logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

4 Nasehat Nabi Penyejuk Jiwa

www.desacilembu.com
Nasehat Nabi Penyejuk Jiwa ~ Dari Abu Ayyub al-Anshari, seorang laki-laki menemui Rasululllah SAW dan berkata: Ya, Rasulullah SAW, berilah aku nasehat yang ringkas, Maka beliau bersabda: Kalau engkau mengerjakan shalat maka shalatlah seperti shalatnya orang yang hendak meninggalkan (dunia). Jangan berbicara dengan satu kalimat yang esok hari kamu akan meminta uzur karena ucapan itu. Dan perbanyaklah rasa putus asa terhadap apa yang ditangan orang lain. (dikeluarkan oleh Ahmad (5/412), Ibnu Majah (4171), Abu Nu'aim dalam Al-Hilyah (1/462) Al-Mizzi (19/347) dan lihat Ash-Shahihah (401).
Nasehat Nabi Penyejuk HATI
Seorang dikatakan mulia bukan karena harta, jabatan atau popularitas, tetapiAllah SWT memuliakan hamba karena kesalehan dan ketakwaannya.
Hadist diatas berisi pesan kepada umatnya, ada pilar penting dari nasehat Nabi melalui hadist diatas yang dapat kita lakukan untuk mencapai kesalehan dan ketakwaan yang dimaksud oleh Allah Taalla.
4 Nasehat Nabi Penyejuk Jiwa tersebut adalah:
  1. SHALAT KHUSYUK. Awal nasehat dari Rasulullah, adalah untuk melaksanakan perintah shalat seolah-olah itu adalah shalat yang terakhir, karena jika kita mampu menghadirkan jiwa bahwa kematian itu sangat dekat dapat mendorong kita mencapai kekhusukan dalam shalat. Karena shalat khusyuk efeknya sangat makjleb pada prilaku dan kepribadian kita, karena shalat khusyuk adalah kunci segala kebaikan. Ingat dengan fimran-Nya: Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. (Al-Ankabut [29]:45). Bahkan Allah Taalla menjadikan shalat sebagai sebab meraih pertolongan-Nya, Allah Taalla berfirman: Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. (Al-Baqarah [2]: 45).
  2. MENJAGA LISAN. Lisan adalah organ tubuh yang paling rawan dan paling mudah berbuat dosa, sebab itu maka dibutuhkan penjagaan yang ekstra ketat terhadap lisan kita. Abdulah bin Mas'ud pernah berkata, Tidak ada yang paling mendesak untuk dipenjara dalam waktu yang lama selain daripada lisan. Rasulullah pernah memegang lidahnya seraya bersabda: Jagalah ini, Semoga ibumu kehilanganmu (sebuah ungkapan agar perkataan selanjutnya diperhatikan), Tidaklah manusia tersungkur di neraka diatas wajah mereka atau diatas hidung mereka melainkan dengan sebab lisan mereka. (Riwayat At-Tirmizi). Dengan lisan seorang dengan mudah menjadi kufur, dan seringkali lisan dijadikan senjata untuk melukai hati orang. oleh sebab itu jagalah lisan kita.
  3. QANA'AH. Sifat tamak dan tidak pernah merasa cukup dan tidak pernah merasa puas dan selalu merasakekurangan. Rasululllah bersabda: Seandainya seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, tentu dia menginginkan dua lembah lainnya, dan sama sekali tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) selain tanah (yaitu setelah mati) dan Allah menerima tobat orang-orang yang bertobat. (Mutafaqun 'alaih). Untuk mengatasi sifat yang berat ini Rasulullah berpesan: Dan perbanyaklah rasa putus asa terhadap apa yang ditangan orang lain. Qana'ah memiliki efek yang luar biasa dalam kehidupan seseorang. Dalam kondisi kekurangan pun kita akan merasa berkecukupan jika kita amemiliki sifat Qana'ah. Rasulullah bersabda: Peliharalah diri dari yang diharamkan, niscaya kamu menjadi manusia yang paling beribadah, ridhalah dengan apa yang Allah berikan kepadamu, niscaya engkau jadi manusia yang paling kaya. (Riwayat Ahmad).
  4. SENANG DINASEHATI. Sangat sulit menerima nasehat dengan lapang dada, begitulah sifat dasar manusia. Para sahabat Nabi telah melakukan semua hal tersebut diatas, mereka sangat bersemangat memberi nasehat, tetapi sangat senang juga ketika mereka dinasehati oleh Rasulullah, bahkan para sahabat selalu mencari Rasulullah untuk meminta nasehatnya.
Semoga 4 Nasehat Nabi Penyejuk Jiwa dan kita semua diberikan taufik untuk mengikuti jejak para sahabat Nabi. Aaaamiiiin
Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger