logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Inilah Tarif Pengurusan STNK 6 Januari 2017

www.desacilembu.com
6 Januari 2017 Tarif Pengurusan STNK Naik 3 Kali Lipat ~ Kebijakan pemerintah menaikkan tarif pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) hingga 3 kali lipat memang merupakan kebijakkan tidak populer yang harus diambil pemerintah, selain dari pada itu kondisi ekonomi Indonesia sesungguhnya belum stabil.
Kenaikan tarif tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), tertanggal terbit 6 Desember 2016 dan berlaku 30 hari setelah diterbitkan, sekaligus menggantikan peraturan lama PP Nomor 50 Tahun 2010.
Inilah Tarif Pengurusan STNK 6 Januari 2017
Dengan berlakunya PP 60/2016 ini, terdapat penambahan jenis PNBP yang mulai berlaku seperti tarif Pengesahan STNK, Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan, STRP & TNRP (lintas batas) dan Penerbitan SIM golongan C1 dan C2.

Inilah Tarif Pengurusan STNK Naik 3 Kali Lipat dari tarif lama:
  1. Biaya penerbitan STNK roda dua dan roda tiga naik menjadi Rp100 ribu yang sebelumnya Rp50 ribu.
  2. Roda empat atau lebih dari sebelumnya Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu.
  3. Untuk pengesahan STNK, yang sebelumnya gratis, dengan disahkan PP ini maka akan berbayar Rp25 ribu untuk roda dua dan empat, dan Rp50 ribu bagi roda empat atau lebih.
  4. Pengurusan dan penerbitan BPKB mengalami kenaikan yang sangat signifikan.
  5. Roda dua dan roda tiga yang sebelumnya ditarif sebesar Rp80 ribu, kini diwajibkan membayar Rp225 ribu dan roda empat atau lebih sebesar Rp375 ribu dari sebelumnya Rp100 ribu.
  6. Selain itu, biaya baru Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua dan roda tiga dari Rp30 ribu menjadi Rp60 ribu, dan Roda empat atau lebih dari Rp50 ribu menjadi Rp100 ribu.
  7. Kenaikan tarif masih dikenakan pada tarif Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan untuk roda dua atau roda tiga dari Rp75 ribu menjadi Rp150 ribu, dan roda empat atau lebih dari Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu.
  8. Tarif PNBP yang dikelola oleh Polri dengan aturan Kementerian keuangan ini tidak dikenakan pada Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK).
Kepala Bidang Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri Komisaris Besar Chrysnanda Dwi Laksana, menjelaskan tarif baru dalam pembuatan dan pengurusan STNK serta BPKB merupakan bagian dalam investasi.
Pengurusan STNK dan BPKB, juga SIM, masuk dalam bagian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang sebelumnya diatur di PP Nomor 50 Tahun 2010, yang diperbarui oleh PP Nomor 60 Tahun 2016 yang akan berlaku 6 Januari 2017.

Fungsi dan Sistem PNPB ini ada kaitannya dengan investasi road safety untuk keselamatan. Kewajiban negara sebagai pengemban amanat UU untuk meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tindak fatalitas korban keselamatan, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan pada publik di bidang LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, danPNPB juga diarahkan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang LLAJ di dalam negeri.
PP 60/2016 tentang PNBP ini pemerintah harus mengimbangi dengan kebijakan lain. Yang mana, PP 60/2016 itu untuk menekan angka kepemilikan kendaraan bermotor, sehingga masyarakat akan mengoptimalkan fungsi dari transportasi umum.
Tarif Pengurusan STNK Naik 3 Kali Lipat
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan dari bambu ramah lingkungan,...ng-klik GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger