DESA CILEMBU

Kuda Renggong mendapat Sertifikat

Kuda Renggong Jadi Warisan Budaya Nasional - 19 Mei 2015 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan sertifikat dan hak paten sekaligus menjadikan Kuda Renggong sebagai seni budaya takbenda warisan Nasional.
Sertifikat sebagai warisan budaya Nasional ini diserah terimakan pada acara festival Kuda Renggong Tingkat Kabupaten Sumedang 2015 yang dilangsungkan di Kecamatan Jatinunggal, Kecamatan Jatinunggal di pilih sebagai tempat menerima sertifikat tingkat nasional yang menjadikan kesenian Kuda Renggong sebagai seni budaya takbenda warisan Nasional, selain juga karena Kecamatan Jatinunggal pada tahun 2014 telah memenangkan festival Kuda Renggong sebagai juara pertama Tingkat Provinsi.
Kuda Renggong mendapat Sertifikat
Sertifikat nomor 1539908 diserahkan Menteri Pendidikan kepada Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang yang seterusnya diserahkan kepada Bp. Encep Suharna Ketua Paguyuban Kuda Renggong Kabupaten Sumedang (Paskures).

Selain kesempatan menerima sertifikat ini pun di manfaatkan oleh Kecamatan Jatinunggal untuk melaksanakan Milangkala ke-14 sebuah acara Milad (ulang Tahun Kecamatan) sekaligus acara yang biasa oleh masyarakat Sunda di sebut dengan acara tepung taun ini menjadi sangat semarak dan banyak acara yang dilakukan sekaligus di tampilkan oleh warga seluruh Desa yang ada di wilayah Kecamatan Jatinunggal, dan yang menjadi acara inti adalah festival Kuda Renggong.
Gerakan Kuda Renggong
Ada 5 (lima) gerakan yang harus dan selalu di lakukan oleh kuda dan pawangnya, yaitu :
  1. Andean, yaitu gerakan kuda melintang, menggerakkan tubuh dan kakinya menyamping)
  2. Torolong, yaitu gerakan kuda dengan langkah yang pendek tetapi cepat,
  3. Derap atau jogjog, yaitu gerakan kuda seperti biasa, tidak lari tetapi cepat,
  4. Congklang, yaitu gerakan kuda lari cepat dengan dua kaki kedepan,
  5. Anjing Minggat,;yaitu gerakan kuda bergetar seperti kedinginan.
Di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang tidak kurang 400 -500 orang seniman Kuda Renggong menunggu perhatian Pemerintah soal kesejahteraan dan keberlangsungan kesenian sunda buhun ini.

Semoga dengan telah diterimanya sertifikat Kuda Renggong sebagai seni takbenda warisan nasional ini Kuda Renggong dan segenap pelaku seni Kuda Renggong menjadi kian sejahtera.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

Assallammuallaikum Pak apa kabar?

Balas

Waallaikum salam bu..
Alhamdulillah baik... kumaha sawalerna..cing?

Balas

Hoyong atuh nyobian naek kuda kumaha rasa na mang? :D

Balas

nya...kitu we...
susah di ceritainnya...mun ayakuda ngalewat, naek we atuh nya

Balas

sekilas baca judulnya tadi saya kira kuda lumping setelah di baca sampai selesai ternyata kuda renggong...Semoga apa yg di harapkan para senimannya bisa terwujud..amin

Balas

aaaaamiiiiin...
semoga doa dan atensinya jadi pahala untuk akang

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger