logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

BKB adalah

www.desacilembu.com
Bina Keluarga Balita (BKB) merupakan wadah pembinaan keluarga dalam mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal. Adapun tujuan dari BKB ini agar dapat meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan serta kesadaran sikaporang tua beserta dengan seluruh anggota keluarga lain untuk dapat mempersiapkan pendidikan anak usia 0 sampai dengan anak dibawah lima tahun dalam rangka menumbuh kembangkan kecerdasan Balita itu sendiri.

Para ahli berpendapat bahwa Balita adalah Golden Age Period (masa emas),maka Balita harus dibina secara baik agar terbentuk perkembangan emosional, mental, intelektual, dan moral yang sehat lahir bathinnya sebagai penentu sikap dan prilaku Balita tersebut dimasa yang akan datang.
Baca juga:
Sasaran wilayah dari BKB ini adalah kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita yang dapat dibentuk di tingkat Desa, dan tingkat RW, juga di perusahaan-perusahaan, di perkebunan, di lingkungan pekerjaan lainnya serta di bentuk di lingkungan perumahan.

Sasaran Langsung adalah keluarga yang memiliki anak usia 0 hingga 5 tahun (Balita).

Sasaran tidak langsungnya adalah para tokoh masyarakat, tokoh agama, para guru, tokoh pemuda dan para kader PKK atau kader Poasyandu.

Manfaat yang didapatkan bagi para orang tua jika mengikuti BKB (Bina Keluarga Balita, adalah:
  1. Pandai mengurus, merawat anak Balita serta pandai membagi waktu dalam pengasuhannya,
  2. Bertambah wawasan serta pengetahuan mengenai pola asuh anak Balita,
  3. Dapat meningkatkan keterampilan para orang tua yang mengikuti BKB dalam mengasuh dan mendidik Balita dengan baik,
  4. Dapat mencurahkan perhatian pada anak Balita sehingga tercipta ikatan batin yang lebih erat antara Balita dan orang tua.
Manfaat yang diperoleh bagi Anak Balita itu sendiri, adalah:
  • Anak Balita dapat tumbuh dan berkembang sebagai anak yang bertaqwa, memiliki kepribadian yang luhur, sopan santun dan sangat beretika, selain juga tumbuh kembang Balita semakin optimal, terampil, cerdas, dan sehat.
Upaya pembinaan tumbuh kembang anak merupakan proses jangka panjang yang kudu dimulai sejak sekarang, bahkan lebih baik lagi jika dilakukan sejak anak masih didalam kandungan. Dengan demikian posisi kunci dalam pembinaan Balita menjadi bagian serta kewajiban setiap orang tua yang bertanggungjawab terhadap kehidupan anak di masa kini dan selamanya.
Dari semua itu, lingkungan keluarga adalah lingkungan utama dan lingkungan yang pertama yang dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan anak akan kasih sayang, rasa aman, dan perhatian, disamping kebutuhan lainnya dalam takaran formulasi yang tepat.
Fungsi orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak sejak usia dini dapat menjadi model yang baik, dengan meniru, anak mulai melakukan penyerapan norma-norma, sikap dan prilaku orang tuanya sebagai model pembelajaran mereka, sehingga Balita cenderung menjadikan orang tua sebagai tempat memperoleh pemahaman atas kebutuhan fisik, mental, dan spiritualnya.
Nggak punya foto Balita, pake foto yang ini ajah-lah
BKB adalah
Melalui BKB (Bina Keluarga Balita) dan BKR (Bina Keluarga Remaja), serta BKL (bina Keluarga Lansia), kita wujudkan ketahanan dan pemberdayaan keluarga menuju keluarga yang berkualitas.

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,4" data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger