DESA CILEMBU

4 Cara mewujudkan Keluarga Samara

Keluarga yang samara (sakinah, mawaddah, warohmah) adalah dambaan dan tujuan semua keluarga baik keluarga yang baru memulai rumah tangga maupun rumah tangga yang sudah bertahun-tahun membangunnya.
Doa para kerabat dan handai taulan kepada pasangan pengantin baru pun pasti mengharapkan keluarga yang akan dibangun oleh sepasang pengantin baru ini kelak menjadi keluarga yang samara, dan dikaruniai anak-anak yang soleh dan solehah.
Tujuan utama yang akan menjadikan keluarga kita menjadi keluarga yang samara tentu harus diperjuangkan secara bersama-sama dengan pasangan, untuk itu mari kita sekaligus bersama-sama dengan saya kita coba mewujudkan keluarga kita menjadi keluarga yang samara dengan cara di bawah ini:
  1. Perbaiki sholat kita. Sudah sholat tepat waktu belum?, Sudah sholat berjamaah di Masjid belum?, Sudah mengajak anak-anak dan istri sholat subuh berjamaah dimasjid belum?. Sudah melaksanakan sholat-sholat sunnah belum?. Surat (Ibrahim ayat 31), Allah Swt bilang, yang artinya: Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, Hendaklah mereka mendirikan sholat...  Dengan melakukan sholat yang benar dan baik serta berusaha untuk dapat melakukan sholat khusyu  apapun persoalan di rumah tangga yang terjadi diantara kita (suami dan istri), akan cepat terselesaikan tanpa adanya keributan. Contoh: jika pasangan kita berbuat khilaf (salah), jangan langsung marah secara frontal (langsung), tapi kembalikan dan laporkan terlebih dulu kesalahan pasangan kita itu kepada Allah Swt. melalui sholat dua rakaat (sholat hajat), sampaikan keluhan serta kegundahan hati kita atas kesalahan pasangan kita kepada-Nya. Dan setelahnya barulah kita sampaikan kepada pasangan kita bahwa dia (mungkin dia tidak menyadarinya) telah berbuat salah...dengn kalimat yang lembut, karena amarah yang kita sampaikan secara lembut pasti menghasilkan solusi bijaksana, apalagi kita sudah laporkan kesalahan pasangan kita kepada Allah Swt....Dia pasti akan membantu menyelesaikan persolan rumah tangga kita. Doa Komplit setelah sholat, yang artinya: Ya Tuahnku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat; Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku, Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua orang ibu bapakku dan sekalian orang-orang Mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat), (QS. Ibrahim: 40 - 41)
  2. Perbanyak sedekah. Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, Hendaklah mereka mendirikan sholat, menafkahkan sebagian rejeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari kiamat yang pada hari tu tidak ada jual beli dan persahabatn. (QS. Ibrahim: 31). Sedekah adalah bagian dari penyeimbang dari sholat yang telah kita laksanakan pada poin satu, ini yang biasa dikenal dengan habluminallah dan hablumninanas, jika keseimbangan ini dapat berjalan secara bersamaan,maka pertolongan Allah Swt bagi tujuan pemenuhan ekonomi sebagai satu dari beberapa hal dalam pencapaian tujuan rumah tangga kita yang Samara dapat tercapai...ini janji Allah Swt.
  3. Selalu bersyukur. atas apa yang telah diberikan Allah Swt kepada kita dan keluarga merupakan bentuk kepasrahan kita atas semua kehendak-Nya. Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim: 7)
  4. Mencintai Rasulullah Saw. dengan cara melakukan rasa cinta kita dengan melaksanakan contoh dan sunnah-sunnah Roasullullah Saw.  Banyak rumah tangga yang telah meninggalkan kecintaannya kepada Rasulullah Saw, terlihat dari tidak banyak lagi rumah tangga yang didalam keluarganya tidak melakukan sunnah-sunnahnya, seperti tidak: Membaca Al Quran, tidak banyak beristigfhar, tidak banyak membaca shalawat, tidak berpuasa sunnah, serta sunnah-sunnah lainnya yang justru dapat menjadi perhiasan terbaik didalam rumah tangga jika hal tersebut diatas dilakukan bersama-sama seluruh keluarga. Mari kita menghidupkan kembali sunnah-sunnah Rasulullah Saw didalam rumah kita masing-masing.
Andai saya dan keluarga, serta semua blogger dan pasutri dapat menjalankan 4 Cara mewujudkan Keluarga Samara diatas, bahagia dunia dan akherat-lah, kita semua. 
kita mulai yu...
Dari berbagai sumber
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan dari bambu ramah lingkungan,...ng-klik GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger