logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Petilasan Prabu Siliwangi

www.desacilembu.com
Petilasan Prabu Siliwangi - Orang Sunda menyebut Raja Pajajaran dengan sebutan Prabu Siliwangi, itu artinya, Prabu Siliwangi bukan nama orang tetapi gelar atau panggilan kepada raja Pajajaran. Jika kita menyimak artikel sebelumnya Gunung Tampomas: Bangunan Suci Prabu Siliwangi, pada artikel tersebut disebutkan bahwa petilasan (jejak) Prabu Siliwangi banyak terdapat di Gunung Tampomas.
Konon, sejak Pajajaran di serang karena diserang oleh Kasunanan Cirebon, laskar Islam dari Banten, dan Angke, dan masa-masa kehancuran kerajaan Pajajaran semakin dekat, maka tempat ngahyang (berdoa kepada Dewa) Prabu Siliwangi adalah Gunung Tampomas.
Petilasan Prabu Siliwangi
Ketika itu, setelah Prabu Siliwangi (kala itu adalah Prabu Seda), bersama dengan empat Kandagalante menyerahkan Mahkota Binokasih Sanghayang Pake kepada Pangeran Geusan Ulun, sang Prabu Siliwangi pergi menuju Gunung Tampomas untuk menyepi dan ngahyang di sini, kemudian menghilang hingga sekarang tidak pernah ditemukan makamnya.
Sumber lain menyebutkan bahwa situs kabuyutan Gunung Tampomas, bukan hanya sebagai tempat ngahyang, melainkan pada masa lalu kawasan tersebut berdiri sebuah kerajaan. Dalam buku sejarah sunda karya Drs. R.M. Atmamihardja menyebutkan bahwa Raja Pajajaran kala itu bernama Prabu Premana di kenal juga dengan Sri Baduga Maharaja, lama memerintah kerajaan Pajajaran selama 39 tahun. Namun sebelum menjadi raja Pajajaran, Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja), pernah menjadi raja di tempat lain selama 7 tahun.
Namun dari cerita lisan di Sumedang disebutkan, bahwa sebelum beliau menjadi raja di Pajajaran Sumedang lokasinya berada di Gunung Tampomas. Kala itu Sri Baduga Maharaja memiliki istri bernama Ratu Rajamantri putri dari Sunan Pagulingan, Raja Sumedanglarang.
Dari catatan sejarah dan babad Sumedang, ternyata Gunung Tampomas, bagi masyarakat Sumedang khususnya dan masyarakat seluruh tatar sunda umumnya menyatakan bahwa Gunung Tampomas merupakan tempat suci/Candi/kabuyutan) Petilasan Prabu Siliwangi.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger