DESA CILEMBU

RHK (Ruang Henti Khusus) Sepeda Motor

RHK (Ruang Henti Khusus) Sepeda Motor mewujudkan jalan yang aman, tertib dan lancar adalah tujuan utama dari dibuatnya metoda RHK yang adalah merupakan sebuah bidang datar yang diberi warna merah, dengandimensi dua dikelilingi garis warna putih, dan terdapat lambang sepeda motor.
Sepeda motor di Indonesia adalah moda transportasi masyarakat yang sangat populer, data Puslitbang Jalan dan Jembatan menunjukkan pada tahun 2015 populasi sepeda motor mencapai 102,11 juta unit, sehingga menyebabkan potensi konflik lalu lintas dan kemacetan.
Akibat dari penumpukkan yang tidak teratur menyebabkan terjadinya pelanggaran aturan lalu lintas, seperti:
  • melampaui garis henti, 
  • menutup pergerakan lalu lintas kendaraan yang akan belok kiri langsung, serta 
  • menghalangi pergerakan pejalan kaki 
Akibat hal tersebut diatas menjadikan dominasi sepeda motor pada arus lalu lintas cenderung menurunkan kinerja dari ruas dan simpang jalan.
Dengan dibuatnya Ruang Henti Khusus (RHK) untuk sepeda motor ini memberikan ruang kepada sepeda motor untuk berhenti didepan persimpangan pada fase merah dan keluar terlebih dulu pada masa fase lampu berwarna hijau.

Ruang Henti Khusus (RHK) adalah salah satu penanganan terhadap permasalahan kinerja persimpangan jalan dengan memisahkan sepeda motor dengan kendaraan roda empat (mobil) pada saat berhenti dipersimpangan selama lampu merah menyala merah.
RHK (Ruang Henti Khusus) Sepeda Motor
Hasil analisa sebelum dan sesudah penerapan RHK (Ruang Henti Khusus) Sepeda Motor pada empat persimpangan di Jawa Barat dan Bali telah dilakukan pada tahun 2014, menunjukkan bahwa terdapat kenaikan rata-rata jumlah kendaraan pada waktu puncak hingga 13 persendi kota Bandung, dan 8 persen di kota Denpasar dan Kabupaten Badung - Bali.
Jadi: RHK (Ruang Henti Khusus) Sepeda Motor dapat meningkatkan kinerja persimpangan jalan perkotaan
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...klik di http://www.tsu.co/MangLembu
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger