logo
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Cara Mengendalikan Hama di Pertanian Organik

www.desacilembu.com
Hama di Pertanian Organik
Pertanian organik memang memiliki resiko tinggi dalam serangan hama. Setelah Anda melihat tanda-tanda serangan hama, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk untuk mencegah dampak yang semakin meluas, bukan dengan pestisida tentunya.

Pengendalian hama di kebun organik
Pada awalnya, kita berpikir sangat tidak mungkin mengendalikan hama tanpa bantuan pestisida. Namun itu salah besar, prinsip pertanian organik adalah menjaga keseimbangan alam termasuk hama dan musuh alaminya
  • Musuh Alami. Salah satu cara mengandalikan hama yaitu dengan cara pelepasan musuh alami, kemudian serangga tersebut akan bekerja untuk mengendalikan populasi hama, bukan memusnahkannya.
Hama di Pertanian Organik
Panen bawang daun hasil dari
Setiap tahunnya musuh alami berperan dalam mengendalikan hama tanaman dan menjaga tanaman agar tetap sehat. Musuh alami dapat menjadi predator alami hingga menjadi parasite yang menyebabkan hama tersebut berkurang. Namun prinsip pentingnya adalah mengendalikan populasi, sehingga musuh alami dapat lestari dalam mengendalikan hama.
Contoh musuh alami yang berperan sebagai parasitoid adalah tawonbraconid. Tawon ini dapat bertelur dengan cara meletakkannya di serangga lain, misalnya ulat tomat.
Serangga predator misalnya laba-laba predator dan belalang sembah.
Aplikasinya sangat mudah, cukup dengan melepaskan musuh alami di sekitar kebun maka mereka akan terbang dan mulai mencari makanan (hama). Anda hanya tinggal menunggu hingga populasi seimbang.

Salah satu penyebab meningkatnya hama adalah karena penggunaan pestisida kimia yang dapat membunuh musuh alami, selalu diingat bahwa populasi hama selalu lebih tinggi dibanding dengan populasi predator. Hal inilah yang menyebabkan ledakan hama.

Menanam tanaman yang menghasilkan nectar juga dapat mendatangkan musuh alami, terutama golongan hymenoptera. Selain itu tanaman tersebut juga dapat menjadi tempat sementara bagi serangga musuh alami.

Tanaman aromatik seperti marigold dan anggrek adalah pilihan yang tepat, selain tidak disukai oleh hama tanaman ini juga dapat menarik musuh alami.
Musuh alami tidak hanya dari golongan serangga, namun ada juga dari golongan jamur seperti Beauveria Bassiana yang dapat menyebabkan sakit pada serangga hama, tapi tidak bagi musuh alami.

Rotasi Tanaman
Rotasi tanaman adalah salah satu cara untuk memutus siklus hama. Dengan melakukan rotasi tanaman, maka perkembangbiakan hama dapat dikurangi.
Rotasi tanaman dapat dilakukan 3 kali setahun atau menyesuaikan tanaman yang dibudidayakan

Pestisida Organik
Pestisida kimia dapat diganti dengan pestisida organik, selain tidak berdampak nyata bagi lingkungn pestisida ini juga cukup ampuh dalam mengendalikan hama. Contohnya ekstrak nimba dan tembakau.

Ciptakan Lingkungan Yang Harmoni
Harmoni disini maksudnya adalah menciptakan lingkungan yang sesuai, selalu menjaga sanitasi lingkungan dan memberikan ruang gerak yang fleksibel bagi musuh alami. Lingkungan sesuai misalnya menjaga jarak tanam, tingkat kelembaban dan suhu yang optimal

Untuk lebih jelasnya kami sediakan
Video Cara mengendalikan Hama di Pertanian Organik
Demikian ulasan mengenai Cara mengendalikan Hama di Pertanian Organik semoga berguna.
Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger