DESA CILEMBU

Pelat Ortotropik Baja untuk Pengganti Lantai Jembatan Rangka Baja

Pelat Ortotropik Baja ~ Jembatan rangka baja yang baru berjumlah 8 persen dari total jumlah jembatan rangka baja yang ada di Indonesia diindikasi telah banyak mengalami kerusakan karena korosi terutama dibagian rangka baja khususnya pada bagian pelat lantai kendaraan.
Untuk menunjang pelayanan jembatan khususnya jembatan di jalan nasional kerusakan yang terjadi harus segera di perbaiki dengan menggunakan teknik penggantian yang cepat, mudah, dan tetap bernilai ekonomis tanpa melakukan penutupan jembatan yang dapat mengganggu arus lalu lintas.
Atas dasar analisa dan pertimbangan nilai ekonomis, maka untukdapat melakukan perbaikan yang efektif yaitu dengan menggunakan struktur pracetak berbentukpanel ukuran 1,5m x 1,5m dengan menggunakan pelat baja yang dimodifikasi bentuk strukturnya yang lebih dikenal dengan nama PELAT ORTOTROPIK BAJA.
Pelat Ortotropik Baja untuk Pengganti Lantai Jembatan Rangka Baja
PELAT ORTOTROPIK adalah pelat yang mempunyai kekuatan yang tidak sama dalam dua arah yang saling tegak lurus, hal ini disebabkan adanya penempatan suatu konstruksi pengaku yang dikenal dengan sebutan rib hanya pada satu arah sebagaimana yang direncanakan.
Konstruksi balok dalam berbagai macam profil, baik berupa pelat tegak, pelat T terbalik dan pelat berbentuk U
Karena sistem ini akan digunakan untuk penggantian lantai jembatan yang dikerjakan secara segmental, otomatis perlu sedikit perencanaan awal seperti agar struktur tidak lepas dari gelagar memanjang, baut tidak putus dan beban dapat terdistribusi sebagaimana yang direncanakan.

PELAT ORTOTROPIK BAJA merupakan pelat yang dibuat dalam bentuk segmen dengan dimensi panjang x lebar adalah 4995mm x 1504mm untuk penggantian pelat lantai (beton) jembatan rangka baja yang rusak.
Dasar ditemukannya produk ini adalah perhatian akan sistem lantai jembatan bentang panjang yang sudah menggunakan sistem ini sejak tahun 1960-an yang diindikasikan lebih ringan jika dibandingkan dengan pelat lantai komposit baja beton dan pengamatan tentang keunggulan akan pelat pracetak.
Khususnya yang memungkinkan tidak perlu dilakukannya penutupan lalu-lintas diatas jembatan yang sedang di perbaiki yang dapat mengakibatkan diperlukannya jembatan sementara disebelah jembatan yang akan diperbaiki.
Dengan menggunakan sistem dan metoda Pelat Ortotropik Baja untuk Pengganti Lantai Jembatan Rangka Baja maka efektifitas dan nilai ekonomis akan dapat diperoleh dalam perbaikan jembatan rangka baja ini.
sumber: Pusjatan 
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...klik di http://www.tsu.co/MangLembu
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Belum lihat yang beginian, masih baru juga buat saya yang anak teknik arsitektur. Tapi patut juga untuk dicoba di Indonesia, terlebih lagi warganya suka nggak sabaran.

Balas

ya begitulah pak....anak arsitek yang berbeda kalau begitu mah ya...:D

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger