu jadi tempat wisata juga.

Balas

ternyata pengalaman dan pengalaman soal Embung di Banjarmasin, si mbah memang sudah sangat mumpuni....

Jadi yang orang Banjarmasin asli dan yang palsu saya jadi tau deh nih :)

Balas

betul pak, alternative penyedia air di musim kemarau banget ya

Balas

betul...petani tidakpernah menjadikan air embung tersebut untuk dikonsumsi walaupun di musimkemarau, karena memang rasa takut pada mercuri...ih si mbah luas banget ih pengetahuannya.


kalai sitemap saya emang terkenal keren mbah....maksud saya BLOG ARCHIVE di sidebar, isinya udah ribuan, bisa di potong jadi lebih pendek nggak?

Balas

nah tuh....apalagi di Gunung Kidul udah nggak aneh mengenai keberadaan Embung

Balas

kalau arsip di sidebar itu akan indeks semua dalam pengkategorian. trik memperpendeknya dengan memasang fungsi scroll mas. tapi kalau selain itu saya belum dapat. nanti coba saya akalin. semoga aja bisa.

Balas

jadi kapan saya di ajak ke sana sama mas tabuh gong?

Balas

embung, mirip kata nggak mau. itu teh buat ngalirin sawah, airnya dapet dari mana kang? dari mata air di dalam tanah. mungkin airnya bisa juga di pakai air minum atuh.

Balas

makanya baca sampe tuntas atuh....kan udah di kirimin ubi.

Balas

di tempat saya kbanyakan air ujan malah jd banjir, hrsny dibikin ky gini jg

Balas

dengan adanya embung ini jadinya tidak perlu repot walaupun musim kemarau ya kang

Balas

dikamar saya semalem juga banjir

Balas

Itu airnya dari bahan kang tanah atau apa.?

Balas

Ha..ha...rusuh mang, mau nyari dulu target. he..he...

Balas

Bacanya sampai tamat, tuh komentar saya di atas di protes,...ha...ha...

Balas

Usaha yang kreatif, hasil pertanian terjamin

Balas

KEMUDAHAN UNTUK KEGUNAAN PERTANIAN SETEMPAT...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger