7 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak | DESA CILEMBU
DESA CILEMBU
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

7 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

www.desacilembu.com
Rasa Percaya diri pada anak haruslah ditumbuhkan sejak dini, sebab itu penting bagi orang tua untuk melatih anak-anaknya menjadi lebih percaya diri. Percaya diri merupakan keyakinan dari dalam diri untuk mampu menghadapi tantangan yang akan dihadapi Salah satu faktor penentu sukses adalah percaya diri, jika semenjak kecil anak-anak kita sudah ditanam dengan rasa percaya diri, maka bukan hal mustahil saat besarnya nanti anak-anak akan mampu mencapai tujuan mereka untuk meraih hal-hal besar. Rasa percaya diri dapat dibentuk sejak dini.
7 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak
Orang tua dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dengan memberikan banyak kesempatan baginya bereksplorasi. Biarkan mereka melakukan kesalahan dan tetap mendampinginya  untuk meningkatkan semangat mereka sehingga mereka terus mencoba. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana melatih anak agar percaya diri sehingga dikemudian hari akan berguna bagi masa depannya yang bahagia dan sukses.
  1. Bantu mereka memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh sangat menentukan rasa percaya diri seseorang. Biasakan pada anak-anak anda bejalan dengan bahu yang rileks dan punggung serta posisi kepala yang lurus. Hal ini juga akan membentuk citra diri dan meningkatkan percaya diri anak dalam sekejap.
  2. Biarkan anak anda membuat pilihan mereka sendiri. Rasa optimisme pada anak dapat diperoleh ketika si anak bisa membuat pilihannya sendiri yang sesuai dengan usia mereka. Tentunya dengan dampingan anda sebagai orang tua. Ketika anak menentukan pilihannya, disitulah muncul rasa optimisme dan percaya diri anak.
  3. Jangan memuji mereka berlebihan. Pujian yang terlalu berlebihan tidak akan membuat rasa percaya diri anak lebih baik. Bahkan, jika kita terus-terusan memuji anak kita sangat pintar dan berbakat, mereka akan sangat mudah putus asa ketika ada sesuatu yang sulit menimpanya. Jika kita tidak terlalu memuji anak-anak kita, mereka akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras lagi ketika menghadapi tantangan. Selain itu, memuji usaha merekalebih baik dibandingkan hasil, meskipun hasilnya tidak sesuai harapan.
  4. Ajarkan anak sopan santun. Mungkin terdengar aneh, tapi jangan salah, perilaku sopan santun seperti bersalaman dengan orang tua dapat memberikan anak Anda motivasi untuk membangun kepercayaan diri.
  5. Ajarkan anak Anda untuk menjadi pemecah masalah. Sebagai orang tua, anda perlu untuk membimbing anak-anak anda untuk memecahkan masalah mereka. Kadang ketika mereka menghadapi suatu masalah, itu adalah kesempatan terbaik  untuk mengembangkan rasa percaya diri mereka. Anda harus tetap membimbing mereka tapi jangan biarkan mereka bergantung pada anda. Biarkan mereka menemukan solusinya sendiri, dan lebih baik apabila dengan cara berdiskusi dengan anda sebagai orang tua
  6. Beri mereka tanggung jawab. Membentuk rasa percaya diri anak dapat dilakuka dengan memberi mereka tugas-tugas rumah. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan memiliki tanggung jawab. Mereka bisa merapikan tempat tidur, membersihkan debu di kaca jendela atau bahkan mencuci piring. Tapi ingat jangan mencoba untuk mengomentari mereka atau bahkan memarahi apabila terjadi kesalahan, cukup dengan dinasehati dengan baik sehingga anak tidak jera dan akibat buruknya dapat menurunkan rasa percaya diri mereka
  7. Meningkatkan rasa percaya diri anda sendiri. Ini adalah langkah yang paling penting. Jika Anda memiliki percaya diri yang rendah, tingkatkan kembali rasa percaya diri anda. Ingat, orang tua adalah panutan anak-anaknya. Jika Anda percaya diri, begitu pula anak-anak anda.

Pada akhirnya tugas kita sebagai orang tua adalah untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan sukses di kemudian hari. Tentu sejak dari kecil anak kita sudah harus dibiasakan dengan hal-hal yang berkenaan dengan ciri orang sukses.
Ketika anak kemudian tumbuh besar dan menjalani hidup mereka sendiri tanpa kita, maka anak-anak kita akan ingat bekal yang telah diberikan oleh orangtuanya.
Semoga 7 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak ini jadi inspirasi

Ditulis oleh: Arriyadh Prayugo

Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger