DESA CILEMBU

Asbuton dengan Zeolit

Asbuton dengan Zeolit Ramah Lingkungan ~ Teknologi perkerasan jalan mengalami kemajuan yang sangat signifikan, dan harus ramah lingkungan. Teknologi perkerasan jalan yang ramah lingkungan ini menekankan pengurangan emisi karbon pada seluruh proses produksi. Teknologi jalan ramah lingkungan telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya dinegara-negara eropa dan Amerika Serikat, yang merupakan penerapan dari agenda utama pada protocol kyoto.

Pada tahun 2011, Balai Bahan dan Perkerasan Jalan mulai melakukan riset mengenai bahan perkerasan jalan yang ramah lingkungan, dan uji coba teknologi sintesis bahan penurun temperatur pencampuran beraspal, yang terkenal dipasaran dengan aspha-min, advera.
Produk-produk tersebut (aspha-min, advera, dan lain-lain) tersusun dari molekul-molekul zeolit, dan Indonesia mempunyai cadangan zeolite yang banyak.
Asbuton dengan Zeolit
Pada Tahun 2012 bahan untuk campuran hangat yang terbuat dari zeolite local di ujicobakan pada lab dan skala kecil.
Produk lain yang dilakukan percobaan ini adalah Lead cap. Hasil perkerasan jalan ini dilihat dari hasil laboratorium maupun dari lapangan memberikan nilai kekuatan perkerasan jalan yang mirip dengan perkerasan jalan menggunakan metoda warmmix.
Kedua bahan ini memiliki prinsip dasar yang berbeda, dimana bahan zeolite menggunakan air yang terkandung dalam pori-pori zeolite untuk menghasilkan foam aspal, sehingga penyelimutan agregat oleh aspal menjadi lebih merata dan pada temperatur lebih rendah dari warm mix. Sedangkan produk lead cap menitik beratkan penambahan viskositas pada suhu lebih rendah dengan bantuan senyawa yang berbahan dasar parafin meregangkan ikatan-ikatan pada molekul-molekul bitumen aspal dan menurunkan sesaat titik leleh bitumen aspal sehingga bitumen aspal mempunyai viskositas lebih besar pada saat pelapisan aggregat. Penurunan temperature ini bias mencapai 30°C dari temperaturhotmix.

Di era kesadaran lingkungan yang tinggi, penggunaan campuran aspal panas yang sangat tinggi (hot mix asphalt) dianggap tidak relevan lagi. Metode pengaspalan ini menghabiskan energi yang banyak, menimbulkan pencemaran lingkungan, dan menguras sumber daya alam.
Untuk itu telah dikembangkan dan diterapkan teknologi campuran aspal hangat (warm mix asphalt).
Negara-negara di Eropa dan Amerika telah menggunakannya sejak lama. Disebut hangat karena suhu pemanasannya lebih rendah hingga 30 C dari hot mix asphalt. Artinya bisa mengurangi penggunaan energi yang berlebihan dan mengurangi polusi udara.
Supaya warm mix asphalt mendapatkan kekuatan dan kinerja seperti campuran aspal panas, maka digunakan bahan additive zeolit.
Hebatnya, zeolit ini banyak ditemukan di Indonesia. Zeolit alam dan sintetis adalah mineral aditif yang digunakan untuk menambahkan air ke dalam campuran sehingga mengurangi viskositas pengikat.
Zeolit memiliki kemampuan untuk melepas kandungan air tanpa mengubah struktur kristal mereka. Zeolit Alam memiliki 6% sampai 12% air dari massa mereka yang  terperangkap dalam kristal dan untuk zeolit sintetis kandungan air sampai dengan 25%.

Zeolit ditambahkan ke campuran bersamaan dengan aspal yang telah dipanaskan sampai suhu tertentu. Aspal dan agregat pada suhu tinggi akan menyebabkan zeolit seketika melepaskan kandungan air. Air yang terlepas menyebabkan volume aspal bertambah dengan adanya busa aspal. Busa aspal tersebut menandakan viskositas aspal menurun dengan cepat dan volume aspal berkembang mencapai 30 kali lebih besar.
Dengan viskositas yang rendah pada tingkat tertentu proses pencampuran dapat dilakukan pada suhu lebih rendah. Kandungan air pada zeolit mulai dilepaskan apabila dipanaskan mulai suhu ±80°c.
Asbuton dengan Zeolit Ramah Lingkungan
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...klik di http://www.tsu.co/MangLembu
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

Teknologi aspal yang perlu diterapkan di jalan jalan indoensia biar awet nggak cepat berlubang

Balas

brarti zoilit hebat dong mang.
kayanya pengaspalan di daerah saya aspalnya pake zeolit juga kayanya ya.

Balas

kalau lubangnya lubang janda mah,,,suka ya mang? :D

Balas

saya baru tau ada metode pengerasan jalan yg ramah lingkungan, saya mah awam sama yang kayak beginian :)

Balas

sudah harusnya emang gituh atuh mang

Balas

berarti kita bisa cocok dong nih....eh

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger