Langkah Mengokohkan Silaturahim | DESA CILEMBU
DESA CILEMBU
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Langkah Mengokohkan Silaturahim

www.desacilembu.com
Silaturahim terdiri dari dua kata yaitu Ash-shilatu yang adrtinya menyambung, dan Ar-rahimu yang artinya kerabat dan sebab-sebab kekerabatan. Jadi silaturahim bermakna menyambung tali kekerabatan.
Menjalin silaturahim dengan keluarga bukanlah hal yang istimewa sebab memang demikianlah seharusnya dengan keluarga, namun jika kita mampu menyambung tali silaturahim dengan orang yang telah menyakiti hati kita dan kepada orang yang telah memutuskan silaturahmi dengan kita, itulah yang istimewa, karena untuk dapat memulainya saja sudah merupakan ujian keimanan yang luar biasa, itulah substansi silaturahmi yang sesungguh-sungguhnya.
Silaturahim
Untuk menghidupkan tali silaturahmi dengan kerabat dan umat Islam umumnya kita harus mampu melakukan Langkah Mengokohkan Silaturahim, dibawah ini:
  1. Memandang silaturahmi sebagai kewajiban yang mulia dari Allah SWT, terlebih kepada orang tua.
  2. Meyakini bahwa silaturahmi merupakan wujud nyata dari keimanan. Rasulullah SAW mengaitkan antara menyambung silaturahmi dengan keimanan terhadap Allah SWT dan hari akhir, Beliau bersabda: Barangsiapa yang berimana kepada Allah SWT dan hari akhir, hendaklah ia menyambung tali silaturahmi (Riwayat Bukhari).
  3. Tidk sekali-kali memutus silaturahmi, dijelaskan sabda Rasulullah SAW: Tidak masuk surga orang yang memutuskan silaturahmi (Riwayat Bukhari dan Anas bin Malik). Begitu pentingnya silaturahmi mempererat kekerabatan, sehingga muslim yang sudah baik sholat dan puasanya belum cukup untuk mendapatkan pahala yang besar jika silaturahminya buruk.
  4. Meyakini bahwa silaturahmi merupakan sebab untuk mendapatkan surga. Amalan istimewa ini bukan hanya untuk mempererat kekerabatan, namun juga menjadi sarana dakwah, menyampaikan ilmu, menyuruh berbuat baik, dan mencegah berbagai kemunkaran yang mungkin akan terjadi bila kita tidak mencegahnya, maka sangat wajar jika ganjaran yang diberikan Allah SWT adalah surga.
Rasulullah SWT bersabda: Maukah kalian aku tunjukkan amal yang paling besar pahalanya daripada sholat dan shaum?, Tentu saja...jawab para sahabatnya. Rasulullah SWT kemudian menjelaskan, Engkau damaikan yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalamislam, dan mengukuhkan ukhuwah diantara mereka,(semua itu) adalah amal soleh yang besar pahalanya.
Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan diperbanyak rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan (Riwayat Bukhari dan Muslim).
Baca juga: 
Silaturahim merupakan syariat Islam yang sudah menjadi kultur dan bahasa populer bagi umat islam di Indonesia, semoga dalam kehidupan sehari-hari yang modern ini, umat Islam tidak mengganti kewajiban silaturahim dengan prilaku individualistis serta materialistis.
Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger