DESA CILEMBU
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Hama Dan Penyakit Pada Tomat

www.desacilembu.com
Hama Dan Penyakit Pada Tomat ~ Tomat merupakan komoditi yang cukup penting, khususnya bagi rumah makan dan restoran. Tomat bias anya dijadikan lalap hingga menjadi saus hidangan. Namun, dalam segi budidaya, tanaman tomat memiliki resiko OPT yang cukup tinggi.
Beberapa diantaranya bahkan dapat menyebabkan gagal panen.
OPT yang sering muncul pada tomat
Dibawah ini merupakan beberapa contoh penyakit yang sering muncul pada tanaman tomat budidaya.
  • Ulat buah
Ulat buah muncul pada saat tanaman mulai memasuki fase produktif, ulat ini mampu menyerang daun, bunga dan buah. Ciri-ciri tomat yang terserang adalah adanya lobang kecil di sekitar buah. Pengendalian dapat dilakukan secara kimiawi dan mekanis. Secara mekanis yaitu mengambil buah yang terserang lalu dimusnahkan dengan tujuan mematikan ulat dan telur-telurnya di dalam buah. Secara kimiawi dapat dilakukan apabila serangan sudah melewati ambang ekonomi.
  • Kutu daun hijau
Kutu daun hijau memang tidak berbahaya, namun virus yang dibawanya sangat berbahaya. Kutu daun hijau merupakan vector pembawa virus bagi tanaman tomat. Tanaman yang terserang akan kerdil dan daunnya keriting. Pencengahan dapat dilakukan secara mekanis yaitu dengan memasang plastic mulsa untuk memantulkan sinar matahari kea rah bawah daun karena kutu daun sangat tidak suka dengan cahaya matahari.
Hama Dan Penyakit Pada Tomat
  • Hawar Daun
Ciri-ciri tomat terkena hawar daun ini biasanya berupa bercak cincin coklat yang ada pada daun tua, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada daun muda lalu diikuti dengan menguningnya dan layu pada seluruh daun. Jika terjadi gejala seperti ini, singkirkan  dan bakar tanaman yang terinfeksi untuk menhindari tingkat infeksi yang meluas, jika perlu semprotkan fungisida jika tingkat serangan sudah cukup tinggi.

  • Layu Jamur Fusarium
Fusarium oxyporum merupakan penyebab layu, fusarium pada tanaman tomat, tomat yang terinfeksi awalnya daun akan layu lalu mati. Jamur ini berkembang sangat cepat terutama pada lingkungan lembab, upaya pencegahan hanya dapat dilakukan dengan memilih benih yang tahan terhadap jamur fusarium dan menjaga sanitasi lahan.
  • Penyakit Busuk Buah
Busuk buah dapat disebabkan oleh 2 jamur ini, yaitu Thanatephorus cucumeris dan Colletotrichum coccodes. Ciri-cirinya yaitu berupa bercak kecil pada buah, namun lama-kelamaan akan membesar dan membuat cekungan, kemudian buah membusuk. Pencegahan dapat dilakukan dengan memilih varietas tahan.
Baca juga;
  1. Pertanian Organik adalah
  2. Cara mengendalikan hama tanaman pada tanaman organik
  3. Daun Batu di Kampung Karuhun - Sumedang
  4. Contoh Proposal yang Cair
Menanam Tomat Tanpa Harus Menyiram
Hama Dan Penyakit yang sering Muncul Pada Tomat
Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger