DESA CILEMBU

Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari Total 2016

Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari Total 2016 - Rabu (9/3/2016) merupakan gerhana matahari total yang pertama di Indonesia pada abad ke-21 milenium 3, dimana gerhana matahari total pada abad 20 terjadi di Indonesia pada 24 Oktober 2995. bedanya gerhana matahari total 9/3/2016 dengan gerhana matahari total pada 24 Oktober 1995 ini adalah wilayah lintasannya lebih luas dan durasi gerhana lebih lama jika di bandingkan dengan gerhana matahari total pada 20 tahun yang lalu (24/10/1995), kala itu wilayah Indonesia yang dilintasi gerhana matahari total hanya Pulau Sangihe di Sulawesi Utara, sehingga pada gerhana matahari total saat itu tidak terlalu banyak masyarakat yang mengetahuinya, dan jarang yang mengamati kecuali orang-orang yang berkompeten saja.
Masyarakat Indonesia kebanyakan memahami gerhana matahari total yang terakhir terjadi di Indonesia adalah gerhana matahari total yang terjadi pada 11 Juni 1983.
Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari 2016
Sumber: Gbr.
Lintasan Gerhana Matahari Total 2016 terlihat hanya di wilayah Indonesia, sama sekali tidak terlihat dari negara lain, karena itu maka gerhana matahari total 9/3/2016 ini merupakan gerhana yang istimewa, sebab seluruh ilmuan dan para praktisi luar angkasa serta para wisatawan dari seluruh dunia akan mengunjungi Indonesia demi menyaksikan fenomena alam yang kemunculannya gerhana berikutnya memerlukan durasi waktu, puluhan, bahkan ratusan tahun kemudian.
Lintasan Gerhana Matahari total 9 Maret 2016 bermula di Samudra Hindia, memasuki wilayah Indonesia dari pulau Sumatera, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi dan berakhir di Halmahera, kemudian gerhana matahari total berlanjut ke Samudra Pasifik.
Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Papua hanya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian.
Keistimewaan Lintasan Gerhana Matahari Total 2016
  1. Hanya melintasi wilayah Indonesia
  2. Durasi waktu Gerhana Matahari Total 2016 ini cukup lama ( 4 menit 9 detik)
  3. Bertepatan dengan Hari Raya Nyepi (libur nasional)
Jangan lewatkan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Baca juga:

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

saya tunggu gerhananya

Balas

mana mas gerhananya? hehe masih hari rabu ya? kirain sekarang :D
iya mas saya masih inget gerhana yang tahun 1995 pas baru duduk di kelas 1 smp

Balas

Gerhana kali ini durasinya cukup lama dan hanya akan terjadi di Indonesia..tapi sayang, kita yg tidak mempunyai alat keamanan mata tidak bisa melihat secara langsung fenomena ini..

Balas

Sayang jakarta cuma kebagian sebagian padahal peristiwa langka

Balas

tasikmalaya tidak kebagian juga, alhamdulillah, mudah-mudahan tidak da apa-apa..Aamiin

Balas

GERHANA MATAHARI KEAGUNGAN ILAHI YG DINANTI FENOMENANYA YG CATAT SEJARAH BUAT YG DAPAT MELIHAT SUASANANYA..

Balas

tunggu saya juga di perempatan ya kang

Balas

jadi sekarang akang udah mulai tuwa dong

Balas

lewat tipi ajah mendingan ge atuh mang

Balas

lumayan atuh mang, dari pada saya mah nggak dilewatin pisan

Balas

sepakat sangat saya dengan akak.
aaamiiiin

Balas

Hebat euy ada jadwal lintasan gerhana matahari untuk besok

Balas

ari suganteh nagara sejen tiasa ningali kana eta gerhana...,, kalau saya sendirimah tidak begitu perduli sama gerhana mang,, heheh biarlah itu urusan ilmuan aja.. :D

Balas

sudah terjadi dan sangat fowerfull mas enjoyed di hari libur haha

Balas

nggak usah muji-muji terus kang...kan udah lama tau kalau saya teh emang hebat

Balas

di permaklum kok kang, namanya juga nelayan Pangandaran teladan akang mah atuh

Balas

enjoymorojoy-lah pokoknya mah ;)

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger