Pertanian Organik adalah | DESA CILEMBU
DESA CILEMBU
Ganti kemasan produk Anda dengan Kemasan berbahan dasar bambu ramah lingkungan...dimensi bisa request. Lihat GRATIS di DAFTAR HARGA KEMASAN BAMBU

Pertanian Organik adalah

www.desacilembu.com
Tanaman organik di Polybag ~ Saat ini kata organik menjadi pembicaraan banyak orang, khususnya bagi mereka sangat memeperhatikan kesehatan. Tapi apakah pertanian organik benar-benar sehat?
Dalam istilah sederhana, pertanian organik dapat diartikan sebagai budidaya hasil pertanian, termasuk sayuran, buah, ternak dan ikan yang dalam praktek budidayanya hanya tergantung dan selaras dengan alam, tanpa pupuk sintetis, pestisida ataupun produk kimia lainnya yang dapat mengancam keseimbangan ekosistem.
Sistem pertanian organik sangat kompleks karena harus memanajemen komponen ekosistem yaitu abiotic dan biotik.
Tanaman Organik di Polybag
Pada tahun 1990, United States Departement of Agricultur (USDA) menetapkan standar nasional untuk makanan yang diberi label organik dan mulai diikuti oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia.
Produk yang dipasarkan dengan label oraganik harus disertifikasi oleh suatu lembaga negara atau badan swasta terkait yang telah terakreditasi.
Produk-produk organik biasanya cukup mahal dijual, namun kabar baiknya anda  dapat berkebun sendiri dengan bercocok tanam berdasarkan prinsip organik.

Prinsip-prinsip pertanian organik adalah sebagai berikut:
  1. Hindari Pestisida dan Pupuk Sintesis. Dalam pertanian organik, penambahan bahan-bahan kimia sangat dihindari karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Misalnya penggunaan pestisida kimia dapat berdampak pada matinya musuh alami hama. Alih alih ingin hama yang berkurang, pestisida malah menyebabkan hama semakin meningkat. Selain itu penggunaan bahan kimia juga sangat tidak cocok untuk kesehatan.
  2. Kenali Ekosistem Yang Seimbang. Berkebun organik bukan dari sekedar menghindari pestisida dan pupuk sintetis. Tapi bagaimana kita mencermati proses-proses alam. Caranya yaitu dengan membuat kondisi lingkungan ekosistem yang paling sesuai apa adanya di alam.
  3. Gunakan kompos organik. Kita tidak menampik bahwa tanaman sangat membutuhkan nutrisi bagi pertumbuhannya. Penambahan kompos merupakan solusi untuk mengatasinya, selain itu kompos juga berfungsi sebagai makanan bagi organisme-organisme penting dalam tanah karena mengandung C-organik yang tinggi
  4. Investasi Serangga. Investasi serangga disini bukan maksudnya semua serangga dibiakkan. Serangga yang kita investasikan adalah serangga penyerbuk dan musuh alami hama itu sendiri. Guna mengurangi kerusakan karena hama, maka pelepasan musuh alami sangat penting guna menjaga keseimbangan. Selain itu produk pertanian juga akan aman dikonsumsi karena tanpa paparan bahan kimia. Selain itu investasi serangga tanah yang bermanfaat sangat penting untuk menjaga tingkat kesuburan tanah
Sangat penting mengetahui fungsi serangga dan cenderung menguntungkan di kebun Anda. Misalnya serangga lady bug adalah predator yang memakan telur atau larva hama kutu daun. Hal ini ternyata dapat menciptakan keseimbangan di kebun organik anda. Selain itu anda bisa menamam tanaman perangkap disekitar kebun untuk mencegah resiko hama yang tinggi.
Baca juga:
Video Cara Tanam Cabe Organik di Polybag
Setelah Anda Mengetahui Pertanian Organik, diharapkan agar jangan ragu untuk memulai menanam tanaman organik di halaman rumah dengan menggunakan polybag untuk mencukupi asupan pangan keluarga, seperti yang kami lakukan....gituh
Anda sedang mencari Tanah dengan harga dibawah Rp 100 ribu/meter, kami menyediakan banyak pilihan silahkan CARI di HARGA TANAH MURAH/bata
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT :
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger