3 Cara Tepat Meredakan Sakit Gigi | DESA CILEMBU
DESA CILEMBU
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

3 Cara Tepat Meredakan Sakit Gigi

www.desacilembu.com
Sakit Gigi dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti gusi bengkak, kerusakan pada gigi bahkan serangan bakteri. Dari beberapa hal tersebut, kita akan fokus pada sakit gigi yang disebabkan oleh kerusakan pada gigi karena pada umunya sakit gigi paling sering disebabkan oleh hal tersebut

Gigi terdiri dari empat lapisan yaitu email, dentin, sementum, dan pulp. Email/enamel adalah  lapisan paling keras yang melapisi bagian terluar pada gigi. Di bawah email adalah dentin, jaringan ini bersifat lebih fleksibel dan lebih lembut dari enamel. Di bawah dentin adalah sementum, yang merupakan lapisan yang melindungi akar gigi. Sementum lebih lembut dari dentin dan enamel. Sedangkan Pulp merpakan bagian tengah gigi yang berisi banyak syaraf dan pembuluh darah, bagian inilah yang menyebabkan sakit pada gigi.
3 Cara Tepat Meredakan Sakit Gigi
Gigi yang berlubang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut, serta reaksi terhadap gula dan pati. Saat bakteri memecah gula dan pati, plak akan menempel pada gigi. Jika dibiarkan, plak tersebut yang seharusnya basa berubah sifat menjadi masam dan menggerogoti email gigi hingga sampai ke pulpa dan terjadi infeksi. Hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada gigi.
Baca Juga:
Penting sekali untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secepat mungkin apabila terdapat gejala sakit gigi sebelum semuanya terlambat  -cabut gigi-, Namun kadangkala rasa sakit  yang teramat sangat dan tdak tertahankan mungkin bisa terjadi pada malam hari sedangkan praktek dokter gigi pasti tutup.

Tenang, artikel ini dapat membantu meringankan rasa sakit gigi anda sampai anda bisa menemui dokter anda untuk berobat.
  1. Berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi nyeri pada gigi yang sakit. Garam dapat meringankan infeksi karena sifatnya yang antiseptik, selain itu juga dapat mengurangi penyebaran bakteri dan menetralkan kemasaman pada mulut. Yang anda perlukan cukup melarutkan garam secukupnya ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumur selama 1 menit, kemudian baru membuangnya dari mulut. Ulangi sampai rasa sakit hilang.
  2. Gunakan Alkohol. Saya sendiri sedikit mengurangi penggunaan alkohol dalam mengobati. Namun kadang-kadang alkohol juga dapat menjadi obat yang paling bagus karena efeknya dapat kita rasakan langsung, khususnya untuk mengatasi infeksi. Caranya rendam bola kapas dalam alkohol, dan peras kapas perlahan untuk mengurangi alkohol yang menetes, kapas tidak harus terlalu basah. Lalu letakkan di bagian  gigi yang sakit, ulangi seperlunya. Catatan: Alkohol seharusnya digunakan sebagai obat luar, tentu anda harus berhati-hati menggunakannya.
  3. Gunakan Cengkeh. Zat eugenol dalam cengkeh bersiafat antiseptik dan merupakan obat penghilang rasa sakit. Cengkeh sering digunakan oleh dokter gigi pada zaman dahulu sebelum ilmu kedokteran gigi modern berkembang. Bahkan sekarang zat eugenol masih sering kita jumpai ketika kita ke dokter gigi. Untuk meredakan sakit gigi dengan bahan cengkeh sangat mudah sekai, cukup dengan mengompres gigi yang sakit dengan ekstrak/minyak cengkeh.
3 Tips di atas hanya akan meredakan sakit gigi anda, tapi tidak sepenuhnya menyembuhkan. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi anda agar bisa ditindak lanjuti secepatnya.

Ditulis oleh: Arriyadh Prayugo

Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger