logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Jiwa Wirausaha sejak dini lewat CTL

www.desacilembu.com
Jiwa Wirausaha sejak dini lewat CTL - Jiwa entrepreneurship perlu kiranya ditanamankan sejak usia dini, agar mereka kelak bisa jadi wirausahawan yang handal.
Maka, perlu di ketahui terlebih dahulu apa itu CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah Model pembelajaran yang mengaitkan dunia nyata untuk mempermudah pemahaman transfer ilmu. Tujuan dari pembelajaran CTL ini untuk mempermudah dan membiasakan anak (siswa) untuk mendeskripsikan sesuatu sekaligus sebagai bekal memecahkan masalah. Salah satu karakteristik model pembelajaran CTL ini anak harus mengalami apa yang di terima dari berbagai teori yang disampaikan oleh gurunya.
Bentuk CTL dalam pengaplikasian beberapa mata pelajaran yang dapat di kaitkan dengan pengembangan potensi entrepreneur anak.
  1. Konsep Matematika diaplikasikan melalui transaksi harga, menghitung pengembalian, menghitung diskon, membuat dan mengisi kwitansi atau nota, membuat laporan keuangan, rugi dan laba, serta neraca.
  2. Konsep bahasa Indonesia dan Inggris, diaplikasikan melalui negosiasi, presentasi, menawarkan, membuat proposal, membuat MOU atau surat perjanjian, membuat goalsetting telephoning system, proses pengiriman dan komunikasi verbal lainnya.
  3. Konsep IPS ilmu sosial, dapat diaplikasikan melalui transaksi terhadap orang lain yang baru dikenal, membuat pemetaan wilayah, pemetaan target, team work, diskusi, penentuan dan pembagian job deskripsi, sharing keuntungan dan lain sebagainya.
  4. Konsep IPA, atau Sains dapat diaplikasikan melalui perencanaan konstruksi, perancangan model, pembuatan hasil karya, produksi, teknik analisa, pencampuran, pengolahan dan pengepakan produk.
  5. Konsep Agama atau etika dapat diaplikasikan melalui pembetntukan mental, kepribadian, teknik dan pengolahan emosi dan konsepkeyakinan kepada Allah Ta'alla
Dari konsep diatas, maka entrepreneurship Jiwa Wirausaha sejak dini lewat CTL sangat penting untuk diterapkan dan  dipelajari sejak dini, dengan harapan di masa datang para pemuda kita tidak lagi sebagai pencari kerja, tetapi menjadi penyedia pekerjaan.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger