logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Ngarit

www.desacilembu.com
Dikenal juga dengan menyabit rumput untuk makanan ternak merupakan pekerjaan sederhana yang dengan hanya membutuhkan latihan sebentar saja, maka semua orang bisa melakukan pekerjaan ngarit.
Walaupun ngarit adalah sebuah pekerjaan sederhana dan bisa jadi banyak orang menganggap ngarit merupakan pekerjaan hina, oleh karena itu maka orang yang mengerjakan pekerjaan ngarit biasanya disebut atau dipanggil dengan sebutan mamang (kalau di panggil dengan sebutan Om atau Pak, atau di panggil Bos,....malah kurang pas), meskipun demikian jika kita sejenak merenungkannya, pekerjaan ngarit ini memiliki filosofi yang sangat dalam pada kehidupan kita sehari-hari.
Ngarit
Filosofi ngarit
Ketika kita melakukan pekerjaan ngarit sesungguhnya terdapat makna yang dalam, karena pada saat ngarit kita dituntut untuk menjadi:
  • tekun, jujur, ulet, rajin, disiplin, hati-hati, pantang menyerah, dan berani,
Sebelum melakukan pekerjaan ngarit, tentu kita wajib mempersiapkan peralatan seperti 
  1. Arit dan keranjang bambu (tempat), dan
  2. Arit harus terlebih di asah agar menjadi tajam saat digunakan.
Arti yang terkandung didalamnya, bahwa apapun yang akan kita lakukan harus didahului dengan niat dan mempersiapkan fisik dan mental, pikiran juga harus diasah sehingga arah dan tujuan kita bisa tercapai. Setelah peralatan siap maka kita mengawalinya dengan perjalanan yang kadang mudah, tetapi kadang pula berliku. Kadang tanpa rintangan, namun terkadang penuh rintangan seperti banjir, dan lainnya. Semua rintangan seperti panas, hujan, gatal-gatal dan serangan hewan berbahaya harus kita hadapi. Kemudian kita harus dapat mencari dan menentukan tempat mana yang sesuai dengan kebutuhan rumput yang akan diambil. Rumput yang diambil harus sesuai kebutuhan hewan ternak. Rumput tua untuk ternak sapi, dan rumput umur sedang untuk kambing atau domba. 
Perencanaan yang matang adalah kunci utama keberhasilan. Jika salah dalam perencanaan tentu saja pekerjaan tersebut akan gagal, demikian juga dengan kegiatan ngarit membutuhkan kecepatan, ketepatan, kehati-hatian dan kecermatan. Maknanya bahwa pada saat kita melakukan sebuah pekerjaan kita harus menerapkan keempat hal tersebut diatas, yaitu:
  1. Kecepatan,
  2. Ketepatan,
  3. Kehati-hatian, dan
  4. Cermat
Pekerjaan ngarit yang merupakan sebuah pekerjaan yang dianggap sepele, hina dan tidak penting, dan hanya dikerjakan oleh peternak atau dikerjakan hanya oleh buruh ternak, ternyata apabila kita mampu memaknai ternyata memiliki filosofi yang sangat dalam dan berbanding lurus dengan perjalanan hidup dan kehidupan manusia yang sedang berusaha menjadi insan yang lebih baik dari yang sebelumnya.
Video Ngarit dan Filosofi-nya
Maka.... mari kita bersama-sama melakukan pekerjaan ngarit, bantu saya memberi makan ternak kambing milik saya (lihat: Cara jadi Peternak Kambing Tanpa Harus Bau Kambing).... jangan dan nggak usah malu.
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan dari bambu ramah lingkungan,...ng-klik GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger