DESA CILEMBU

Ruang Lingkup Kegiatan P2KP

Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) merupakan upaya implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal, yang dilanjutkan dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2009 Tentang  Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal, yang kemudian menjadi acuan untuk terus mendorong penganekaragaman konsumsi pangan dengan cepat melalui basis kearifan lokal.
Ruang Lingkup Kegiatan P2KP
Pada artikel terdahulu telah dibahas mengenai 3 Kegiatan Utama Gerakan P2KP yang diimplementasikan dengan bentuk Ruang Lingkup Kegiatan P2KP, sebagai berikut:
  1. Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui konsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), dilakukan dengan memberdayakan kaum wanita untuk memanfaatkan secara maksimal pekarangan rumahnya untuk dapat di jadikan sumber pangan dan gizi keluarga. Pendekatan pengembangan ini dilakukan dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) dengan membangun kebun bibit yang tetap mengutamakan sumber daya lokal, sehingga alam tetap lestari. Konsep ini juga menggunakan pendampingan oleh Penyuluh Pendamping P2KP Desa, dan Kabupaten/Kota
  2. Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L), dilaksanakan dalam rangka mengembalikan pola konsumsi masyarakat pada budaya dan potensi setempat, selain tuntutan dari konsep MP3L ini juga dalam rangka mengembangkan pangan lokal sumber karbohidrat selain beras dan terigu.
  3. Sosialisasi dan promosi P2KP, ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan dan membudayakan pola konsumsi pangan B2SA kepada masyarakat melalui upaya-upaya penyebarluasan informasi, perubahan sikap dan prilaku serta ajakan untuk memanfaatkan pangan lokal sebagai sumber gizi keluarga, pola hidup sehat, aktif dan produktif.
Pelaksanaan gerakan P2KP ini dibutuhkan dukungan, peran serta dan sinergi dari seluruh komponen bangsa seluruhnya.
Semoga Ruang Lingkup Kegiatan P2KP ini menjadi tambahan informasi dari artikel yang sebelumnya, dan pastinya semoga bermanfaat.
Sumber: Badan Ketahanan Pangan
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...di http://www.tsu.co/MangLembu

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

mantep kang saya juga sangat setuju, dengan demikian biaya hidup terutama urusan dapur bisa dikurangi biayanya. saya juga melalui Posdaya ikut untuk menyukseskan program tersebut.

Balas

hayu mang, kita berbuat sekecil apapun di lingkungan kita sendiri...mantep-lah ya :)

kecup basah atuh kalo aktif di Posdaya juga mah

Balas

hayo kang setuju kita mulai dari dari rumah kita sendiri... sukses kang.. pamit mau tidur dulu, yang lagi duduk disebelah barusan tanya ini malam apa? katanya.... kabooooooor...............

Balas

hadeuh......numpaknya sore-sore euy :D
semoga letoy :(

Balas

Kalau saya-mah dari dulu sudah melaksanakan apa yang akng tulis di atas.

Balas

Alhamdulillah....lanjutkan mang

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger