DESA CILEMBU

Cara Tanam dan Panen Pakcoy di Polybag

Pakcoy atau PakChoi atau Brassica Chinensis adalah tanaman sayuran yang sejenis dengan sawi daging, karena batang dari daun pakcoy ini mengandung pangkal sayur yang lembut berwarna putih yang lembut seperti daging.
Sayuran Pakcoy ini biasanya disajikan seperti halnya daun sawi yaitu sebagai penambah dan vareasi makanan berkuah atau biasanya ditambahkan pada masakan mie instan.

Cara Tanam Pakcoy (pembibitan):
  • Siapkan tempat pembenihan (sedikit lahan yang diberi pagar agar areal pembibitan tidak diganggu oleh  binatang lain (ayam) , ggunakan tempat khusus untuk pembenihan atau dapat juga menggunakan tatakan atau nampan bekas, dengan media tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dan sekam,
  • Rendam bibit terlebih dahulu dalam sebuah larutan Previkur N dengan konsentrasi 0,1 selama kurang  lebih selama dua jam, setelah kering, semai bibit pakcoy pada media,
  • Lakukan persemaian bibit dengan jarak 9x9 cm dengan tiga atau empat bibit sebagai antisipasi jika pertumbuhannya kurang maksimal,
  • Siram persemaian pakcoy pagi dan sore hari, dan tunggu dalam jangka waktu 10 - 12 hari, sampai bibit tumbuh daun.
  • Siapkan Polybag dengan media tanam tanah yang sudah dicampur dengan sekam dan pupuk kandang (tanah subur), 
  • Pindahkan bibit yang telah berusia 10 - 12 hari kedalam polybag yang sudah disiapkan,
  • Tempatkan polybag yang sudah ditanami Pakcoy di tempat yang terkena matahari langsung,
  • Siram tanaman Pakcoy pagi dan sore hari,
Panen Pakcoy di Polybag
  • Pakcoy dapat dipanen pada jangka waktu yang relatif pendek, yaitu 28 sampai dengan 35 hari,
  • Tanda lainnya tanaman Pakcoy siap dipanen adalah memiliki pangkal tanaman pakcoy yang terlihat berisi, dengan warna putih mulus, serta warna dan pertumbuhan daun terlihat subur dengan warna hijau yang merata,
  • Lakukan cara panen dengan hati-hati yaitu dengan cara memetik pangkal daunnya dengan menggunakan gunting atau dapat mencabut langsung dengan akar-akarnya.
  • Hasil panen sebaiknya setelah dibersihkan, segera di kumpulkan dan disimpan pada tempat yang sejuk tidak terkena langsung sinar matahari.
Budidaya dan Keistimewaan Tanaman Pakcoy,diantaranya adalah:
  • Memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan,
  • Masa tanam yang pendek, 28 sampai dengan 35 hari,
  • Memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dengan harga Rp.5000 hingga Rp.7000/kg,
  • Lahan yang dibutuhkan tidak luas,
ATAU lekukan penanaman Pakcoy dengan cara Plasma, seperti yang dilakukan oleh kami, warga Desa Cilembu.
Cara Tanam dan Panen Pakcoy di Polybag
LIHAT:
Cara Tanam dan Panen Pakcoy di Polybag, semoga berguna
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...klik di http://www.tsu.co/MangLembu

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

MUDAH TANAM PAKCHOY NI ASAL RAJIN BISA JADI...

Balas

selin demikian adanya, juga menyenangkan betapa melihat hijaunya daun bertumbuhan...menyejukkan mata

Balas

kok tumben ya mang ngga disqus lagi? hehe
padahal saya baru aja hijrah dari komentar blog menuju disqus :)

tanaman pakcoy ini jujur saya mah gatau mang hehe
emang iya ini bisa disajikan bersama masakan seperti mie instan? mie instan biasanya saya tambahin potongan tomat mang

Balas

Cara budidaya tanaman terutama sayuran dengan polybag, memang lagi marak yah, dan tentunya lebih efisien di dalam merawatnya.

Balas

Kapan blognya ganti baju kang, padahal dah lama banget kayaknya pakai kompi males, keren euy,... saya jg pakai template ini di salah satu blog saya yg lain.

Balas

Namanya cukup unik, mang Pakcoy... cukuip mudah ternyata cara menanamnya, cocok buat orang yang tidak terlalu punya banyak lahan untuk bercocok tanam, dengan menggunakan polybag-pun bisa....

Balas

Wah manteb nih kang lembu bisaan euy

Balas

blogger komentar atau disqus nggak ada bedanya mang, yang membedakan hanyalah KUMAHA BEUNGET na weh....gituh kata master mah ceunah teh

Balas

iyah mang...kebetulan hobi kami berdua...menanam...jadinya seruh ajah gituh

Balas

pernah nanemin dalam polybag. hasilnya tiap sabtu bisa tumis dan kadang di buat juice. sehattt eeeuyyyy

Balas

memang sangat perlu nanam sayuran makasih share ilmunya :D

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger