DESA CILEMBU

Jiwa Wirausaha sejak dini lewat CTL

Jiwa Wirausaha sejak dini lewat CTL - Jiwa entrepreneurship perlu kiranya ditanamankan sejak usia dini, agar mereka kelak bisa jadi wirausahawan yang handal.
Maka, perlu di ketahui terlebih dahulu apa itu CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah Model pembelajaran yang mengaitkan dunia nyata untuk mempermudah pemahaman transfer ilmu. Tujuan dari pembelajaran CTL ini untuk mempermudah dan membiasakan anak (siswa) untuk mendeskripsikan sesuatu sekaligus sebagai bekal memecahkan masalah. Salah satu karakteristik model pembelajaran CTL ini anak harus mengalami apa yang di terima dari berbagai teori yang disampaikan oleh gurunya.
Bentuk CTL dalam pengaplikasian beberapa mata pelajaran yang dapat di kaitkan dengan pengembangan potensi entrepreneur anak.
  1. Konsep Matematika diaplikasikan melalui transaksi harga, menghitung pengembalian, menghitung diskon, membuat dan mengisi kwitansi atau nota, membuat laporan keuangan, rugi dan laba, serta neraca.
  2. Konsep bahasa Indonesia dan Inggris, diaplikasikan melalui negosiasi, presentasi, menawarkan, membuat proposal, membuat MOU atau surat perjanjian, membuat goalsetting telephoning system, proses pengiriman dan komunikasi verbal lainnya.
  3. Konsep IPS ilmu sosial, dapat diaplikasikan melalui transaksi terhadap orang lain yang baru dikenal, membuat pemetaan wilayah, pemetaan target, team work, diskusi, penentuan dan pembagian job deskripsi, sharing keuntungan dan lain sebagainya.
  4. Konsep IPA, atau Sains dapat diaplikasikan melalui perencanaan konstruksi, perancangan model, pembuatan hasil karya, produksi, teknik analisa, pencampuran, pengolahan dan pengepakan produk.
  5. Konsep Agama atau etika dapat diaplikasikan melalui pembetntukan mental, kepribadian, teknik dan pengolahan emosi dan konsepkeyakinan kepada Allah Ta'alla
Dari konsep diatas, maka entrepreneurship Jiwa Wirausaha sejak dini lewat CTL sangat penting untuk diterapkan dan  dipelajari sejak dini, dengan harapan di masa datang para pemuda kita tidak lagi sebagai pencari kerja, tetapi menjadi penyedia pekerjaan.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

setuju banget dengan kata2 terakhirnya mang, semoga kelak para pemuda tidak lagi menjadi pencari kerja tetapi penyedia lowongan kerja

Balas

konsep matematika, bahasa indonesia dan inggris, konsep ilmu sosial,dan konsep agama atau etika memang sangat mempengaruhi masa depan ya kang? tanpa semua ilmu itu, kita hanya bisa menjadi manusia lemah yang tak berakal.

Balas

set7 kang...memang sesuatu yang berhubungan dengan wirausaha kita memang harus lebih-lebih menguasai trik-triknya

Balas

aaaaamiiiiiin....
catet tuh kata-kata saya itu teh kang :)

Balas

juga tak berbudi dan pasti jerawatan

Balas

hiyah pak, makanya kalau mau, bapak bisa berlangganan artikel terbaru saya :)

Balas

nggak heran kan sama saya mah ;)

Balas

Saya juga punyai sifat entrepreneur dari kecil

Balas

Moga aja banyak masyarakat indo yang segera membuka usaha , agar kelak negri kita ya kita sendiri yang pegang, bukan investor luar :D

Balas

pantesan sekarang jadi usahawan sukses...aaaamiiiin

Balas

5 konsep yang sangat baik untuk diterapkan sejak dini mang. Saya setuju dengan konsep di atas, kalo diterapin pasti bakalan mantap hasilnya :)

Balas

Apakah semua anak bisa memiliki jiwa wirausaha,,?? pas SMA saya belajar wirausaha, tapi ujung2nya tetap aja gak bisa wirausaha,, mungkin antara teori dan praktiknya harus sejalan dan seirama kali yah ?? biar bener2 bisa jadi wirausaha beneran dan bukan hanya belajar teori saja ... xexexexexe XD

Balas

siap2 utk kebangkitan ekonomi rakyat hehee

Balas

Analoginya memang pas, menghubungkan dengan pengetahuan lain dalam penerapannya. Mudah-mudahan jiwa wirausaha kita memang ada modal dari situ kesuksesan dalam berjualan juga ga bakalan diragukan lagi.

Kalau konsep PKn gimana mas?
Sehubungan saya guru PKn hehe

Balas

endingnya di masa datang para pemuda kita tidak lagi sebagai pencari kerja, tetapi menjadi penyedia pekerjaan, superr sekali CTL ini

Balas

ternyata beberapa konsep produksi dan marketing bisa juga diterapkan dengan menggunakan metode CTL...jadi bisa mengajarkan kepada anak untuk lebih kreatif dalam berwira-usaha. memang mantab mang lembu ini..... salute mas.

suatu pencerahan buat tulisan saya mengenai metode pembelajaran produksi dan marketing pada anak. kemarin sempat tertarik melihat budaya cina, dari kecil mereka udah di ajarkan jualan. dan rata-rata berhasil mas.

Balas

gak heran mang... apa lagi kalau di kirimi ubi cilembu. kirim pake email aja kang. heee

Balas

kalau pemahamannya seperti itu maka akan lebih memudahkan anak-anak dalam belajar dan mengerti dengan apa yang mereka kerjakan, nice post mas...

Balas

Dengan begini semoga para anak muda terbuka untuk menciptakan lapang pekerjaan bagi orang banyak

Balas

Siap kang saya akan coba terapkan di bidang usaha saya.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger