DESA CILEMBU

Beton tanpa semen

Beton Geopolimer (Beton tanpa semen) ~ kita kenal beton sebagai material bangunan paling populer, tersusun dari komposisi utama batuan (agregat), air dan semen portland. Beton sangat populer dan di gunakan secara luas, di antaranya karena bahan pembuatnya sangat mudah di dapati secara lokal, harganya relatif mudah dan teknologi pembuatannya relatif sederhana.
Beton didefinisikan sebagai sebuah bahan yang diperoleh dengan mencampurkan agregat halus (pasir), agregat kasar (kerikil, batu disebut pecah), semen, air dan bahan tambahan lainnya (admixture) bila diperlukan dan telah mengeras.

Perencanaan struktur beton memiliki persamaan matematik dalam analisisnya, antara lain persamaan kurva tegangan regangan beton (nawy, 1988). Kurva tegangan regangan beton akan menampakkan perilaku dari beton yang akan dianalisa. Missal kuat tekan beton, regangan beton saat saat kondisi unlimit, kondisi beton mulai runtuh, dan kondisi beton saat mulai hancur.
Bahan tambahan saat ini banyak digunakan kedalam campuran beton dengan berbagai tujuan, baik yang berbentuk organik dan non-organik.
Cara pemakaiannya pun berbeda-beda, sebagai bahan pengganti atau tambahan pada campuran untuk mengurangi pemakaian material utama sehingga dapat mengurangi biaya untuk pembelian material yang harganya relatif mahal.
Namun, akhir-akhir ini beton yang kita kenal makin sering mendapati kritik, khususnya dari kalangan peduli kelestraian lingkungan hidup. Hal pertama yang sering dijadikan sasaran perhatian adalah emisi gas rumah kaca (Karbondioksida) yang di hasilkan pada proses proudksi semen. Isu yang kedua yang kerap dipersoalkan adalah masalah keawetan beton itu sendiri.

Bangunan beton pada umumnya sudah memerlukan perbaikan karena sudah mulai mengalami kerusakan ketika bangunannya sudah berusia 20 tahun, walaupun telah direncanakan dan dibuat sesuai dengan standar-standar yang berlaku.

Dari permasalahan yang ada sudah saatnya kita mencoba untuk mencari jalan keluar dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, dimana dalam pekerjaan konstruksi beton khususnya beralih dengan menggunakan beton geopolimer yang sering di sebut dengan beton ramah lingkungan.
Adapun komposisi dari beton geopolimer sendiri terdiri dari bahan-bahan nonorganik lewat polimerisasi. Bahan dasar utama yang diperlukan utnuk pembuatan material geopolimer ini adalah bahan-bahan yang banyak mengandung unsur-unsur silikon dan alumunium.
Beton Geopolimer (Beton tanpa semen)
Dalam hal ini Beton tanpa semen menggunakan hasil limbah dari batubara yang sering disebut
  • Fly Ash merupakan material yang memiliki ukuran butiran yang halus, berwarna kuning keabu-abuan dan diperoleh dari hasil pembakaran batubara. Pada intinya Fly Ash mengandung unsur kimia antara lain silica (SiO2), alumina (Al2O3), fero oksida (Fe2O3) dan kalsium oksida (CaO), juga mengandung unsur tambahan lain yaitu magnesium oksida (MgO), Titanium Oksida (TiO2), serta sulfur trioksida (SO3) dalam jumlah yang lebih sedikit.
Unsur-unsur ini banyak didapati, diantaranya pada material buangan hasil sampingan industri, seperti misalnya abu terbang dari sisa pembakaran batubara. Untuk melarutkan unsur-unsur silikon dan alumunium, serta memungkinkan terjadinya reaksi kimiawi digunakan larutan yang bersifat alkalis. Material geopolimer ini di gabungkan dengan agregat batuan kemudian menghasilkan beton geopolimer, tanpa menggunakan semen lagi.
Beton Geopolimer (Beton tanpa semen)
Baca juga: 
Hasil-hasil riset selama ini telah menunjukan bahwa beton geopolimer memiliki sifat-sifat teknik yang amat mengesankan, diantaranya kekuatan dan keawetan yang sangat tinggi.
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...klik di http://www.tsu.co/MangLembu
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

bahannya ramah lingkungan, tapi kekuatannya kalo di adu dengan beton semen gimana kang

Balas

Bolehlah biar lebih irit ...habisnya semen mahal tuh

Balas

diadu, emangnya domba.... :D

Balas

ngirit, biar singset ya mang

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger