DESA CILEMBU

Kendang adalah

Alat musik pukul yang terbuat dari kayu yang memiliki rongga serta di kiri dan kanan, atau hanya bagian depannya saja yang dilapisi oleh kulit hewan lembu, atau kulit kambing yang dikeringkan. Menurut catatan, Kendang ditemukan pada sekitar tahun 6000 SM, bentuk dan cara memainkannya sama yaitu terbuat dari kayu yang diberi rongga dan depannya di lapis oleh kulit, pada waktu itu kendang digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan kegembiraan, seperti yang kemudian berlanjut hingga sekarang dimana alat musik kendang ini menjadi salah satu bagian dari alat pengiring musik yang dipakai sebagai alat berkesenian.
Kendang adalah
Kendang dimiliki juga oleh hampir semua negara di dunia dengan jenis dan nama yang berbeda tetapi pada prinsipnya bentuk dan cara memainkannya tetap sama yaitu dengan cara dipukul.
Cara memainkan kendang yang baik:
  • Telapak tangan kanan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari manis bagian telapak, dengan cara menyesuaikan ketukan irama dari alat musik yang lainnya.
  • Telapak tangan kiri cara memukulnya dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari manis di tambah dengan menggunakan telapak tangan bagian dalam sebagai perpaduan ketukan irama yang di mainkan oleh telapak tangan kanan.
Pada jaman sekarang alat musik kendang ini digunakan lebih banyak oleh musik dangdut, yang dari nama gendre musiknya justru menggunakan nama yang berasal dari suara kendang yang nada dan bunyi jika di pukul berbunyi dang..dut...dari suara yang dihasilkan kendang itulah genrenya kemudian di beri nama musik dangdut
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...di http://www.tsu.co/MangLembu
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

Klau ditempat saya namanya Gendang, beda nama tapi sama barangx..

Balas

Klau ditempat saya namanya Gendang, beda nama tapi sama barangx..

Balas

Duka atuh teuteurang da abdi mah mang, saha tah ?

Balas

sama-sama buleud ya kang

Balas

sama kang ditempat saya namanya juga gendang... hehe dulu pernah belajar mainkan gendang kang,.. tapi dah lama sekali. udah lupa deh sekarang.!

Balas

KENDANG BUKAN GENDANG YA SEAKAN TABLA PULA

Balas

dasarnya udah punya, kudunya mah dilanjutkan, nggak rugi kok punya ilmu apapun mah

Balas

sama hanya beda huruf depannya doang kak :D

Balas

permasalahanya bukan gak mau melanjutkan kang. tapi sudah susah sekali ditempat saya bahkan untuk sekedar melihatnya saja... paguyuan yang dahulu ada sekarang sudah ilang semua kang.!

Balas

Ingat kendang ingat bang haji rhoma sampai ada lagunya...kendang identik sama dangdut pokoknya

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger