logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari Total 2016

www.desacilembu.com
Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari Total 2016 - Rabu (9/3/2016) merupakan gerhana matahari total yang pertama di Indonesia pada abad ke-21 milenium 3, dimana gerhana matahari total pada abad 20 terjadi di Indonesia pada 24 Oktober 2995. bedanya gerhana matahari total 9/3/2016 dengan gerhana matahari total pada 24 Oktober 1995 ini adalah wilayah lintasannya lebih luas dan durasi gerhana lebih lama jika di bandingkan dengan gerhana matahari total pada 20 tahun yang lalu (24/10/1995), kala itu wilayah Indonesia yang dilintasi gerhana matahari total hanya Pulau Sangihe di Sulawesi Utara, sehingga pada gerhana matahari total saat itu tidak terlalu banyak masyarakat yang mengetahuinya, dan jarang yang mengamati kecuali orang-orang yang berkompeten saja.
Masyarakat Indonesia kebanyakan memahami gerhana matahari total yang terakhir terjadi di Indonesia adalah gerhana matahari total yang terjadi pada 11 Juni 1983.
Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari 2016
Sumber: Gbr.
Lintasan Gerhana Matahari Total 2016 terlihat hanya di wilayah Indonesia, sama sekali tidak terlihat dari negara lain, karena itu maka gerhana matahari total 9/3/2016 ini merupakan gerhana yang istimewa, sebab seluruh ilmuan dan para praktisi luar angkasa serta para wisatawan dari seluruh dunia akan mengunjungi Indonesia demi menyaksikan fenomena alam yang kemunculannya gerhana berikutnya memerlukan durasi waktu, puluhan, bahkan ratusan tahun kemudian.
Lintasan Gerhana Matahari total 9 Maret 2016 bermula di Samudra Hindia, memasuki wilayah Indonesia dari pulau Sumatera, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi dan berakhir di Halmahera, kemudian gerhana matahari total berlanjut ke Samudra Pasifik.
Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Papua hanya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian.
Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari Total 2016
  1. Hanya melintasi wilayah Indonesia
  2. Durasi waktu Gerhana Matahari Total 2016 ini cukup lama ( 4 menit 9 detik)
  3. Bertepatan dengan Hari Raya Nyepi (libur nasional)
Jangan lewatkan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Baca juga:
Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger