DESA CILEMBU

Kendala UKM masuk Supermarket

Peluang usaha yang sedang dibangun oleh para pelaku usaha kecil menengah seringkali terkendala oleh pemasaran, selain karena memang modal yang dimiliki sangat minim, kemasan sebuah produk UKM seringkali sulit untuk dapat menembus pasar yang lebih tinggi selain hanya terbatas pemasarannya pada lingkungan disekitarnya saja.
Mimpi untuk dapat memasarkan produk ke Supermarket akhirnya hanya sebuah fatamorgana bagi para pelaku usaha kecil menengah.....Ada tapi tak ada.....
Kendala UKM masuk Supermarket
Kendala UKM masuk Supermarket
  • Untuk produk UKM dapat diterima/masuk Supermarket, kemasan produk menjadi sangat penting, padahal untuk mampu mengemas produk dengan apik, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk itu pelaku UKM terpaksa mengajukan hutang pada Bank dengan agunan tanah atau rumahnya (kalau punya itu ge')...meskipun ada juga Bank yang memberikan pinjaman atas dasar usaha yang dijalankan tanpa agunan, tapi pinjaman yang diberikan cuma 2 - 5 juta rupiah saja....cukup sampai kemana, coba?
  • No. P-IRT, dan ijin dari BPOM memang saat ini banyak dipermudah (walaupun tetap ada saja oknum yang meminta untuk di suap dalam pengurusannya....biasa-lah, malahan ada anekdot, INI INDONESIA BUNG....LIHAT YANG DIATAS KAMI, MEREKA MINTA SUAP JUTAAN BAHKAN TRILYUNAN RUPIAH, SAYA MAH TEBANG MINTA SUAP RATUSAN RIBU DOANGAN GEH), yang bagi pelaku usaha kecil menengah tetap saja memberatkan....daripada produknya tidak memiliki ijin, maka dengan mengumpat dan mendoakan agar para oknum tersebut perutnya, perut anak, istri dan perut tujuh turunannya meletus, akhirnya tetap memberi suap).
  • Belum lagi produknya dapat masuk Supermarket, pelaku UKM sudah memiliki cicilan kredit Bank, hal tersebutlah yang menjadikan banyak pelaku UKM yang akhirnya menjalankan usahanya apa adanya, sambil terus berdoa memohon usahanya bisa maju tanpa berani menambah modal......NAMANYA JUGA UKM (Usaha Kecil Mati...eh, Menengah).
Kendala UKM masuk Supermarket tersebut diatas, sering disampaikan pada rapat-rapat dan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas terkait Kabupaten maupun Dinas terkait Provinsi, bahwa kamiparapelaku UKM mohon diupayakan agar produk-produk UKM yang berada dilingkungan Supermarket, dimanapun berada dapat diberikan kemudahan oleh management Supermarket untuk dapat diterima dan masuk Supermarket yang dikelolanya.
Jawaban beliau-beliau para petinggi diatas itu, ya......tempuh dulu kendala-kendala tersebut diatas...jika itu dapat ditempuh, nanti pasti akan kami bantu.... #sangat masuk akal banget kan jawaban mereka.
,,,,beuh..... sama dengan kampret dong eluh teh.
Semoga artikel ini bisa bikin kebakaran jenggot para pejuang pembangunan yang ada diatas.... itu...tuh...iya...ituh (tau kan apa yang saya maksudkan, sambil menyilangkan jempol ke tengah jari telunjuk, lalu ditempelkan kebibir, sambil alis mata naik turun, mirip monyet ngajakin pasangannya indehoy)

Kendala UKM masuk Supermarket ini berdasarkan pengalaman tetangga ditambah atas dasar pengalaman pribadi juga sih.

Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...di http://www.tsu.co/MangLembu

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Duh baca artikel mamang yang satu ini janggot saya habis kebakar atau mungkin manjur ya doa mamang lembu ini.

Balas

Yes ternyata pertamax wis siap siap dapat ubi cilembu nih muantappp euy.

Balas

wah berarti mang NI salah satu petinggi yang bakalan meletus...perutnya...eh
:)

Balas

Hmm maaf nih mamang saya bukan orang tinggi kok sayakan orang imut dan perut saya juga tidak buncit dan tidak akan meletus kok aman, jadi kali ini blog mamang lembu aman dari ledakan.

Balas

iya sih...yang meledaknya memang bukan perut, tapi bujurna, ih...meni mledek pisan ih :D

Balas

tunggu 1 3 hari ini ya, o ya jangan lupa inboxin no rekeningnya...okeh

Balas

Hmm tapi kan meledaknya gak disini saja nanti blog mamang yang rusak, saya gak tanggung jawab lo, mau apa coba kalau blognya mamang meledak ?

Udah mang coba dicek inboxnya ada gak ?
Masukinnya yang banyak ya biar kenyang gendut pun datang.

Balas

memang harus ada peran pemerintah dalam menjembatani ukm agar bisa masuk ke pasar hypermart. Kelemahan pada UKM tersebut bisa diselesaikan bila birokrasi pemerintah kita tidak terlalu berbelitbelit

Balas

Jadi ingat dengan ayah saya waktu mau masukin makanan keripik dan buah naga ke super market lokal.

Kendalanya itu ketersediaan stok yang harus ada dan banyak.
Kalau ngeliat ini kayaknya kendala utamanya harus ada modal.

Balas

Hm, masih sulit ya Kang .. yah begitulah orang kecil.
Mudah2an masih banyak cara lain untuk berhasil marketingnya

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger