Batik Tradisional Pamulihan


Batik Tradisional Pamulihan ~ Kekayaan budaya Sumedang yang telah ditetapkan sebagai "Puseur Budaya Sunda"(Pusat Budaya Sunda) banyak menyimpan potensi yang harus terus digali dan dipromosikan keseluruh pelosok negeri, salah satunya adalah kerajinan batik yang berada di tetangga Cilembu, tepatnya di Desa Pamulihan Kec. pamulihan - Sumedang, batik tradisional pamulihan memang tidak seterkenal batik Pekalongan, tetapi upaya yang dilakukan ibu Ina sebagai pemilik "rumah Batik" sejak tahun 2000 dalam rangka pemberdayaan masyarakat disekitarnya telah berhasil meningkatkan ekonomi keluarga dan penyerapan tenaga kerja yang signifikan.

Upaya yang telah dilakukan Ibu Ina untuk terus bertahan dan mengembangkan rumah batiknya pada akhirnya mendapat perhatian dari Yayasan Batik Indonesia dan Yayasan Batik Jawa Barat yang diketuai oleh Ibu "Dede Yususf"(Wakil Gubernur Jawa Barat)
Melalui Yayasan Batik Jawa Barat, Ibu Presiden (Ani Bambang Yudhoyono) telah juga membantu beberapa buah kompor khusus untuk rumah batik ini.
Batik Tradisional Pamulihan hasil kreasi rumah batik ini lebih banyak bermotif Kasumedangan ornamen atau ragam hias yang dipakai pada batik pamulihan ini adalah Hanjuang, Lingga dan Srimanganti.


Bantuan Ibu Ani SBY
Ornamen atau Ragam hias Srimanganti memiliki nilai budaya dan sejarah yang adiluhung karena berhubungan dengan sejarah Sumedang Tempo dulu.
Penetapan batik tradisional ini telah ditetapkan dalam peraturan Gugernur No. 13 tahun 2009. Harga batik yang dibuat Ibu Ina beragam, mulai yang berharga lima puluh ribu rupiah sampai empat ratus ribu, bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah bila pengerjaan batiknya memakan waktu yang lama hampir satu bulan dan menggunakan bahan baku yang bagus.
Batik Tradisional Pamulihan

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger