DESA CILEMBU

Delman adalah

Delman adalah transportasi tradisional yang memiliki dua buah roda, ada juga yang memiliki empat roda yang di tarik oleh kuda, diciptakan oleh seorang insinyur Belanda bernama Ir. Charles Theodore Deelman pemilik dan pandai besi, itulah sebabnya kenapa di kendaraan ini di beri nama delman. Kendaraan delman ini pada jaman penjajahan Belanda merupakan alat transportasi mewah yang hanya dapat pakai oleh para pejabat Belanda, para demang, dan saidagar kaya.
Delman sejak pertama dibuat oleh Ir. Charles Theodore Deelman sampai sekarang bentuknya tetap seperti pertama kali dibuat, bentuk vareasi yang dilakukan hanya pada penggunaan ban mobil. Pada jaman sekarang Delman lebih digunakan untuk angkutan jarak pendek, atau lebih banyak dipakai di daerah wisata.
Delman adalah
Orang pribumi pada jaman itu, lebih mengenal kendaraan delman ini dengan sebutan sado, dimana kata sado ini merupakan singkatan dari kata dos-a-dos (bahasa Prancis) yang artinya saling memunggungi, maksudnya adalah para penumpang yang duduk di dalamnya saling memunggungi, karena lidah bangsa pribumi kesulitan menyebut dos-a-dos, untuk memudahkan lidah pribumi menyebutnya dengan sebutan Sado.

Perbedaan Delman dan Keretek (Kahar)
Orang Sunda memiliki istilah sendiri dengan Delman, mereka menyebutnya dengan Keretek (kahar), yang membedakannya adalah pijakan Keretek (kahar) lebih lebar jika dibandingkan dengan Delman, pada delman pijakan kaki hanya cukup untuk satu kaki, sementara pada Keretek (Kahar), pijakan kakinya lebih lebar.
Play Video
×
Nama nama lain Delman :
  1. Dokar, asal kata dari bahasa Inggeris dog car, dulu digunakan untuk sarana berburu
  2. Nayor, bentuk kabin tertutup, beroperasi di Cibadak, Sukabumi
  3. Andong, memeiliki empat roda, beroperasi di Yogya
  4. Bendi, beroperasi di Minangkabau dan wilayah Sumatera barat.
Bentuk dan Variasi Delman :
  1. Versi Prancis memiliki empat roda dengan dua bangku yang saling memunggungi, maka di sebut dengan dos-a-dos,
  2. Kereta dengan dua roda dengan dua bangku melintang,
  3. Dogcart versi Amerika memiliki empat buah roda dan kompartemen yang difungsikan untuk membawa binatang hasil berburu
Mangga nyanggakeun, suguhan Desa Cilembu kali ini soal delman, semoga nambah pengetahuan.
Sumber : wikipedia
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, ...GRATIS... di : https://www.tsu.co/MangLembu

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Saya kira Delman ini asli buatan indonesia,, ternyata penemunya adalah orang belanda,, jadi mungkin sambil menjajah bikin delman hehehe

Balas

Ternyata alat transportasi tradisional Delman ini sangat bersejarah yah kang

Balas

emang....orang belanda kan emang gitu, sambil menjajah, dagang delman

Balas

ngeliat gambar delman di atas jadi teringat waktu anak pertama saya kang, sewaktu masih kecil kisaran 2 tahunan saya dan ibu'e sering banget naek delman ini, kalo anak saya nybebutnya andong. Jadi setiap saya pulkam suka menyempatkan untuk bisa jalan-jalan bareng anak dan istri, meskipun hanya sekedar untuk makan bakso di Banjaran Permai, dan sengaja untuk naek andong ini sementara motor dititipkan di pasar Balamoa :D

Balas

sekarang gantian dong, Mang Lembu menjajah Belanda sambil dagang ubi cilembu , mantep kan

Balas

perasaan sekarang rada lemot ini mang, apa koneksi inet saya yang lola kali yah. Ngetik komentarnya udah kelar tapi tulisannya masih jalan aja nie

Balas

Di tempat saya Delman tos teu aya Mang.. suer deh :D

Balas

Saya mah ngelihatin aja deh sambil nyantey ajah heheh :D

Balas

Nanti dulu sayah mau nonto Video Delmanya dulu ya Mang.. boleh kah??

Balas

Saya sekali mang naik delman...wah ternyata mantap ya, ada AC nya juga ternyata di delman..AC alam maksudnya :D

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger