DESA CILEMBU

Tips Mendongeng yang baik

Mendongeng dapat menjalin kontak batin, sekaligus terjalin komunikasi yang akrab antara orang tua dengan anak, sehingga hubungan kasih sayang akan terbuna. Mendongeng juga dapat membuka cakrawala pemikiran serta dapat memperkaya pengalaman batin,pengenalan alam lingkungan, pengenalan budaya, menanamkan budipekerti dan pendidikan moral.
Tips Mendongeng yang baik
  1. Pilih cerita dongeng sesuai dengan usia anak yang dapat mengundang wawasan danhiburan bagi anak,
  2. Ciptakan suasana gembira saat mendongeng,
  3. Hayati setiap bagian cerita yang di dongengkan,
  4. Sampaikan dongeng dengan bahasa yang sederhana, akan lebih baik jika disertai bantuan gerakan tubuh dan alat peraga lainnya,
  5. Mimik wajah harus mengikuti alur cerita yang didongengkan,
  6. Amati reaksi emosional anak serta tetap mempertahankan kesan menyenangkan,
  7. Ajukan pertanyaan kepada anak agar meeka mearsa menjadi bagian dari tokoh dalam cerita dongengnya,
  8. Sesuaikan waktu dengan situasi anak dalam kemampuan mereka mendengarkan,
  9. Akhiri dongeng dengan menggali pesan moral dari yang kita dongengkan.
Sudahkan Anda meluangkan waktu mendongeng untuk anak Anda?
Dongeng adalah dunia yang indah bagi anak-anak,kegiatan acara mendongeng, biasanya sebelum tidur malam membuat anak-anak menjadi berharap tiba waktunya mendongeng, selain dari pada itu kegiatan mendongeng dapat mendorong serta mempengaruhi perkembangan jiwa dan tingkah laku anak secara positif di masa datang
Semoga Tips Mendongeng yang baik menjadi tambahan pengetahuan para ibu-ibu yang suka mendongeng.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

Apalagi yang tukang doengnya Bohay ya kang bakalan nyenyak bingiiitttt tidutnya..haaa

Balas

kalo yang mendongen mang lembu saya jamin seorang anak nggak akan tertidur, karena sangat terhibur dengan ciri khas mang lembu yang super duper kocak hehehe

Balas

Yaa betul itu dongengannya berubah jadi stand up komedi mungkin,

Balas

Dulu pernah kang, sekarang tidak lagi, anak saya sudah gede tunggal lagi.

Balas

waduh saya kurang pandai mendongeng ini mang, paling biasanya kalo mau tidur suka baca doa bareng aja...

Balas

kalo mendongengnya berubah jadi stand up komedi yang ada anaknya jadi gak tidur-tidur dong ketawa ketiwi mulu kang :D

Balas

bikin lagi makanya :D

Balas

kalo yang dengerin dongengnya mang lembu yang ada malah gak bisa tidur, abis tukang dongengnya bohay sih :D

Balas

Ternyata dah pada ngerti sifat mamang gimana ya..? Apal banget, apal ancurnya... *tatuuut..

Balas

tuh...liatin tuh...ceu Ay mah udah hapal banget kan.

#mantan ;)

Balas

eh...sapa bilang begitu....yang ada mereka pada ogah kalau saya yang dongengin mah....
nggak seru!!...gituh katanya

Balas

hiyah...emangnya mau anaknya kelak jadi culun

Balas

programnya tiap malem....jalan...mang
cuman kurang goyangannya jadi susah jadinya

Balas

lumayan....dari kang marnes jadi manyun (baca: jeding landung mah)

Balas

Tips mendongeng cilembu
Cukup indah merayu
Pasti yang dengar terharu
Sebab pesannya senikmat ubi cilembu...

Balas

Si Akang klo lg serius,,
bijaksana sekali...

Balas

ya silakan tinggal dibaca di majalah bobo edisi terbaru hehe

Balas

Saya mah ga jago mendongeng, paling bacain buku aja

Balas

kang lembu mah suka merendah uae ah, itu buktinya bisa buat tips :)

Balas

Dongeng sebelum tidur memang bisa menjdi media untuk mendidik anak ya kang, karena disana kita juga bisa menyisipkan pesan moral untuk anak. tapi yang disayangkan kalau dongengnya yang horor, bukannya mendidik malah membuat si anak jadi penakut.heuheu

Balas

jadi inget waktu kecil suka didongengin kakek nih.
masak sekarang saya sekarang kudu dongengin sih

Balas

emang pernah serius?

Balas

usia memang tidak bisa dibantah

Balas

saya nggak ikutan

Balas

hehehee...mang yanto Farah pisan ih

Balas

ubimadunya sedang dalam perjalanan menuju alamat yang udah dikirim via inbox tea...sabarjaya menunggu ya

Balas

emang mamang pernah kecil, gituh?

Balas

majalah bobo mah udah bubar atuh mang

Balas

Cari kopi dulu ah...

Balas

kalau saya jarang dongengin anak, ga genaheun katanya..

Balas

Harus dengan yang baru lur...ha..ha..ha...

Balas

Bagus juga ide ini boleh merapatkan hubungan kekeluargaan...

Balas

beda tips doang itu mah bu ;)

Balas

atuh jangan mendongen cerita horor ke anak-anak mah,kalau mau cerita horor mah ke mang Marnes aja atuh lah

Balas

emm, kalau adik sih, ingin pembaca dongengnya istri adek sendiri. syarat yang diatas mungkin di nomor selanjutnya hehehhe

Balas

bakal tak praktekin mang, sekarang anak saya baru 4 bulan berari masih lama banget ya hmmm...

Balas

bgus banget tuh kalau beneran di praktekin, akang dapet anak yang diharapkan, saya dapet pahala dari artikelnya dong......lanjutkanlah teman

Balas

Domgem sebelum bobo paling enak di bacaan sama mamang deh,

Balas

Muantappp kang tipsnya baru kepiran sampai kesini ternyata.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger