DESA CILEMBU

Modalnya dari mana

Kunci Sukses Mengawali Bisnis, pada bidang apapun,jika sudah berani memulai, berarti sudah siap menerima konsekwensi apapun, begitu pula dalam mengawali sebuah bisnis, termasuk konsekuensi :
  • Modalnya dari mana, serta konsekuensi
  • Untung atau rugi.
Sebelum kita membahas tentang Modalnya dari mana, agar tidak berhenti sebelum memulai sebuah usaha adalah dengan menghitung untung dan rugi terlebih dahulu agar motivasi untuk memulai sebuah usaha dapat direalisasikan.
Untuk mengurangi resiko rugi, sebaiknya ikuti beberapa langkah dalam memulai usaha mikro (usaha kecil) yang kemudian saya sebut dengan Kunci Sukses Mengawali Bisnis yang perlu di perhatikan, adalah :
Modalnya dari mana
  1. Tentukan jenis usaha, pilihlah jenis usaha berdasarkan pada hobi atau jenis usaha yang di sukai, kenali juga jenis usaha yang akan di pilih, apakah termasuk pada kebutuhan primer (harga sudah di patok, artinya kita mengejar kuantitas), kebutuhan sekunder (harga dapat di kelola sendiri, keuntungan dapat kita tentukan sendiri), atau kebutuhan tersier . Pilih usaha yang mengikuti perkembangan jaman. 
  2. Buat Perencanaan, rencana ini mencakup pilihan produk atau jasa apa yang akan di jual,lokasi usaha, dan apa saja kebutuhannya. kemudian tentukan manajemennya, seperti Modalnya dari mana, strategi pemasarannya, dan berapa membutuhkan karyawan, serta bagaimana alur produksi hingga cara penjualannya.
  3. Lakukan Survey, dengan melakukan pendataan awal tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi usaha yang paling tepat, murah, efisien, dan berkelanjutan.
  4. Belanja sesuai Rencana, gunakan data dari hasil survey dan perencanaan sebagai dasar membelanjakan kebutuhan usaha, upayakan memaksimalkan potensi yang ada,
  5. Perhatikan 4P, yaitu product, price, place, dan promotion. Pastikan terlebih dahulu jika produk kita berkualitas, harganya bersaing, dan lokasi usaha yang strategis, maka promosi pasti akan berhasil. 
  6. Unik, usahakan segala sesuatu yang akan kita kerjakan terlihat unik, dan aneh, serta berbeda dengan produk yang sudah ada dipasaran sehingga membuat orang tertarik untuk datang dan membeli produk kita.
Modalnya dari mana
  • Sesuaikan jenis usaha dengan modal yang tersedia dan mulailah dengan memaksimalkan dulu apa yang kita miliki, setelah mendapatkan keuntungan barulah kita mengalokasikan untuk mencicil peralatan untuk mengembangkan usaha,
  • Manfaatkan aset yang kurang produktif, baik tabungan, perhiasan emas, uang pensiun untuk menambah modal usaha, tetapi tidak juga untuk di pergunakan semua, tetapi gunakan sepuluh persennya saja, lakukan sebuah usaha dari kecil dan terjangkau terlebih dahulu.
Semoga Modalnya dari mana sudah Anda dapatkan solusinya.
Baca juga:

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

33 komentar

Bagi pemula lebih aman cari usaha yang jika dijual cepat habis misal nasi uduk,gorengan,Nasgor dan lain lain jadi cepat untung jangan yang lakunya lama misal baju,tas

Balas

nah nih..tuh...kang dwi pakarnya mah.
siip kang

Balas

Sangat bagus sekali artikelnya kang, sangat memotifasi bagi yang ingin memulai membuka usaha kecil ataupu usaha besar.

Balas

Saya copas ke notepad ya kang? buat dibaca baca lagi nanti biar lebih paham lagi tentang managemen usaha

Balas

Biasanya ada juga orang ketika hendak terjun ke dunia bisnis suka bingung untuk menentukan jernis usaha, termasuk saya itu :D

Balas

artikelnya menarik mang, sangat memotivasi banget buat temen-temen yang akan terjun ke dunia usaha... salam kenal yah mang hehehe...

Balas

jika ingin sukses dalam bisnis maka kudu memperhatikan Kunci Sukses Mengawali Bisnis dari juragan ubi ini

Balas

hasilnya sudah terbukti tuh,sekarangang dagangan kang admin jadi buronan dimana2.

koq buronan sih,kata yg enak apa coba?

Balas

___@Mau ngapain lu____________?!

Balas

___@Mau ngapain lu____________?!

Balas

saya gimana dong

Balas

Wah kayanya guru nih kang luas banget wawasannya.?

Balas

saya harus setuju kayaknya karena Mang Lembu udah terbukti sukses dengan bisnis ubi cilembunya, jadi barangkali artikel ini ada juga yang berdasarkan atas pengalaman beliau

Balas

Modalnya darimana? yang pasti bukan dari Hongkong kan mang? Modal merupakan salah satu faktor penting untuk memulai usaha.

Balas

sepertinya saya kenal deh yang komen di atas saya :D

Balas

mau minta kupi sama ududnya :D

Balas

mantep juaga triknya...
Tapi modalnya masih modal-madil

Balas

Saya juga berencana, setelah pensiun nanti saya akan jadikan modal usaha, namun untu menciptakan usaha mandiri perlu mensurvey apa yang harus di dahulukan, manteplah.

Balas

Bakar ubinya masih ada kang?

Balas

yang paling penting adalah tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan, benarkan mas :D

Balas

MULAKAN USAHA DGN MINAT RAJIN N YAKIN DIRI...INSYA ALLAH SUKSES WALAU SECARA KECILAN...

Balas

akang kenal ya....sukurin atuh :)

Balas

masa sih...
salam cipok kering juga yah ;)

Balas

Yang unik ini agak sulit.. :)

Balas

hooh.. mo ngapain lu di marih, coba?

Balas

yang paling layak du buru buser mah mang yanto atuh...tampangnya udah mendukung :(

Balas

guru, konsultan, pedagang ubi, pedagang keranjang bambu, dan playpoy cap kapak kuning...saya mah ..... TAUUUU

Balas

bisa juga modalnya dari Hongkong...kan istrinya kerja jadi TKI di Hongkong :(

Balas

daripada gundal-gandul nggak ada sarungnya, coba?

Balas

kan...udah lama tau kalau saya mah emang mantep :)

Balas

betul kang...tekad kuat dan mreket satakerkebek kalau pengen sukses jadi yang utama.

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger