DESA CILEMBU

Gerakan Desa Membangun (GDM)

Gerakan Desa Membangun (GDM), dibentuk pada saat Gedhe Foundation dan Pemerintah Desa Melung mengadakan Lokakarya Desa Membangun (LDM) yang di ikuti oleh:
  1. Desa Karangnangka,
  2. Desa Kutaliman, Kecamatan Dawuan Wetan, Kedungbanteng, Banyumas, dan
  3. Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Tasikmalaya sebagai undangan khusus.
Lokakarya Desa Membangun yang diselenggarakan Gedhe Foundation dan Desa Melung ini bertujuan untuk dapat berbagi pengalaman dalam tata kelola sumber daya desa. Atas dasar tersebut maka untuk membangun desa secara bersama-sama dan secara kolektif itulah lahir Gerakan Desa Membangun (GDM), yang merupakan gerakan untuk dapat membangun desa yang disesuaikan dengan potensi wilayahnya masing-masing secara kolektif,sehingga pembangunan yang dilakukan di desa sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran dengan tanpa harus menunggu bantuan Pemerintah Pusat semata, tetapi dapat membangun secara mandiri.
Gerakan Desa Membangun (GDM)
Strategi Gerakan Desa Membangun (GDM)
Untuk dapat menunjukkan prestasi dalam pengelolaan desa, secara administratif, pelayanan publik, dan pengelolaan program pembangunan, sehingga GDM menjadi jaringan kerja antar desa untuk berdaulat di bidang sosial, ekonomi, budaya, teknologi dan politik.
Dengan berdasarkan pada prinsip GDM sebagai berikut:
  1. Tatakelola Desa yang baik, bersih, akuntabel dan transparan,
  2. Pelayanan publik prima yang efektif dan efisien
  3. Pemanfaatan teknologi tepat guna dan terbuka(opensource),
  4. Pengelolaan sumber daya desa yang berkelanjutan berbasis kearifan lokal serta berdasarkan pada kolektif masyarakat.
Tahapan GDM
Merupakan media belajar bersama antar desa agar mampu membangun dirinya dengan tanpa harus menunggu program dari Pemerintah Daerah, maupun Pusat.
  1. Desa bersuara, dengan membuat Website desa dengan domain desa.id dan sosial media yang dapat digunakan untuk menyuarakan kondisi, mempromosikan segala potensi yang dimiliki ke seluruh dunia, sehingga pihak terkait dan berkepentingan baik swasta maupun pemerintah, dan para investor dapat tertarik untuk ikut serta memajukan desa kita.
  2. Desa Melek IT (Informasi dan Teknologi),  desa diharapkan mampu menerapkan dan memilih teknologi yang tepat guna serta dapat mengakses dan mengolah semua informasi yang disesuaikan dengan potensi desa yang dimiliki. Aplikasi DesaOs dan Sikomar dapat menjadi pilihan sebagai perangkat untuk kepentingan komunikasi sehari-hari dengan seluruh warga khususnya dan komunikasi dengan belahan dunia lainnya.
  3. Desa Pelayanan Publik Prima, perangkat pemerintahan desa dapat melayani kebutuhan warga secara baik, tertib, dan terukur, baik pada bidang administrasi kependudukan, pendidikan, keagamaan, kesehatan, dan sarana lainnya. Desa 2.0 (Sistem Informasi desa) adalah pilihan tepat sebagai aplikasi desa sebagai pendukungnya.
  4. Desa Kelola Sumber Daya, Pemetaan wilayah,potensi yang dimiliki dan seluruh sumber daya secara rinci dapat diakses oleh seluruh warga dan masyarakat di luar desa, dengan demikian potensi tersebut dapat digali lebih dalam untuk dikembangkan secara terbuka bersama seluruh masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian desa. Drone Desa adalah pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk hal tesebut diatas.
  5. Desa Mandiri dan Berdaulat, dengan memiliki kemampuan tata kelola pemerintahan dan masyarakat secara mandiri, bai, tertib, terbuka, bersih dan benar, dengan mematuhi dan melaksanakan peraturan dan undang-undang, serta produk hukum pemerintahan sehingga desa memiliki kedaulatan untuk menentukan rencana dan arah pembangunan dengan tetap searah dan sejalan dengan program pemerintah yang telah dicanangkan.
Dari Gerakan Desa Membangun (GDM) ini diharapkan Desa Cilembu dan seluruh desa yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang khususnya dan seluruh desa di belahan bumi pertiwi Indonesia ini bersatu padu membangun desa demi warga masyarakat semakin sejahtera baik lahir maupun bathin-nya...yu...mari...
Disadur dari sumber desamembangun
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...di http://www.tsu.co/MangLembu
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger