DESA CILEMBU

Pegang Biji

Pegang Biji ~ Biji adalah bakal ovulum dari tanaman atau tumbuhan yang berbunga yang kemudian dilindungi oleh daging. Biji merupakan embrio tumbuhan yang peling kecil yang termodifikasi sehingga dapat tahan lama pada kondisi yang kurang sesuai untuk tumbuh.
Biji menurut bahasa Sangsekerta adalah bija, yang pada perkembangannya sering disalah gunakan penerapannya menjadi benih dan atau bibit. Padahal benih adalah biji yang dipersiapkan secara khusus untuk menghasilkan tanaman (mahluk baru), sedangkan yang dimaksudkan dengan bibit (atau disebut juga dengan semai) adalah tanaman atau hewan muda yang siap tanam (hewan dibesarkan) setelah dirawat sampai umur tertentu atau hasil perbanyakan tanaman dengan cara lain seperti di cangkok, stek atau okulasi.
Bahasa awam juga sering salah pada penerapan kata biji padi (gabah), biji jagung, dan biji bunga matahari misalnya yang secara botani sesungguhnya adalah buah kering yang biji sesungguhnya berada didalamnya, juga penerapan kata biji pada biji mangga yang sesungguhnya biji yang terlapis oleh endokarp, yaitu bagian dalam buah yang mengeras atau liat untuk melindungi biji yang sesungguhnya.
Terlebih lagi banyak orang yang sangat salah, dengan menyebut Biji Peler....khususnya yang sering melakukan kesalahan penerapan kata tersebut adalah para kaum wanita dan ibu-ibu rumah tangga yang sedang marah pada suami dan atau pasangannya yang kepergok berselingkuh dengan janda muda yang baru 4 bulan bercerai, saking marahnya para wanita dan ibu-ibu tersebut sering mengucapkan kata-kata: dasar luh.... biji peler.... diumbar bae.
Dibanding dengan para wanita dan atau ibu-ibu yang sering salah menerapkan kata biji seperti contoh diatas, lebih parah lagi dengan foto diatas yang dilakukan Mang Hendi dan Om Cepot malahan Pegang Biji
Anda ingin mendapatkan $, bergabunglah bersama saya di media sosial Tsu, GRATIS...klik di http://www.tsu.co/MangLembu
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

Wah mang lembu bahas biji-bijian nih.. Eum janda muda baru cerai 4 bulan itu namanya siapa toh mang ?

Balas

neng Ani....orangnya manclisgile mang....tapi ke mang Efendi mah yakin nggak bakalan mau....maaf ya mang

Balas

Ane kira biji apaan mang :D Hahaha

Balas

biji peler...kan :D

Balas

tertarik kang, dengan janda mudanya, mungkin mereka kangen dengan biji-bijian...

Balas

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger